Cara Pendaftaran CPNS.Kemkes.go.id 2017/2018

CPNS.Kemkes.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kemkes 2017/2018 Membantu Bangsa dengan Mendaftar CPNS Kementerian Kesehatan simak Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua manusia, karena dengan sehat maka beban hidup tidak akan terlalu berat. Sekarang ini banyak sekali para orang tua yang memasukan anaknya untuk bersekolah di jurusan kesehatan, karena seperti yang sudah diketahui bahwa kesehatan itu sangat penting dan cukup tinggi harganya. 

Sehingga diharapkan dapat membantu banyak masyarakat luas. Tetapi dengan bersekolah di kesehatan saja tidak hanya sebatas pengobatan dan sebagainya, tetapi juga bisa bekerja di kementerian dengan mencoba mendaftarkan diri ke kementerian kesehatan. menjadi PNS memang idaman semua orang, karena PNS merupakan pekerjaan yang paling menguntungkan sebab hidup di masa tua akan terjamin. 

Cara Pendaftaran CPNS.Kemkes.go.id 2017/2018

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mencoba untuk menjadi PNS di bidang kesehatan Anda dapat mencoba cara pendaftaran CPNS Kementerian kesehatan dari mulai websitenya. Di kementerian kesehatan juga tidak hanya dibahas untuk kesehatannya saja, tetapi dari mulai awal kesehatan seperti dari pangan, sampai kepada pengobatan yang harus benar-benar diperhatikan untuk memajukan bangsa. 

Salah satunya adalah BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan, kemudian di instansi seperti puskesmas dan Rumah Sakit. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia masih mempunyai angka sakit yang cukup tinggi, oleh karena itu kementerian kesehatan ini menyusun beberapa strategi agar menghindari masyarakat dari penyakit. 

Maka dari itu banyak sekali orang yang mencari cara pendaftaran CPNS Kementerian Kesehatan agar bisa mendaftar dan lolos ujian, sehingga dapat membantu masyarakat dan bangsa serta mendapat keuntungan baik ilmu maupun materi untuk dirinya. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mendukung pelayanan kesehatan menyeluruh ini diperlukan beberapa tenaga kerja yang cukup. 

Adapun beberapa formasi jabatan untuk CPNS di Kementerian Kesehatan ini yaitu apoteker, asisten apoteker, dokter, dokter gigi, nutrision atau ahli gizi, perawat, dosen, entomolog kesehatan, edidemiolog kesehatan, fisioterpis, perekam medis, pranata laboratorium baik untuk kesehatan maupun pendidikan, radiografer, sanitarian terampil, dan teknisi elektro medis.

Kemudian banyak sekali unit kerja yang akan menampung formasi jabatan tersebut diantaranya terdapat 50 tempat di Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, 5 tempat di Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dan 33 tempat di Balai PPSDM Kesehatan. Oleh sebab itu jika Anda berminat untuk menjadi PNS di bidang Kesehatan, maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Kesehatan ini. 

Sebelum mendaftarkan diri, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi CPNS yaitu seorang bidan, dokter atau dokter gigi, apoteker, perawat, nutrisionis atau ahli gizi, minimal pendidikan D1 atau D3, profesi dokter atau dokter gigi, profesi apoteker, profesi perawat, bersedia di tempatkan berdasarkan Nota Kesepahaman, bersedia melaksanakan tugas dan penempatan tersebut selama 5 tahun sejak diangkat. Untuk syarat umum hampir sama dengan CPNS Kementerian lain. Setelah mengetahui syarat tersebut maka Anda bisa mulai mendaftar.
  • Melihat pengumuman terlebih dahulu pada website kementerian kesehatan dan website pendaftaran penerimaan ASN
  • Mendaftar secara online melalui website PANSELNAS atau sscn.bkn.go.id
  • Pendaftaran dilakukan dengan cara memasukan NIK, kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran sesuai jenis formasi
  • Setelah memilih formasi dan instansi peserta tidak dapat merubahnya
  • Setelah pendaftaran peserta akan menerima username dan password untuk log in ke website kementerian kesehatan
  • Melanjutkan pendaftaran dengan mengisi data yang dibutuhkan
  • Pemilihan formasi jabatan sesuai pendidikan
  • Tidak boleh mengubah formasi jabatan
  • Pemilihan tempat ujian
  • Mencetak formulir pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran secara online, maka cara pendaftaran CPNS Kementerian Kesehatan berikutnya adalah dengan pengiriman beberapa berkas atau dokumen pendaftarannya. Adapun berkas tersebut diantaranya adalah formulir pendaftaran asli, yang telah di tanda tangani dan ditempel foto, fotokopi KTP, fotokopi ijazah , fotokopi transkip nilai, dan surat pernyataan asli dengan materai 6000 dan dimasukan kedalam map yang berbeda warna seperti hijau untuk formasi jabatan kesehatan, pendidikan DIV/S1/Ners/Apoteker/S2.

Map merah untuk formasi jabatan kesehatan, pendidikan DIII, map cokelat untuk formasi jabatan dosen dan pranata laboratorium pendidikan, map kuning untuk dokter ahli/dokter gigi ahli, dan map biru untuk alokasi formasi cumlaude, disabilitas, dan pelamar dari papua atau papua  barat. Kemudian setelah melakukan pengiriman berkas dilakukan beberapa tahapan seleksi diantaranya:
  • Seleksi administrasi
  • Seleksi kompetensi dasar (SKD) dilakukan apabila peserta telah lulus dalam seleksi administrasi
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan setelah peserta lulus seleksi SKD, SKB ini dilakukan dengan menggunakan CAT dan penilaian executive brain assessment (EBA) dan wawancara

Kemudian cara pendaftaran CPNS Kementerian Kesehatan lainnya adalah dalam penempatan unit teknis rumah sakit dan balai dimana untuk jabatan dokter/dokter gigi spesialis adanya kualifikasi substansi dengan CAT 40%, EBA 20%, dan penelusuran rekan jejak terkait kualifikasi jabatan 40%. Untuk kualifikasi dokter/dokter gigi dan jabatan lainnya adalah substansi CAT 60%, EBA 20%, penelusuran rekan jejak terkait kualifikasi jabatan 20%. Sedangkan untuk penempatan unit teknis kantor kesehatan pelabuhan substansi CAT 40%, EBA 20%, dan penelusuran rekan jejak terkait kualifikasi jabatan 20%. 

Untuk penempatan teknis poltekkes wawancara 50%, EBA 30%, penelusuran rekan jejak terkait kualifikasi jabatan 20%. Oleh sebab itu bagi Anda yang sangat berminat dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi dalam membantu kesehatan bangsa ini Anda dapat segera mendaftarkan diri untuk menjadi salah satu bagian dari CPNS Kementerian Kesehatan. Karena semakin banyak anggota tetapi anggota aktif maka akan semakin membantu dalam pelaksanaan tugas negara dalam kesehatan.
GET IT ON Google Play