Cara Pendaftaran CPNS.Kemensos.go.id SMA/SMK/MA 2017/2018

CPNS.Kemensos.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Sosial (Kemensos) SMA/SMK/MA 2017/2018 Terlengkap Seiring dengan berjalannya waktu, masa jabatan menteri pemerintahan di Indonesia semakin pendek. Belum lagi umur yang semakin menua sehingga harus melakukan pengajuan pensiun untuk menikmati masa-masa tua bersama keluarga dan digantikan dengan kader-kader baru yang lebih bertalenta dan lebih inovatif. 

Bagi anda yang ingin bergabung dan berkecimpung di dunia pemerintahan, tidak ada salahnya anda mendaftar lowongan kerja di Kementerian Sosial. Baru-baru ini, pemerintah membuka pendaftaran untuk anggota baru di beberapa kementerian. Bagaimanapun, Indonesia merupakan negara yang luas sehingga memerlukan banyak tenaga di berbagai bidang untuk mengurus dan menjalankan tugas pemerintahan guna membentuk negara yang lebih maju.

Cara Pendaftaran CPNS.Kemensos.go.id 2017/2018

Jumlah penduduk indonesia juga merupakan jumlah terbesar ketiga di dunia. Tentunya sangat membutuhkan banyak tenaga teknisi sosial untuk menangani masyarakat Indonesia yang masih lekat dengan adat istiadat dan juga pemikiran yang primitif. Penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat masih perlu dilakukan guna meujudkan Indonesia yang cerdas dan maju sehingga terwujudnya negara maju agar masyarakat semakin sejahtera dan hidup secara aman dan damai.

Kementerian Sosial merupakan kementerian yang yang mengurus tentang sosial di pemerintahan Indonesia. Lembaga ini dipimpin oleh seorang menteri yang membawahi beberapa organisasi di lingkup kementerian sosial dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi kementerian negara. Kementerian sosial membutuhkan banyak kader baru untuk bekerjasama menjalankan tugas, visi dan misi untuk pembangunan masyarakat Indonesia. Adapun tujuan jangka pendek kementerian sosial antara lain:
  1. Memenuhi pelayanan, pemberdayaan dan jaminan kesejahteraan masyarakat.
  2. Meningkatkan mutu pelayanan tentang perlindungan, rehabilitasi, pemberdayaan, jaminan dan juga mengatasi kemiskinan.
  3. Meningkatkan transparansi kebijakan yang ditetapkan.
  4. Melestarikan sikap kepahlawanan sosial.

Dalam waktu dekat ini Kemensos membuka kesempatan bagi anda yang ingin bergabung mengabdi untuk bangsa dan negara, Kemensos membuka lowongan pekerjaan untuk anda. Ada beberapa cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial yang dapat anda lakukan. Pembukaan selebar-lebarnya untuk anda yang memiliki sumber daya yang berkualitas dan layak untuk bergabung dalam tim. 

Ada beberapa formasi CPNS yang dibutuhkan di Kemensos anatar lain yaitu auditor pelaksana, pekerja sosial pertama, auditor pertama, pranata komputer, penyuluh sosial, pekerja sosial, widyaiswara, pranata humas, perencana pertama dan lain sebagainya. Anda dapat melamar sesuai dengan latar belakang pendidikan anda, ada pula yang dapat dilamar oleh semua jurusan yang tidak harus sama latar belakang pendidikannya.

Berikut ini beberapa syarat cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial yang harus dipenuhi oleh pelamar.
  1. Seorang WNI yang sah
  2. Tidak bertindak anarkisme, sehat akal dan budi pekerti.
  3. Tidak sedang menjabat di instansi kenegaraan lain.
  4. Bukan pengurus maupun anggota partai politik.
  5. Bebas dari masa hukuman dan keputusan pengadilan.
  6. Bebas NAPZA
  7. Batas usia pelamar 18-35 tahun per tanggal dibukanya pendaftaran online.
  8. Paham komputer minimal Office dan mampu mengoperasikan internet.
  9. Siap jika ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.
  10. Lolos semua tahap seleksi.

