Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sscn.Bkn.go.id Tahap II 2017/2018

SSCN.BKN.go.id - Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Menpan Sscn.Bkn.go.id 2017/2018 Tahap II Pendaftaran CPNS melalui SSCN BKN memang telah usai tetapi hal itu bukan berarti menjadi akhir dari proses, karena masih ada tahap terakhir mereka yang dinyatakan lulus Administrasi akan bisa melanjutkan ke proses berikutnya sementara bagi yang tidak lulus seleksi administrasi sangat disayangkan tidak akan bisa mengikuti tahapan lanjutan. Selamat kepada yang lulus Pengumuman Seleksi Administrasi untuk Cetak kartu peserta silahkan ikuti petunjuk Cara Cetak Nomor Ujian Tes CPNS SSCN.BKN.go.id.

Kelengkapan administrasi dapat menjadi penentu untuk anda bagi para peserta dalam melaksanakan pendaftaran yang dilakukan secara online beberapa minggu lalu. Tahun ini menjadi tahun yang cukup berbeda jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, karena penerimaan seleksi administrasi dilaksanakan melalui online. Jika tahun sebelumnya bisa melalui kantor pos via pengiriman. Saat ini pemerintah membuka Pendaftaran CPNS secara Online yang diikuti 30 Kementerian 30 Lembaga dan 1 Pemda. Untuk informasi lebih lanjut dapat dicek melalui Pendaftaran Online CPNS Sscn.Bkn.go.id 61 Institusi Pemerintah 2017/2018. Buka tanggal 11 September - 25 September 2017.


Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Sscn.Bkn.go.id Tahap II 2017/2018

Tahun ini tidak bisa lagi, mereka yang sudah mengirim berkas akan dilakukan verifikasi kemudian diumumkan siapa saja yang lulus administrasi, kalau dulu mereka yang tidak memenuhi syarat pemberkasan file akan di kembalikan dan diminta untuk mengirim ulang sampai lengkap. Kemudian kartu dari seleksi jika tahun dulu dikirim melalui kantor pos setelah mengirim berkas.

Pada tahun ini semua terpusat pada sistem online, jadi kemungkinan akan ada banyak peserta yang akan mengalami gagal dalam seleksi adminstrasi untuk itu penting sekiranya para pelamar memastikan apakah proses ini sudah sukses atau tidak, konsekuensi yang tidak lulus adminstasi adalah tidak bisa melanjutkan pada tahap berikutnya.

Memang ini adalah hasil tidak bisa lagi dirubah, mereka yang sudah dinyatakan lengkap dan lulus adminstrasi akan diminta kembali mencetak kartu peserta kemudian mengikuti tahapan lanjutan untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi lengkap sesuai dengan ketentuan yang berlaku adapun tahapan yang harus dilalui adalah sebagai berikut :


Pengumuman seleksi administrasi 

Pelaksanaan seleksi adminstrasi akan diumukan pada tanggal September 2017 bagi yang sudah dinyatakan lulus silahkan ikuti petunjuk selanjutnya pada hari kedua untuk melakukan cetak kartu peserta ini berlaku untuk semua pelamar baik Dokter, S1, SMA, sampai dengan lainnya, pengumuman seleksi administrasi akan dilaksanakan melalui online situs sscn.bkn.go.id.

Untuk pengumuman seleksi administrasi sendiri seperti kita ketahui dibagi menjadi dua kelompok yaitu penerimaan CPNS periode 1 diikuti 2 institusi pemerintah meski hanya dua namun jumlah yang diterima sangat besar, sementara itu untuk penerimaan cpns periode 2 diikuti oleh 61 insitusi pemerintah terdiri dari 30 kementerian dan 30 lembaga non kementerian dan 1 pemda adapun informasi pengumuman seleksi dapat dilihat dibawah ini.


Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Tahap I 

Pengumuman seleksi administrasi CPNS Tahap 1 sudah berakhir para peserta sudah melewati 2 kali seleksi pertama administrasi kemudian dilanjutkan dengan verifikasi berkas dengan mengukur tinggi dan berat badan oleh sebab itu pengumuman tahap satu tidak lagi dibahas, pada peserta pendaftaran CPNS tahap 1 tinggal menunggu pengumuman kelulusan akhir CPNS yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2017 mahkamah agung sementara pada tanggal 9 November 2017 untuk Kemenkumham. 

