Cara Pendaftaran Online cpns.polri.go.id 2024/2025


Cpns.polri.go.id - Cara Pendaftaran Online cpns.polri.go.id 2024/2025 - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi hal yang sedang hangat sekali diperbincangkan karena memang tersedia puluhan ribu formasi CPNS di berbagai lembaga pemerintahan yang bisa didaftar. 
 
Beberapa informasi resmi juga banyak sekali yang sudah beredar mulai dari informasi umum mengenai kementerian terkait, cara pendaftaran, alur pendaftaran, beberapa tanggal yang penting untuk segera dicatat, alur seleksi, dan masih banyak lagi yang tentunya harus Anda baca secara teliti.

Jika ingin mencoba mendaftar sebagai CPNS di salah satu instansi. Kurang lebih terdapat tiga puluh dua instansi pemerintahan yang membuka formasi PNS yang disebabkan karena semakin beratnya beban kerja instansi dan ada pula PNS yang sudah pensiun sehingga harus segera digantikan, salah satunya adalah kementerian Kepolisian Negara. Seperti halnya kementerian lain, Kepolisian Negara juga memiliki tanggung jawab penuh kepada presiden sehingga harus siap menerima tugas kepolisian polri di seluruh wilayah indonesia.




Nah, pada kesempatan kali ini secara langsung kami akan membahas sedikit informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Kepolisian Negara. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan baik dari persyaratan atau pun berkas-berkas penting yang digunakan sebagai syarat seleksi. Untuk mendaftar sebagai CPNS, Anda hanya bisa mendaftar satu formasi dari satu instansi kementerian sehingga dari sekarang Anda harus sudah mencari berbagai informasi detail mungkin tentang formasi yang akan Anda ambil tentunya yang sesuai dengan program jurusan Anda ketika menempuh kuliah. 

Pendaftaran
  1. Setiap formasi tentunya akan ditempatkan di beberapa wilayah sehingga Anda bisa membuka informasi penempatan di website resmi http://sscasn.bkn.go.id atau https://cpns.polri.go.id
  2. Berbeda dengan instansi lainnya, untuk cara pendaftaran CPNS Kepolisian Negara ternyata memiliki persyaratan yang berbeda. 
 
Berikut persyaratan yang wajib Anda penuhi sehingga Anda bisa menjalani setiap tahap salam alur pendaftaran.
  1. Anda adalah penduduk asli Indonesia atau tercatat sebagai warga negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan memiliki identitas Kartu Tanpa Penduduk (KTP)
  2. Bertakwa kepada YME, setia dan patuh kepada pancasila, Undang Undang Dasar 1945 dan NKRI.
  3. Memiliki kondisi jasmani dan rohani yang sehat.
  4. Memiliki perilaku yang baik dan belum pernah terlibat kasus pidana atau dipenjara yang didasarkan kepada keputusan dari pengadilan yang memiliki kekuatan hukum dibuktikan melalui surat keterangan catatan dari kepolisian atau sering disebut dengan SKCK yang terbit minimal di periode bulan september sampai dengan bulan desember.
  5. Belum pernah memiliki catatan pemberhentian kerja secara tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil atau Anggota Tentara Nasional Indonesia atau POLRI.
  6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS atau anggota TNI atau POLRI.
  7. Tidak terlibat dalam organisasi-organisasi yang dilarang oleh negara Republik Indonesia.
  8. Anda juga dapat mengakses berbagai informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Kepolisian Negara melalui laman website yang dikeluarkan secara resmi oleh kementerian terkait.
  9. Berusia paling rendah dua puluh satu (21) tahun dan atau maksimal berusia tiga puluh lima (35) tahun.
  10. Memiliki tinggi badan minimal 157 cm untuk pria dan minimal tinggi badan 150 cm untuk pendaftar wanita.
  11. Melampirkan STSI atau surat keterangan sudah selesai melaksanakan intensip dan lebih diutamakan jika sudah memiliki surat tanda registrasi (STR).
  12. Untuk formasi perawat memiliki minimal pendidikan diploma 3 atau D3 keperawatan dan memiliki sertifikat kompetensi dan lebih utama memiliki sertifikat BCLS dan BTLS.
  13. Surat keputusan penyetaraan wajib dilampirkan bagi pelamar dari perguruan tinggi yang ada di luar negeri yang sudah disetujui dan dikeluarkan secara resmi oleh Dirjen Dikti.
  14. Beberapa informasi penting dan syarat secara detail bida diakses melalui website resmi pada laman sscasn.bkn.go.id dan atau website yang dikeluarkan resmi oleh kepolisian RI pada http://cpns.polri.go.id.

Tata cara pendaftaran CPNS Kepolisian Negara dimulai dengan mempersiapkan beberapa persyaratan dokumen wajib seperti 

  1. Surat lamaran yang kemudian ditujukan untuk Kapolri diketik dengan komputer disertai dengan materai 6000 dan harus sudah ditandatangani dengan tinta berwarna hitam. Format untuk surat lamaran dapat diakses melalui laman resmi https://sscasn.bkn.go.id;
  2. Melampirkan KTP atau Surat Tanda Penduduk yang asli atau dengan menyertakan surat keterangan sudah melakukan rekam kependudukan yang secara resmi dikeluarkan oleh Dukcapi atau Dinas Kependudukan Catatan Sipil; 
  3. Melampirkan ijazah dan transkrip nilai dari jenjang pendidikan sekolah dasar sampai dengan pendidikan terakhir yang ditempuh. Untuk formasi perawat persyaratan pendidikan akhir yang ditempuh adalah D3 sedangkan untuk dokter umum pendidikan terakhir yaitu S1; 
  4. Melampirkan foto berjumlah 2 lembar dengan ukuran 3 x 4 dengan latar belakang berwarna biru; 
  5. Mencetak bukti sudah mendaftar sebagai peserta CPNS melalui laman resmi pendaftaran. Setelah dokumen sudah dipersiapkan maka tahap selanjutnya yang harus ditempuh adalah mengunggah dokumen persyaratan  di laman resmi dan mengikuti beberapa tahap seleksi selanjutnya sesuai dengan beberapa tanggap penting yang sudah tertera di pengumuman cara pendaftaran CPNS Kepolisian Negara pada tahun.
Itulah beberapa informasi mengenai Cara Pendaftaran CPNS Kepolisian Negara Indonesia, hanya saja yang dibuka memang cukup terbatas hanya untuk 2 formasi kesehatan dalam lingkungan kepolisian semoga apa yang telah diberikan bisa memberikan manfaat jika terdapat beberapa informasi lainnya dapat mengajukan pertanyaan melalui situs cpns.polri.go.id.