Cara Pendaftaran CPNS.BIG.go.id 2017/2018

CPNS.big.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.BIG.go.id 2017/2018 Tata Cara Pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial Badan Informasi Geospasial atau BIG kembali mengalokasi beberapa formasi dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS pada gelombang II 2017. Jumlah yang dialokasikan BIG totalnya ada 67 formasi. Termasuk di antaranya adalah tujuh formasi khusus untuk lulusan cum laude, dua pelamar disabilitas, satu pelamar kelompok putra/putri Papua serta 57 formasi umum. 

Agar bisa mengisi formasi yang dimaksud, BIG mengajukan syarat serta kriteria tertentu. Apabila kita tertarik menjadi PNS di lingkup BIG, maka perhatikan baik-baik persyaratan serta cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial di bawah ini. Dimulai dari nama jabatan yang tersedia ada sangat banyak yang dibutuhkan. Aneka jabatan yang dibutuhkan di antaranya adalah :


Formasi CPNS Badan Informasi Geospasial
  1. Surveyor Pemetaan Ahli Pertama, 
  2. Pranata Komuter Ahli Pertama, 
  3. Auditor Ahli Pertama, 
  4. Analis Keuangan, 
  5. Perencana Ahli Pertama, 
  6. Analis Kepegawaian Ahli Pertama, 
  7. Perancang Pengaturan Perundang-undangan Ahli Pertama, 
  8. Arsiparis Ahli Pertama, 
  9. Widyaiswara Ahli Pertama
  10. Pranata Hubungan Masyarakat Ahli Pertama. 
Selanjutnya, tata cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial ini termasuk persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Pelamar dapat berasal dari lulusan terbaik atau cum laude Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi. Pelamar juga dapat berasal dari kalangan penyandang disabilitas serta putra/putri Papua yang dibuktikan dengan surat keterangan bahwa ayah kandung adalah orang Papua.

Persyaratan pelamar di antaranya adalah 
  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk, 
  2. Tidak pernah dipidana, 
  3. Tidak pernah diberhentikan dari pekerjaan secara tidak hormat, 
  4. Tidak sedang memangku jabatan sebagai PNS di instansi lain, 
  5. Tidak menjadi anggota dari Partai Politik, 
  6. Sehat secara jasmani serta rohani, 
  7. Tidak dalam pengaruh obat-obatan terlarang serta bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI. 

Cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial berikutnya adalah dengan mematuhi peraturan bahwa baik pelamar wanita maupun pria tidak boleh memiliki tato atau tindik kecuali atas perintah adat atau agama. Pelamar juga berasal dari Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta baik dari dalam maupun luar negeri yang diakui kementerian. IPK minimal adalah 3.51 untuk pelamar cum laude, 2.50 untuk putra/putri Papua serta 2.75 untuk pelamar disabilitas serta umum. Selanjutnya, usia pelamar minimal ialah 18 tahun per tanggal 1 September 2017 serta maksimalnya 35 tahun per tanggal 1 Desember 2017. 

Tata cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial dimulai dengan melengkapi aneka dokumen. Di antaranya adalah surat lamaran yang ditujukan pada Kepala Badan Informasi Geospasial yang diketik serta diberi materai Rp6.000, Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku, ijazah yang telah dilegalisir dan difotokopi, transkrip nilai, keterangan cumlaude khusus untuk pelamar cumlaude, surat pernyataan yang diketik komputer dan diberi materai Rp6.000 serta pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak satu lembar.


Cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial 

Dilakukan melalui online di website sscn.bkn.go.id. Gunakan Nomor Induk Kepegawaian yang terdapat dalam Kartu Tanda Penduduk ataupun Kartu Keluarga. Waktu pendaftaran serta unggah dokumen dimulai pada 11 September 2017 hingga 25 September 2017. Pelamar yang lolos dari seleksi administrasi akan dapat melakukan pencetakan kartu pendaftaran di website sscn.bkn.go.id tanggal 2 hingga 6 Oktober 2017. Pelamar yang lolos dari seleksi administrasi akan membawa berkas lamaran dalam amplop coklat dan kartu pendaftaran di saat seleksi akademik.

Tahapan seleksi CPNS Badan Informasi Geospasial ini sendiri dimulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD yang menggunakan Computer Assited Test atau CAT serta Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB yang terdiri dari Substansi jabatan dengan CAT berbobot 60% serta wawancara berbobot 40%. Kelulusan seleksi administrasi akan didasarkan pada hasil dari verifikasi dokumen yang diunggah. 

Hasilnya akan ditampilkan di website cpns.big.go.id pada tanggal 30 September 2017. Pelamar yang lulus seleksi administrasi wajib mencetak kartu peserta ujian pada tanggal 2-6 Oktober 2017. Selanjutnya untuk kelulusan SKD didasarkan pada passing grade yang telah diatur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peserta SKB adalah peserta yang berhasil lulus dari SKD serta tidak melebihi tiga kali alokasi formasi. 

Ketentuan lain terkait kelulusan akan diatur oleh peraturan yang ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Periode pengumuman penerimaan CPNS BIG sendiri dimulai dari tanggal 5 hingga 19 September 2017, sementara penerimaan pendaftaran online dimulai dari tanggal 11 hingga 25 September 2017. Mengingat tanggalnya yang sudah dekat, sebaiknya kita memperhatikan tata cara pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial ini. 

Keseluruhan proses penerimaan CPNS Badan Informasi Geospasial tidak akan dipungut biaya sama sekali. Kita sebaiknya berhati-hati akan adanya oknum yang mengambil kesempatan untuk melakukan penipuan di tengah penerimaan CPNS 2017. Keputusan panitia juga tidak dapat diganggu gugat. Apabila kita menjadi korban dari oknum tidak bertanggung jawab selama proses penerimaan CPNS, maka hal itu di luar tanggung jawab panitia CPNS serta Badan Informasi Geospasial. 

Penting juga untuk memperhatikan tanggal deadline penyerahan berkas lamaran. Apabila kita menyerahkan berkas setelah tanggal yang ditetapkan, maka lamaran kita akan dianggap gugur. Periksa kembali berkas-berkas yang dikirimkan dan pastikan semuanya telah lengkap sesuai yang disyaratkan. 

Mengirimkan berkas-berkas yang lengkap sesuai kebutuhan akan memperbesar kemungkinan kita lolos di tahap seleksi administrasi. Demikian adalah tata cara serta hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pendaftaran CPNS Badan Informasi Geospasial. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.
Sekolah Pramugari