  1. Kementerian Hukum dan HAM 
  2. Mahkamah Agung

Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Tahap II

Meski diikuti oleh 61 institusi pemerintah namun jumlah kuota pendaftaran CPNS tahap 2 tidak jauh berbeda dari tahap 1 karena menyisahkan sekitar lebih dari 17 rb kuota yang akan diterima, hanya saja yang membedakan adalah peserta bisa dengan leluasa memilih kementerian ataupun institusi sesuai dengan kualifikasi lulusan. Untuk pengumuman seleksi adminisitasi tahap 2 akan dilaksanakan sama dengan tahap 1 yaitu pada tanggal 30 Septermber 2017 dilaksanakan melalui situs resmi sscn.bkn.go.id. Adapun daftar 61 institusi yang mengumumumkan seleksi administrasi dapat dilihat seperti dibawah ini :

  1. Arsip Nasional Republik Indonesia
  2. Badan Ekonomi Kreatif
  3. Badan Informasi Geospasial 
  4. Badan Intelijen Negara 
  5. Badan Keamanan Laut RI 
  6. Badan Kepegawaian Negara
  7. Badan Kependudukan dan KB Nasional
  8. Badan Koordinasi Penanaman Modal 
  9. Badan Meteorologi,Klimatologi & Geofisika
  10. Badan Narkotika Nasional 
  11. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme
  12. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan 
  13. Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI
  14. Badan Pemeriksa Keuangan
  15. Badan Pengawas Obat dan Makanan 
  16. Badan Pengawas Tenaga Nuklir 
  17. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan 
  18. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi 
  19. Badan Tenaga Nuklir Nasional
  20. Kejaksaan Agung  
  21. Kementerian Agama 
  22. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN 
  23. Kementerian Badan Usaha Milik Negara 
  24. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 
  25. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral 
  26. Kementerian Kelautan dan Perikanan
  27. Kementerian Kesehatan 
  28. Kementerian Ketenagakerjaan 
  29. Kementerian Keuangan 
  30. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
  31. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
  32. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan 
  33. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah 
  34. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 
  35. Kementerian Luar Negeri 
  36. Kementerian Pariwisata 
  37. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  38. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  39. Kementerian Pemuda dan Olahraga 
  40. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi 
  41. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 
  42. Kementerian Perdagangan 
  43. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas 
  44. Kementerian Perhubungan 
  45. Kementerian Perindustrian 
  46. Kementerian Pertanian 
  47. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi 
  48. Kementerian Sekretariat Negara 
  49. Kementerian Sosial 
  50. Kementerian Pertahanan
  51. Kepolisian Negara 
  52. Lembaga Administrasi Negara 
  53. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 
  54. Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah 
  55. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional 
  56. Lembaga Sandi Negara 
  57. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara
  58. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan
  59. Sekretariat Jenderal DPR 
  60. Sekretariat Kabinet
  61. Sekretariat Mahkamah Konstitusi  
  62. Sekretaris Komisi Yudisial 

Cara Cek Pengumuman Seleksi Admistrasi 

Untuk dapat mengetahui pengumuman seleksi adminisitasi peserta harus mengakses situs resmi kemudian mengikuti tata caranya, bagi yang belum mengetahui tata cara yang dimaksud kalian bisa mengikuti cara cek pengumuman seleksi administasi seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.
  1. Buka situs resmi sscn.bkn.go.id.
  2. Kemudian silahkan login dengan username akun SSCN anda.
  3. Pastikan anda sudah berada dan masuk pada situs resmi.
  4. Buka Panel "Pengumuman" pilih informasi pengumuman seleksi adminstrasi klik.
  5. Anda akan melihat file pdf yang bisa di donwload sesuai dengan formasi.
  6. Untuk memastikan anda lulus silahkan carilah nama anda.
  7. Apabila nama anda ada, berarti anda lulus.
  8. 1 Hari setelah pengumuman seleksi adminstrasi silahkan cetak nomor peserta.
  9. Ikuti tes sampai dengan selesai.


Cetak nomor ujian secara online

Kamu ucapkan selamat kepada para peserta yang sudah lulus seleksi administrasi proses belum berakhir tepat pada hari berikutnya para peserta harus melakukan cetak ulang nomor ujian secara online pada tanggal 6 September - 9 September 2017 untuk cetak kartu silahkan login kembali melalui website sscn.bkn.go.id kemudian pilih cetak nomor ujian. Berlaku untuk semua pelamar.


