Cara Pendaftaran Online CPNS Kemenkopukm.go.id 2024/2025


DEPKOP.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kemenkopukm.go.id 2024/2025 - Pengumuman pendaftaran CPNS pada Instansi Pemerintah Indonesia sudah resmi dibuka untuk periode II di tahun ini. Sudah banyak yang menanti pembukaan dari pendaftaran CPNS ini terutama bagi para pencari kerja seperti para sarjana muda yang baru saja memulai karir di dunia kerja. 

Salah satu instansi pemerintah yang membuka pendaftaran CPNS adalah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Bidang ini membuka peluang bagi para lulusan program studi sosial humaniora. Persaingan boleh jadi akan sangat ketat tetapi kesempatan ini akan lebih baik jika diusahakan dan dimanfaatkan. Pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah ini didasarkan pada Surat Keputusan Menteri PAN dan RB Nomor 103 tahun ini. 



Kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki kemampuan atau sesuai dengan kualifikasi yang dipersyaratkan bisa mendaftarkan diri. Ada unit kerja sebagai lokasi penempatan dari pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Ada  jabatan yang dibuka pendaftarannya, yaitu :

  1. Auditor ahli pertama, 
  2. Analis kepegawaian ahli pertama, 
  3. Perancang peraturan perundang-undangan ahli pertama, 
  4. Pranata komputer pertama, pengadaan barang/jasa ahli pertama, 
  5. Auditor kepegawaian ahli pertama, analis penyuluhan syariah, 
  6. Penyuluh koperasi, 
  7. Analis bidang pengawasan. 
  8. Posisi tersebut mensyaratkan dengan kualifikasi pendidikan S1/D4. 
  9. Dalam mendaftarkan diri di pendaftaran CPNS ini, 
  10. Perlu untuk mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah agar bisa melengkapi berkas sehingga tidak terdapat kendala dalam mendaftar.

Pelamar yang ingin mendaftar di Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki kriteria yaitu :
  1. Cumlaude, untuk lulusan terbaik atau lulus dengan predikat dengan pujian yang dibuktikan pada Ijazah atau Transkrip Nilai.
  2. Disabilitas. Bagi pelamar disabilitas memiliki kriteria yang mampu melakukan tugas menganalisa, mengetik, menyampaikan apa yang ada dalam pikiran dan berdiskusi.
  3. Pelamar dari Putra/Putri Papua dan Papua Barat disesuaikan dengan Permenpan Nomor 20 Tahun ini. Pelamar dari kriteria ini harus menyertakan Ijazah yang dilegalisir dari SD, SMP, dan SMA/sederajat. Selain itu, juga perlu melampirkan fotocopy KTP bapak, Akta Kelahiran pelamar, dan surat keterangan hubungan keluarga yang dikeluarkan oleh Kelurahan/desa. Formatnya bisa di unduh di laman sscasn.bkn.go.id.
  4. Kriteria terakhir dari pelamar pandaftaran CPNS ini adalah dari pelamar umum yang tidak termasuk dalam kriteria sebelumnya.

Pelamar dari keempat kriteria tersebut perlu memenuhi persyaratan pelamaran yang sudah ditentukan. Sehingga perlu bagi pelamar untuk mengumpulkan segala persyaratan yang telah dipersyaratkan. Persyaratan pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bisa dilihat pada pengumuman CPNS tahun ini pada laman sscasn.bkn.go.id. Hal ini sebagai salah satu dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Setelah segala persyaratan terpenuhi maka pelamar bisa melakukan pendaftaran CPNS. 
  1. Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dilakukan secara online melalui laman sscasn.bkn.go.id. Pendaftaran online dilakukan mulai waktu yang telah ditetapkan. 
  2. Log ini di laman tersebut menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat pada KTP maupun Kartu Keluarga (KK). 
  3. Username dan password wajib untuk disimpan pelamar untuk bisa digunakan pada tahap selanjutnya. Setelah masuk di laman tersebut, pelamar sudah bisa mendaftar dengan mengisi form yang sudah disediakan. 
Pelamar akan mendapatkan Kartu Pendaftaran Registrasi Online, yang kemudian kartu ini bisa di cetak. Kemudian ada beberapa berkas yang perlu dilampirkan yaitu :
  1. Kartu Pendaftaran SSCASN tahun ini (Kartu Pendaftaran Registrasi Online) yang asli.
  2. Surat lamaran yang ditujukan kepada Ketua Tim Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Surat diketik dan ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,-.
  3. Fotocopy KTP
  4. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai berlegalisir.
  5. Fotocopy surat pernyataan pelamar ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,-.
  6. Pas photo latar belakang warna merah ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar dan dibelakang foto ditulis nomor registrasi online dan nama dari pelamar.


Tahapan seleksi penerimaan CPNS ini sebagai salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Tahapan yang akan dilalui oleh para pelamar yaitu :
  1. Seleksi administrasi, selama pendaftaran online dan pengiriman berkas berjalan.
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dengan menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT). Seleksi.
  3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), penilaian terdiri dari dua komponen yaitu psikotes (25%) dan wawancara (25%).

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi adalah pelamar yang memiliki ranking tertinggi atau nilai tertinggi. Agar bisa lulus dalam setiap seleksi maka pelamar harus menyiapkan segala hal dan perlu memenuhi cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. Semoga apa yang sudah disampaikan bisa bermanfaat, demikianlah informasi yang bisa kami berikan, selamat mencoba.