Cara Pendaftaran CPNS SETNEG.go.id 2017/2018

SETNEG.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetnag) 2017/2018 Menjadi seorang PNS merupakan salah satu idaman masyarakat sipil. Pasalnya, dengan menjadi PNS hidup akan terjamin oleh negara. Bukan hanya si PNS itu saja, melainkan beberapa anggota keluarganya juga ikut serta dijamin kesejahteraannya. Bidang yang dibuka untuk para CPNS beragam jenisnya. Salah satu yang akan dibahas yaitu bidang kementerian sekretariat negara (Kemensetnag). 

Di Indonesia, anggota sekretariat negara jumlahnya masih kurang sehingga membutuhkan kader baru tiap tahunnya. Belum lagi untuk PNS yang akan pensiun. Setiap tahunnya anggota Kementerian Sekretariat Negara juga mengajukan surat pensiun. Pengajuan ini tentunya mengurangi jumlah yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak kader baru untuk menjalankan visi dan misi, tujuan serta fungsi Kementerian Sekretariat Negara.

Cara Pendaftaran CPNS SEGNES.go.id 2017/2018


Lalu, apa itu Kementerian Sekretariat Negara? Kemensetneg merupakan lembaga kementerian di bawah naungan pemerintah dalam rangka membantu jalannya pemerintahan pada bidang sekretariat negara berupa urusan administrasi, teknis dan urusan pemerintahan. Kementerian ini dikepalai oleh Sekretaris Kementerian. Lowongan pendaftaran CPNS ini dibuka untuk lulusan DIII, S1, S2 dan S3 dengan jurusan yang sesuai dan bersangkutan. Adapaun jurusan-jurusan yang direkomendasikan untuk mendaftar di Kemensetnag antara lain 

  1. Administrasi Negara, 
  2. Teknik Informatika, 
  3. Ilmu Sosial, 
  4. Keperawatan, 
  5. Hukum, 
  6. Ekonomi, 
  7. Hubungan Internasional, 
  8. Akuntansi, 
  9. Ilmu Pemerintahan, 
  10. Manajemen Informatika, 
  11. Teknil Sipil, 
  12. Dokter Gigi, 
  13. Bahasa Inggris, 
  14. Bahasa Belanda, 
  15. Komunikasi, 
  16. Tata Boga, 
  17. Teknik Mesin, 
  18. Sekretaris, 
  19. Teknik Elektro, 
  20. Kearsipan, 
  21. Perpustakaan, 
  22. Seni, 
  23. Ekonomi Manajemen dan lain sebagainya. 

Sejatinya semua jurusan dapat masuk di Kementerian Sekretariat Negara namun untuk bidang-bidang tertentu saja yang dapat menerima semua jurusan. Pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Engara telah dibuka pada Rabu, 06 September 2017. Sebelum anda mencari cara pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara. 

Sebaiknya anda perlu memahami dulu tugas-tugas yang perlu dikerjakan setelah berhasil lolos menjadi pegawai Kemensetnag. Mengetahui tugas-tugas merupakan dasar untuk Anda merencanakan dan berkhayal serta memikirkan rencana-rencana setelah berhasil memasuki Kemensetnag. Lalu, apa saja tugas-tugas Kementerian Sektretariat Negara?
  1. Memberi dukungan berupa teknis dan juga administrasi untuk presiden dan wakilnya dalam rangka menyelenggarakan pemeriantahan.
  2. Menyiapkan naskah-naskah untuk presiden serta wakil presiden untuk berbagai acara.
  3. Berkoordinasi dalam pemberian administrasi dan dukungan teknis pada presiden untu kekuasaan tertinggi di Angkatan Laut, Angkatan Darat dan Amgkatan Udara.
  4. Berkoordinasi dalam memberikan pelayanan protokol dan rumahtangga pada presiden dan wakil presiden.
  5. Menyelenggarakan administrasi untuk pengangkatan, pencopotan, pemindahan maupun pemberhentian jabatan di Kementerian Sekretariat Negara.
  6. Menyiapkan izin dan juga penyelesaian RUU dan lain sebagainya yang bersangkutan dengan perundang-undangan.
  7. Melkasanakan fungsi dan tugas lain yang telah diberikan oleh presiden dan juga wakil presiden yang telah disahkan di undang-udang.

Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar menjadi PNS, ada beberapa tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara yang perlu anda ikuti alurnya. Sebelumnya, Anda wajib melengkapi persyaratan yang diajukan oleh pihak penyelenggara. Berikut ini beberapa persyaratan yang dibutuhkan sebagai tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara:
  1. Anda adalah seorang WNI
  2. Berusia minimal 18 tahun setelah pendaftaran dibuka dan usia maksimal 30 tahun.
  3. IPK pelamar minimal 3,0 bagi lulusan yang berakreditas A, 3,25 bagi lulusan yang berakreditas B dan 2,75 khusus untuk Putra/Putri Papua khususnya Papua Barat dengan akreditasi kelulusan A maupun B.
  4. Mengisi formulir online yang akan via web.
  5. Mengikuti tahapan-tahapan tes selanjutnya seperti tes kesehatan.
  6. Tidak berurusan dengan politik.
  7. Tidak pernah diberhentikan atau memberhentikan diri saat masih menjabat di suatu lembaga.
  8. Tidak sedang menjalani masa hukuman karena tindak pidana.
  9. Jasmani maupun rohaninya sehat.
  10. Bukan pengedar maupun mengkonsumsi narkotika sehingga perlu dilampirkan Surat Keterangan Bebas NAPZA.
  11. Mau ditempatkan diberbagai wilayah Indonesia.

Ada beberapa tahapan cara pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara yang harus Anda lakukan. Tahapan-tahapan tersebut yaitu:
  1. Melakukan pendaftaran online pada 11-25 September 2017 menggunakan NIK yang tertera pada KTP, KK dan Nomor KK.
  2. Setelah mendapatkan user id dan password, Anda mengisi kembali blangko pendaftaran online dengan user id dan password yang telah anda dapatkan.
  3. Kirim lampiran pendaftaran dengan masuk kembali ke website dengan menggunakan user id dan juga password milik anda. lapiran yang dikirim berupa Surat Lamaran yang telah ditandatangani dan juga bermaterai Rp. 6000,- dalam format PDF ukuran file maksimal 600kb, Surat Pernyataan bertandatangan diatas materai Rp. 6000,- format PDF dengan ukuran maksimal 600kb, KTP dalam bentuk file PDF ukuran maksimal 600kb, ijazah terakhir yang tercantum Surat Keterangan Akreditasi , transkrip nilai akademik, pasfoto ukuran 4x6 dengan latar belakang merah dengan format JPG maksimal ukuran 100kb, untuk pelamar Putra/Putri Papua melampirkan akat kelahiran dan salinan KTP ayah kandung dan fotokopi ijazah semua tingkatan pendidikan.
  4. Waktu terakhir pengunggahan lapiran dokumen pada 11-25 September 2017.
  5. Pengumuman akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2017.

Demikian tadi beberapa cara pendaftaran CPNS Kementerian Sekretariat Negara yang dapat anda ikuti alurnya. Pendaftaran pekerjaan di pemerintahan memang sangat ketat dan juga perlu data yang lengkap dan valid. Sebaiknya anda persiapkan semua data yang diperlukan terlebihdahulu aga proses pelamaran CPNS anda berjalan lancar. Untuk info lebih lanjut dan lebih lengkap anda dapat mengakses di website www.setneg.go.id.Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berjuang.
Sekolah Pramugari