Pemanggilan / Verifikasi Dokumen atau Berkas Asli , Pengukuran Tinggi Badan dan Pemberian Kartu Peserta Ujian

Bagi pelamar diploma dan SLTA diharapkan dapat datang dalam pemanggilan/verifikasi dokumen atau pengecekan berkas asli dan pengukuran tinggi badan serta pemberikan nomor peserta ujian yang akan dilaksanakan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id pada tanggal 11 September - 16 September 2017 hingga selesai wajib datang.


Seleksi Kompetensi Dasar

Pengumuman Seleksi adminstrasi yang sudah dilakukan sekaligus jadwal untuk seleksi kompetensi dasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 11 September - 16 September 2017. mereka yang sudah melakukan proses sebelumnya dapat mengikuti tes sesuai dengan jadwla yang sudah ditetapkan melalui sistem CAT pada kantor atau instansi masing-masing di daerah sesuai pada kartu ujian yang sudah anda terima.


Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar (CAT)

Setelah proses seleksi CAT selesai pada akhir hasil yang akan diperoleh akan diketahui secara langsung namun pengumuman resmi akan diumumkan pada tanggal 20 September 2017. Jadi pastikan anda mengakses pengumuman melalui instansi terkait atau anda bisa mengeceknya melalui situs sscn.bkn.go.id secara online.


Seleksi Kompetensi Bidang (CAT)

Mereka yang sudah dinyatakan lulus seleksi CAT pada kompetensi dasar akan melanjutkan proses seleksi Kompetensi Bidang yang dipilih sesuai dengan formasi anda akan dilaksanakan pada 9 Oktober - 11 Oktober 2017 namun hal ini juga bersifat tentatif menyesuaikan untuk itu pastikan anda mengupdate informasinya.


Seleksi Kompetensi Bidang Praktek komputer 

Bagi anda yang memilih (Khusus jabatan pengelola Teknologi Informasi) akan dilaksanakan seleksi kompetensi bidang praktek komputer yang akan dilaksanaka pada tanggal 12 Oktober - 13 Oktober 2017 proses ini akan mengikuti ketentuan yang berlaku untuk itu anda harus mengingat bahwa tidak semua formasi harus mengikuti seleksi ini.


Seleksi Kompetensi Bidang Melalui Wawancara 

Berdasarkan hasil dari sistem seleksi maka tahap seleksi kopetensi bidang melalui wawancara akan dilaksanakan mereka yang sampai tahap ini berarti sudah menyelesaikan proses seleksi dengan baik pelaksanakan tes wawancara akan dilaksanakan 16 Oktober - 19 Oktober 2017, hanya saja biasanya sesuai dengan formasi yang didaftar perlu ditanyakan apakah formasi pendaftaran yang anda ikuti wajib mengikuti wawancara atau tidak kepada panitia.


Pengumuman kelulusan akhir secara online 

Tahun ini menjadi berbeda dengan tahun sebelumnya karena proses pengumuman kelulusan akhir CPNS dilaksanakan melalui online tidak seperti tahun dulu yang langsung diumumkan melalui BKD setempat, untuk itu bagi yang sudah mengikuti tes silahkan cek pengumuman pada tanggal 9 November 2017 bagi yang memilih formasi lain pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober. Melalui website sscn.bkn.go.id atau institusi terkait tempat anda mengikuti seleksi CPNS.


Pemberkasan bagi perserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir

Untuk peserta yang sudah dinyatakan lulus pada kelulusan akhir yang dilakukan melalui online, perlu diketahui bahwa proses belum selesai karena masih ada pemberkasan yang harus diikuti pada tahap ini anda akan diminta melakukan pemberkasan melalui kantor instansi terkait yang melakasanakan tes CPNS dan juga sesuai kelulusan pada tanggal 13 November – 16 November 2017 silahkan lengkapi berkas karena jika tidak status kelulusan anda akan dicabut dan dibatalkan.


Dari beberapa informasi mengenai Pengumuman CPNS maka dapat disimpulkan bahwa proses seleksi dan pengumuman dilakukan sesuai dengan masing-masing instansi dan formasi yang dipilih sesuai dengan hal tersebut kita ketehui bahwa Dokter dan Sarjana memiliki kesamaan kemudian katagori Diploma dan SLTA sementara untuk instansi lain juga berbeda.

Pada intinya tidak bergitu jauh Pengumuman Seleksi adminstrasi dapat diakses melalui situs resmi sscn.bkn.go.id sesuai dengan apa yang telah disampaikan diatas kemudian ikuti sampai dengan selesai jangan lupa untuk terus update semua penerimaan sampai dengan pengumuman CPNS, jika diurutkan memang terdapat beberapa urutan seperti yang telah dijelaskan diatas terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play