Cara Pendaftaran CPNS ANRI.go.id 2017/2018

ANRI.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS ANRI 2017/2018 Begini Tata Cara Pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil umumnya akan dibuka pada periode waktu tertentu. Peminat CPNS ini tentu sangat banyak, mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia masih menjadikan PNS sebagai tujuan kerja favorit. Posisi PNS yang tersedia selalu menjadi rebutan hingga ratusan ribu orang mulai dari lulusan SMA, D3, S1 hingga S2. 

Lowongan CPNS pada 2017 ini mencapai 17.928 yang ditunggu oleh banyak orang. Salah satunya adalah dari Arsip Nasional Republik Indonesia atau ANRI. Cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia terutama banyak dicari mengingat kesempatan kerja yang menarik serta membutuhkan banyak pegawai di aneka sektor pekerjaan.

Cara Pendaftaran Online CPNS ANRI 2017/2018


Cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia termasuk persyaratan untuk bisa mendaftar secara online. Persyaratan pendaftaran ini umumnya terbagi menjadi persyaratan umum serta khusus. Untuk persyaratan umumnya adalah
  1. Warga Negara Indonesia WNI, 
  2. Sehat jasmani serta rohani, 
  3. lulus dari pendidikan formal D3, S1 maupun S2 dari Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta, 
  4. Tidak memiliki kedudukan sebagai anggota dari partai politik manapun, 
  5. Tidak pernah menggunakan zat narkotika serta tidak pernah menjalani kasus pidana. 
Selain aneka persyaratan umum di atas, masih ada lagi beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh calon pelamar. Persyaratan khusus ini juga wajib untuk dipenuhi calon pelamar agar bisa mendaftar CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia.
  1. Persyaratan pertama adalah calon pelamar nantinya bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI apabila lolos CPNS. 
  2. Pelamar yang memiliki pendidikan S1 atau D4 memiliki usia minimal 18 tahun per 1 September 2017 serta maksimal 33 tahun per 1 Desember 2017. 
  3. IPK minimal adalah 3.00 dan akreditasi jurusan minimal harus B, baik yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. 
  4. Pelamar harus menyertakan sertifikat akreditasi dari BAN PT apabila lulus. 
  5. Syarat khusus selanjutnya dalam cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia ini adalah pelamar harus bisa mengoperasikan komputer. 
  6. Sertakan juga sertifikat TOEFL yang nilainya minimal 450. 
  7. Khusus bagi pelamar kategori Putra/Putri Papua, IPK minimal ialah 2.50 dan akreditasi Perguruan Tinggi adalah A, B atau C.
  8. Lain lagi untuk pelamar yang memiliki syarat pendidikan D3. Usia minimala dalah 18 tahun per 1 September 2017 dan maksimal 27 tahun per 11 September 2017. 
  9. IPK minimal adalah 2.80 dan akreditasi jurusan minimal adalah B baik untuk Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta. 
  10. Sertakan juga akreditasi dari BAN PT serta pelamar harus dapat mengoperasikan komputer.  
Formasi yang dibutuhkan dalam cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia ini sendiri sangat beragam. Di antaranya adalah 
    1. Arsiparis Katagori Keahlian/Ahli Pertama. 
    2. Arsiparis Katagori Keterampilan/Terampil. 
    3. Perencana Pertama. 
    4. Analis Organisasi dan Tata Laksana. 
    5. Pranata Hubungan Masyarakat Pertama. 
    6. Arsiparis Ahli Pertama. 
    7. Arsiparis Terampil/Pelaksana.

    Selain itu, masih ada lagi formasi Teknisi Peralatan, Listrik dan Informatika, Teknisi Mesin, Pemelihara Gedung serta Verifikator Keuangan. Cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia ini dilakukan secara online melalui website sscn.bkn.go.id dengan mengisikan data-data pribadi pelamar serta mengupload aneka berkas yang dibutuhkan. 

    Berkas lamaran yang dibutuhkan antara lain adalah bukti pendaftaran, surat lamaran yang ditulis tangan pada kertas folio bergaris dan ditujukan pada Kepala ANRI, fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi ijazah yang dilegalisir, fotokopi transkrip nilai yang dilegalisir, curiculum vitae serta pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak tiga lembar.

    Berikutnya, cara pendaftaran CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia adalah dengan menyusun rapi berkas lamaran lalu dimasukkan dalam map merah untuk S2, map kuning untuk S1, map hijau untuk D3 serta map biru untuk SMK. Untuk kartu pendaftaran CPNS ditempelkan di halaman depan map, kode penempatan ditulis pada pojok kanan atas. Tes CPNS ANRI ini akan dilakukan secara online menggunakan sistem CAT. 

    Penerimaan CPNS ANRI sendiri tidak akan dipungut biaya, sehingga kita harus berhati-hati terhadap perbuatan oknum tidak bertanggung jawab yang memungut biaya dari proses penerimaan CPNS ini. ANRI juga tidak akan bertanggung jawab jika ada pungutan ataupun tawaran dalam bentuk apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan ANRI ataupun panitia. Berkas lamaran yang telah diterima panitia akan menjadi milik panitia serta tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun. Seleksi akan dilakukan dengan sistem gugur. 

    Keputusan panitia juga tidak dapat diganggu gugat. Pelamar yang telah lulus sampai tahapan akhir namun mengundurkan diri, dikenakan sanksi denda sebesar Rp 15.000.000 guna disetorkan pada kas negara. Jika pelamar terbukti memberikan data atau keterangan palsu pada saat pendaftaran atau tiap tahapan tes maupun setelah diterima dan diangkat menjadi CPNS, ANRI akan membatalkan keikutsertaan pelamar di tahapan tes tersebut. ANRI juga berhak memberhentikan pelamar sebagai CPNS atau PNS ANRI.

    Penting juga untuk memastikan kapan deadline pengiriman berkas lamaran. Lamaran yang diterima ANRI setelah batas waktu yang ditetapkan tidak akan diterima. Perhatikan bahwa semua persyaratan telah lengkap sebelum mengirim berkas lamaran. Teliti kembali berkas-berkas yang dikirimkan agar kita yakin betul bahwa semuanya telah sesuai dengan yang disyaratkan. 

    Tahapan tes umumnya akan dimulai dari tes kelengkapan administrasi, kemudian tes akademik, psikotest, tes fisik, kesehatan hingga wawancara. Tiap tahapan tes memiliki jadwal waktu dan tempatnya sendiri yang telah ditentukan oleh panitia. Jika lolos sampai tahap akhir maka kita menjadi CPNS ANRI dan akan diangkat menjadi PNS. Demikian tahapan dan tata cara dalam mendaftar CPNS ANRI. Semoga informasi di atas bermanfaat. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs SSCN.BKN.go.id.
    Sekolah Pramugari