Cara Pendaftaran CPNS BNPT.go.id 2017/2018

BNPT.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS BNPT.go.id 2017/2018 Ketahui Tahapan Cara Pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Permasalahan terorisme menjadi salah satu permasalahan serius yang kini sedang banyak terjadi di Indonesia. Dari mulai kasus terorisme skala kecil, hingga skala besar yang melibatkan banyak orang sehingga tentu membuat banyak pihak khawatir dan masyarakat merasa tidak aman hidup sebagai warga negara. Hal tersebut tentunya membuat kehadiran badan penanggulangan terorisme menjadi penting untuk dikembangkan. 

Di Indonesia sendiri ada BNPT atau Badan Nasional Penanggulangan Terorisme yang secara umum bertugas untuk melakukan pengawasan hingga penanggulangan atas kasus tersebut. Pada 6 September 2017, BNPT merilis pengumuman lowongan berkarir bagi Anda yang berminat untuk menjadi pns dan ingin berkontribusi pada negara kaitannya untuk memberantas kasus terorisme yang kian menjamur. 

Cara Pendaftaran CPNS BNPT 2017/2018


Lalu, bagaimana cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme itu sendiri? Sebelum membahas mengenai cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, mari kita pahami lagi lebih jauh apa sih BNPT dan sejauh mana tataran kerja yang dilakukan oleh orang-orang di dalamnya. Di lansir dari situs resminya, BNPT atau disingkat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme merupakan LPNK (lembaga pemerintah non kementrian) yang bertugas melakukan penanggulangan dalam hal terorisme.

Pada implementasi kerjanya, BNPT ini juga turut bersinergi dan saling berkoordinasi dengan instansi pemerintahan lainnya. Lebih jelasnya, tugas pokok dan fungsi BNPT adalah dari mulai menyusun kebijakan dan program, mengkoordinasi instansi pemerintah terkait implementasi kebijakan, dan melaksanakan kebijakan  yang meliputi penyiapkesiagapan skala nasional, deradikalisasi, pencegahan, perlindungan, hingga penindakan.

Jika melihat dari formasinya, susunan organisasi dalam LPNK BNPT sendiri terdiri dari kepala BNPT yang setingkat menteri, sekretariat utama, deputi bidang kerjasama internasional, deputi bidang perlindungan, pencegahan dan deradikalisasi, deputi bidang penindakan, pembinaan kemampuan, dan terakhir adalah bagian inspektorat. Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi bagian di dalam struktur tersebut, tentunya penting untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme. 

Pada pendaftaran CPNS di tahun 2017 ini, BNPT membuka lowongan dengan jumlah formasi 60 orang yang akan dialokasikan pada formasi unit kerja sekretariat utama, inspektorat, Deputi bagian perlindungan, pencegahan, deradikalisasi, Deputi bagian kerjasama Internasional, dan Deputi bagian pembinaan kemampuan dan penindakan. Untuk jabatan yang disediakan, mencapai 20 jabatan yang terdiri dari:
  1. Dokter ahli pertama
  2. Dokter gigi
  3. Perawat terampil
  4. Analis data dan informasi
  5. Penyusun program
  6. Analis kerjasama pelatihan
  7. Analis kerjasama
  8. Pranata arsiparis
  9. Analis data intelejen
  10. Humas
  11. Penyuluh narapidana
  12. Analis rehabilitasi dan resosialisasi
  13. Analis pemberdayaan masyarakat
  14. Analis penyidikan
  15. Analis pemasyarakatan
  16. Analis pengawasan
  17. Analis advokasi
  18. Analis program hukum
  19. Pengelola database
  20. Teknisi perawatan sarana dan prasarana

Masing-masing jabatan tersebut memiliki kualifikasi pendidikan yang berbeda, dari skala DIII hingga S1 yang rinciannya dapat diunduh melalui situs www.sscn.bkn.go.id. Lalu pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme? Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan bahwa Anda memenuhi syarat umum sebagai berikut:
  • Warga negara Indonesia, sehat secara jasmani maupun rohani
  • Usia minimal 22 tahun pada 1 September 2017 dan 35 tahun pada 1 Desember 2017
  • Tidak pernah dipidana dan atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai negeri sipil atau swasta
  • Bukan CPNS, PNS dari ikatan dinas instansi pemerintah
  • Bukan pengurus atau anggota parpol
  • Bagi pelamar yang memiliki status cumlaudemaka harus dibuktikan dengan ijazah
  • Bagi pelamar yang memiliki disabilitas atau merupakan putra/i dari Papua dan umum maka harus lulusan dari program studi yang sudah terakreditasi sekurang-kurangnya B ketika ia lulus. Bukti akreditasi ini dilampirkan dalam bentuk surat keterangan akreditasi yang bisa didapatkan dari fakultas.
  • IPK minimum untuk PTN adalah 2.75, PTS 3.00, dan putra/i Papua 2.50.

Jika Anda sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka selanjutnya bisa langsung melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah tahapan cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Penanggulangan Terorisme:
  1. Pendaftaran bnpt 2017 dimulai pada 11-25 September 2017 yang dilakukan secara online melalui portal https://sscn.bkn.go.id.
  2. Pendaftaran menggunakan NIK pada KK atau KTP
  3. Mengisi form biodata. Perlu diperhatikan bahwa setiap pelamar CPNS hanya boleh melamar pada 1 jabatan di 1 instansi dan harus sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan
  4. Pada pendaftaran online, pelamar wajib menyertakan syarat dokumen lengkap seperti scan KTP, scan ijazah dan transkrip nilai, pas foto 3x4 warna dengan latar merah.
  5. Jika syarat administratif sudah terpenuhi dan lolos maka selanjutnya pada 2 Oktober sampai 6 Oktober 2017 pelamar bisa mencetak kartu peserta ujian untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni SKD atau seleksi kompetensi dasar, SKB atau seleksi kompetensi bidang, wawancara, tes tulis, hingga psikotes.
  6. Pengumuman pelamar yang lolos CPNSbnpt akan diumumkan pada 20 November 2017

Nah, demikianlah tata cara pendaftaran penerimaan CPNS bnpt. Untuk kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dan berbagai informasi lebih lengkapnya bisa di unduh di portal www.sscn.bkn.go.id. Pada laman pertama, klik pengumuman dan selanjutnya akan langsung muncul pilihan instansi berikut syarat lengkap yang bisa di unduh. Jangan lupa juga untuk mengakses portal resmi BNPT di situs ini www.bnpt.go.id.

Karena apabila ada perubahan waktu maupun tahapan seleksi maka akan diberitahukan melalui situs tersebut secara langsung. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan semoga sukses! Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan memang menggunakan sistem online pendaftaran dilakukan melalui sscn.bkn.go.id.
GET IT ON Google Play