10 syarat diatas merupaka syarat umum sebagai cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial. Ada beberapa syarat khusus yang juga perlu anda ketahui untuk melancarkan pelamaran kerja anda di BUMN. Syarat-syarat khusus peserta pelamar CPNS Kemensos yaitu:
  1. Usia maksimal 30 tahun sejak dibukanya pendaftaran online.
  2. Memiliki riwayat pendidikan di bidang sosial baik di SMK dengan jurusan Pekerjaan Sosial, Perawatan Sosial atau Kesejahteraan Sosial.
  3. Memiliki nilai rata-rata minimal 6,0.
  4. Bagi lulusan D3, batas usia pelamar 30 tahun dan Indeks Prestasi Minimal 3,00.
  5. Bagi lulusan S1 atau sederajat batas usia pelamar berumur 35 tahun dengan Indeks Prestasi Minimal 3,00.

Cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial berikutnya yaitu anda harus melewati beberapa tahapan-tahapan. Pelaksaan seleksi melalu sistem gugur, dimana bila tidak melengkapi atau melewati salah satu tahapan maka akan dianggap gugur. Berikut ini beberapa tahapan cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial.
  1. Tahap registrasi, anda wajib mengisi formulir secara online yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara pendaftaran. Anda dapat mencari di website resmi Lowongan Kerja CPNS Kementerian Sosial.
  2. Tahap Melengkapi indentitas, dalam tahapan ini anda wajib mengisi beberapa data identitas diri yang ditanyakan oleh pihak penyelenggara. Anda akan menerima user id dan juga password untuk digunakan saat login website agar data anda aman dan juga valid.
  3. Tahap administrasi, di tahap ini akan ada pengumuman seleksi CPNS. Perlu anda ketahui, untuk melangkah di tahap ini, data yang anda unggah sebelumnya harus benar-benar valid an lengkap sesuai permintaan pihak penyelenggara.
  4. Tahap tes kompetensi, pada tahap ini anda dinyatakan lolos seleksi CPNS dan berhak mengikuti tes kompetensi yang diselenggraakan di kota terdekat anda atau kota domisili anda. Biasanya disenggarakan di ibukota propinsi.
  5. Tahap tes wawancara, bila anda dinyatakan lulus tahap kompetensi dasar, maka anda akan mengahdapi tes wawancara yang biasanya disenggarakan di Jakarta atau kondisional.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum anda melamar di CPNS Kemensos agar perjalanan anda tidak mengalami kendala. Pada lowongan pekerjaan sebagai CPNS Kemensos ini dilakukan secara online pada tahap seleksinya. Tentunya anda wajib memiliki beberapa berkas yang lengkap untuk diunggah sebagai lampiran lamaran. Bila diketahui ada berkas yang tidak lengkap, maka sebaiknya anda tidak mendaftar sebagi CPNS Kemensos karena akan sia-sia saja. 

Kemensos sangat memperhatikan data identitas maupun berkas lainnya mengenai anda. penyelenggaraan pendaftaran hanya dilakukan via online, jika terdapat mendaftaran via offline maka dijamin pendaftaran tersebut merupkana pendaftaran yang illegal. Waktu penyelenggaraan pendaftaran online akan diumumkan jauh-jauh hari untuk persiapan anda dalam melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan. 

Perekrutan ini tidak dipungut biaya apapun dengan kata lain gratis. Jadi, bila anda ditarik pungutan biaya sudah dipastikan itu hanya oknum yang mengatasnamakan Kemensos. Nah, bila telah melalui tahap seleksi dan pahitnya anda tidak lolos, sebaiknya terima dengan Anda terima dengan lapang dada karena keputusan penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Demikian tadi beberapa insformasi mengenai cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial. Info lebih lengkap dapat anda kunjungi di website resmi Kementerian Sosial. Anda dapat membaca lebih lengkap dan juga informasi yang lebih hangat mengenai pendaftaran CPNS Kemensos. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dan selamat berjuang. Pendaftaran CPNS Kemensos dilakanakan melelalui situs cpns.kemensos.go.id.
GET IT ON Google Play