Cara Pendaftaran CPNS E-Rekrutmen.POM.go.id 2017/2018

E-Rekrutmen.POM.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) 2017/2018 Memasuki pertengahan tahun, lowongan penerimaan kepegawaian negeri sipil terbuka lebar. Sebagian besar institusi atau lembaga pemerintah membuka lowongan CPNS di pertengahan tahun menuju akhir tahun. Termasuk institusi yang bertugas sebagai pengawas obat dan makanan Negara Republik Indonesia atau BPOM RI. 

Cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan sendiri telah disediakan di situs resmi mereka. Namun, kalau Anda bingung dengan informasi pendaftaran CPNS BPOM, di bawah ini, ada sedikit ulasannya. Pendaftaran tersebut telah resmi dibuka pada akhir Bulan Agustus untuk tahun 2017 ini. Sebelum terlambat, segeralah ikuti petunjuknya dalam mendaftar sebagai PNS di institusi BPOM RI.

Cara Pendaftaran CPNS BP POM 2017/2018


Tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia

Pasti Anda tidak asing lagi dengan sebutan institusi ini, sebab keseharian kita tidak akan jauh dari keterlibatan pihak mereka. Ya, BPOM RI adalah instansi pemerintah dengan tugas utama melakukan pengawasan terhadap produk-produk terapetik, obat tradisional, narkotika, psikotropika, zat adiktif, beragam produk komplemen. 

Serta mengawasi pangan dan bahan berbahaya yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Lowongan dari cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan terbuka lebar dengan tugas utama tersebut. Badan POM ini juga memiliki sejumlah fungsi di antaranya:
  • Pengkaji dan penyusunan kebijakan secara nasional dalam bidang pengawasan obat dan makanan.
  • Pelaksanaan kebijakan khusus pada bidang pengawasan obat dan makanan.
  • Mengkoordinasi kegiatan fungsional pada pelaksanaan tugas utama BPOM.
  • Melakukan pemantauan, memberi bimbingan dan pembinaan untuk kegiatan instansi milik pemerintah di bidang pengawasan obat dan makanan.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan pelayanan pada administrasi secara umum di bidang perencanaan, ketatausahaan, tata laksana dan organisasi, kepegawaian, keuangan, persandian, kearsipan, serta perlengkapan dan rumah tangga.

Ada sederet tahap pelaksanaan dalam mengawasi obat dan makanan yang dilakukan institusi BPOM Sebelum benar-benar melakukan langkah dalam cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai syarat dan ketentuan, pahami dulu tahap-tahap utama pengawasan di antaranya pertama, penyusunan pengawasan yang dilanjutkan dengan pengecekan laboratorium. Lalu, melakukan investigasi berdasarkan hukum, penetapan sertifikasi produk, dan layanan informasi konsumen. Ketiga, melakukan evaluasi dan menjalankan tugas lainnya sesuai bidang.


Syarat dan Ketentuan Pada Cara Mendaftar CPNS BPOM RI
  1. Pelamar WNI yang bertakwa pada Tuhan YME, serta setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, juga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  2. Tidak memiliki riwayat buruk dalam catatan kepolisian, atau tidak pernah dipidana atas kasus-kasus dengan kekuatan hukum yang kuat.
  3. Tidak pernah mengalami pemberhentian keanggotaan pegawai negeri sipil. Baik permintaan sendiri, atau juga secara tidak hormat.
  4. Sehat jasmani dan rohani, siap ditempatkan di mana pun.
  5. Tidak dalam status sebagai pelajar atau mahasiswa (belum lulus).
  6. Memenuhi batas usia yaitu 26 sampai 35 tahun, terhitung hingga akhir tahun.
  7. Memiliki preatsi akademis sesuai kategori.
  8. Memenuhi berkas yang dibutuhkan.

Selain itu, pada cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan terdapat empat kategori lowongan CPNS terbuka.

Pelamar umum.

Pada kategori ini pelamar berasal dari kalangan umum yang memiliki prestasi dan mampu menjalani tahap seleksi.

Pelamar penyandang disabilitas.

Pada kategori ini, pelamar merupakan mereka dengan  kekurangan fisik. Dalam beberapa institusi, kategori ini berlaku dengan tujuan memberi peluang bagi para penyandang disabilitas.

Pelamar lulusan terbaik (cumlaude).

Pada kategori ini, pelamar merupakan lulusan sarjana terbaik dari beragam kampus dan terbukti memiliki nilai di atas rata-rata. Selain itu pelamar juga memiliki prestasi dalam beragam bidang, baik akademik, mau pun non-akademis.

Pelamar putra-putri Papua dan Papua Barat.

Pada kategori ini, dikhususkan bagi pelamar berasal dari wilayah Papua.

Syarat dan ketentuan lebih lengkap untuk empatmacam kategori di atas dapat dilihat di situs resmi BPOM RI http://www.pom.go.id.


Mekanisme Singkat Tahap Pendaftaran dan Seleksi

Setelah mengikuti petunjuk dasar cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan berikut dengan kategorinya, pahami mekanisme lebih detail mengenai tahap pendaftaran dan seleksi. Langkah paling awal untuk mendaftar adalah dengan membuat akun pribadi di situs resmi Badan Kepegawaian Negara https://sscn.bkn.go.id.

Selanjutnya, ikuti langkah pendaftaran secara online dengan log in akun yang telah dibuat, isis data dan informasi diri Anda. Pilih institusi dan formasi pilihan sesuai bidang dan pendidikan Anda. Kemudian, penuhi berkas yang diminta melalui media dalam situs pendaftaran. Pastikan pendaftaran Anda sudah resmi terdaftar. 

Ikuti jadwalnya untuk tahu kapan pengumuman seleksi CPNS BPOM RI diumumkan. Biasanya akan diumumkan melalui situs resmi dan media cetak. Tergantung pada instansi masing-masing. Seperti BPOM RI dengan situs penerimaan resminya di http://e-rekrutmen.pom.go.id/.

Bila lulus pada tahap seleksi cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan Anda akan dihubungi untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya berupa tes secara online, atau disebut dengan Computer Assisted Test (CAS). Tinggal Anda persiapkan diri dalam menjalani tes tersebut. Mulai dari menyediakan fasilitas internet tanpa putus dan tanpa gangguan, sampai menyiapkan beragam bahas tes dengan sudah dipelajari lebih dahulu.

Jangan lupa persiapkan mental yang kuat karena persaingan mendapat tempat sebagai PNS tidaklah mudah. Cari informasi sebanyak mungkin tentang tes seleksi tahap lanjut. Itu dia sedikit ulasan seputar cara pendaftaran CPNS Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia. Silakan kunjungi situs-situs resmi penerimaan pendaftaran CPNS untuk informasi lebih lengkapnya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan membantu Anda.
GET IT ON Google Play