Cara Pendaftaran CPNS BNP2TKI.go.id 2017/2018

BNP2TKI.go.id - Informasi Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI (BNP2TKI) 2017/2018 Tidak sedikit dari kita yang mengejar tempat menjadi seorang PNS. Untuk dapat menggapainya, banyak cara bisa ditempuh. Selain itu pilihan penempatan, jabatan, dan lembaganya juga berbeda-beda. Seperti dalam lembaga Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI.

Cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI sendiri dikeluarkan secara resmi oleh BNP2TKI. Mungkin ada dari Anda yang tertarik mengambil lembaga kepegawaian ini, berikut ulasan informasinya. Pendaftaran CPNS BNP2TKI dibuka setiap tahun. Tepatnya pada pertengahan tahun menuju akhir tahun.

Cara Pendaftaran CPNS BNP2TKI.go.id 2017/2018


Jadwal Pendaftaran CPNS BNP2TKI

Setiap tahunnya lembaga BNP2TKI menawarkan lowongan kepegawaian. Untuk tahun ini, 2017, dijadwalkan dengan sesi pendaftaran mulai 11 sampai dengan 25 September 2017. Sesi pendaftaran dan sesi seleksi dilakukan melalui jaringan online. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran dan seleksi dapat dilihat di situs resmi sistem komputerisasi milik BKN (Badan Kepegawaian Negara) yaitu https://sscn.bkn.go.id. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendaftar CPNS lembaga tersebut? Perlu Anda ketahui bahwa terdapat empat kategori pelamar dalam siskotkin sistem berupa:


1. Pelamar lulusan terbaik (cumlaude).

Pada kategori ini, pelamar merupakan lulusan sarjana terbaik dari beragam kampus dan terbukti memiliki nilai di atas rata-rata. Selain itu pelamar juga memiliki prestasi dalam beragam bidang, baik akademik, mau pun non-akademis.


2. Pelamar penyandang disabilitas.

Pada kategori ini, sesuai dengan sebutannya, pelamar merupakan mereka yang memiliki kekurangan secara fisik. Hal ini telah diterapkan oleh pemerintah untuk memberi peluang khusus bagi para penyandang disabilitas mendapat tempat kerja yang layak.


3. Pelamar putra-putri Papua dan Papua Barat.

Pada kategori ini, dikhususkan bagi pelamar berasal dari wilayah Papua.


4. Pelamar umum.

Terakhir, pada kategori ini pelamar berasal dari kalangan umum yang memiliki prestasi dan mampu menjalani tahap seleksi.


Apa Itu BNP2TKI? Bagaimana Mekanisme Penerimaan PNS Dalam Lembaga Tersebut?

BNP2TKI singkatan dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI. Lembaga ini fokus mengurus segala hal berhubungan dengan warga Indonesia yang menjadi tenaga kerja di luar negeri. Meliputi di antaranya dinas kabupaten atau kota, PPTKIS, balai pelatihan kerja di luar negeri, lembaga berupa uji kompetensi dan keuangan, beragam sarana kesehatan, penyediaan asuransi, pemeriksaan psikologi,serta mengurus perwakilan RI yang menetap di luar negeri. Anda yang mengikuti cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI juga nantinya memiliki tugas penting untuk mengurus warga Indonesia dalam  mendapatkan KTKLN BNP2TKI (Kartu Tanda Kerja Luar Negeri).


Cara Mendaftar Calon Pegawai Negeri Lembaga BNP2TKI


Berikut cara mendaftar kepegawaian beserta syarat dan ketentuannya:


1. Mengikuti Pendaftaran CPNS melalui situs resmi.

Seperti yang sudah disebutkan, Adan dapat menemukan informasi lebih lanjut melalui situs resmi kepegawaian atau BKN. Di sana tertera jadwal pendaftaran lowongan beragam lembaga dan instansi pemerintah terbaru, berlaku di tahun terbaru.


2. Perhatikan Mekanisme Pendaftaran CPNS

Dalam mekanismenya, pelamar wajib melakukan pendaftaran melalui BKN. Tahap selnajutnya, isi informasi seputar NIK, Nomer Kartu Keluarga (atau bisa NIK Kepala Keluarga), alamat email aktif, membuat password, juga pertanyaan keamanan akun. Kemudian lanjut lakukan log in ke dalam situs resmi BKN. Untuk sebagian lembaga, memiliki situs tersendiri yang nantinya akan disambungkan secara otomatis. Masuk ke tahap selanjutnya, pelamar wajib melengkapi biodata diri dengan lengkap, pilih instansi yang ingin dipilih, lalu pilih formasi instansi.


3. Penuhi Berkas

Tahap ketiga dalam cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI ialah memenuhi berkas yang diminta, mengunggahnya di media telah disediakan. Jangan lupa untuk mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran. Penuhi syarat dan ketentuan yang dipasang masing-masing instansi.


4. Masuk Proses Seleksi


Berkas pelamar yang telah terdaftar akan diseleksi resmi. Perlu diingat bahwa pelamar hanya boleh melamar satu formasi dan satu instansi dalam satu periode.


5. Seleksi Tahap Lanjut

Bagi para pelamar berhasil masuk ke tahap seleksi lanjut, akan diminta melakukan tes memakai Computer Assisted Test atau CAS.


Pengumuman Lulus Seleksi

Karena tingkat persaingannya ketat, Anda tentu harus cermat dan terus mengikuti kabar terbaru tentang seleksi CPNS yang diikuti. Pada tahap seleksi awal pendaftaran, pengumuman lulus atau tidaknya diumumkan melalui situs resmi dan media yang telah bekerja sama pada masing-masing instansi pilihan dari cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI yang sudah Anda pilih.


Hal-Hal yang Perlu Disiapkan

Sebagai bayangan, apa saja berkas atau hal-hal yang perlu disiapkan, di antaranya kartu keluarga, kartu tanda penduduk, ijazah terakhir, transkip nilai, pas foto, dan berbagai dokumen yang diminta pihak instansi. Biasanya setiap instansi memiliki syarat dan ketentuan tersendiri, disesuaikan dengan jenis atau bidang dari instansi tersebut.

Bukan hanya itu saja, tetapi Anda wajib menyiapkan diri Anda. Baik untuk menjalani tahap seleksi yang keras, mau pun siap menghadapi apa pun hasilnya. Hindari bisa mendapat tempat menjadi PNS dengan cara yang salah atau seperti harus membayar sejumlah biaya besar. Ikuti cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI secara resmi dari BKN. Bila bertemu kejanggalan atau kesulitan, langsung hubungi pihak BKN dan lakukan pengaduan.

Itu dia ulasan singkat seputar cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penempatan Perlindungan TKI resmi melalui online. Selalu ikuti jadwal pendaftaran resmi, biasanya dicantumkan dalam situs BKN. Semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin menjadi PNS lembaga BNP2TKI. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui situs sscn.bkn.go.id.
Sekolah Pramugari