Cara Pendaftaran CPNS BPPT.go.id 2017/2018

BPPT.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Badan (BPPT) 2017/2018 pengkajian dan penerapan teknologi atau BPPT membuka lowongan CPNS yang akan ditugaskan di beberapa wilayah kerja, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Serpong, Bali, Surabaya, dan Lampung. Cara pendaftaran CPNS badan pengkajian dan penerapan teknologi bisa diikuti untuk pelamar yang memenuhi kualifikasi atau syarat pendaftaran. 

Posisi jabatan yang sedang membutuhkan adalah perekayasa pertama. Terdapat banyak unit kerja penempatan dalam jabatan tersebut yang bisa pendaftarannya bisa diikuti oleh lulusan sarjana, pascasarjana, hingga doktoral. Berikut adalah beberapa informasi penting mengenai lowongan atau pendaftaran CPNS di lingkungan BPPT.


Cara Pendaftaran CPNS BPPT 2017/2018

Terdapat beberapa padan dan formasi seperti pada unit kerja yang sedang membuka formasi apa saja untuk yang belum mengetahui disini kami akan memberikan informasi mengenai Formasi CPNS di BPPT yang sedang dibuka secara online untuk lebih jelas berikut kami beriakn beberapa informasi lengkapnya seperti berikut dapat dilihat melalui situs resmi https://sscn.bkn.go.id/pengumuman_pendaftaran2. Kemudian pilih BPPT.


Persyaratan dan Pendaftaran Lowongan CPNS BPPT

Untuk posisi kerja dan kualifikasi pendidikan dapat dilihat di situs resmi BPPT. Selain syarat pendidikan, terdapat beberapa syarat lain seperti syarat-syarat berikut.


1. Kualifikasi Pelamar

Untuk pelamar pada formasi khusus cumlaude atau lulusan terbaik adalah lulusan dari perguruan tinggi akreditasi A atau unggul, begitu juga dengan program studi yang harus memiliki akreditasi A dari BAN PT. Lowongan di BPPT ini juga membuka pendaftaran untuk formasi khusus untuk pelamar yang menyandang disabilitas. 

Pendaftar dengan kebutuhan khusus hanya untuk lowongan pada formasi penyandang disabilitas dengan kriteria dapat melaksanakan tugas meliputi tugas mengetik, menganalisa, menyampaikan ide, dan juga berdiskusi. Sedangkan untuk lowongan dengan formasi putra/ putri Papua hanya diperuntukkan bagi pelamar yang memiliki darah asli Papua  dan mengenyam pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tingkat atas di sekolah Papua.


2. Syarat Pelamar dan Pendaftaran

Pendaftaran dibuka untuk seluruh warga negara Indonesia yang bertakwa dan taat pada Pancasila, Undang-undang Dasar 45, serta NKRI. Bukan pegawai BUMN/ BUMD, pegawai negeri sipil atau calon PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, pegawai swasta yang diberhentikan tidak hormat atau pun yang diberhentikan dengan hormat karena mengundurkan diri dari jabatan tersebut. Bagi calon atau pun PNS, anggota TNI/ POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas tidak diperbolehkan mengikuti cara pendaftaran CPNS badan pengkajian dan penerapan teknologi ini. 

Syarat pelamar juga bukan merupakan mantan narapidana yang pernah melakukan kejahatan pidana dan mendapat vonis 2 tahun penjara atau lebih. Pendaftar bukan anggota atau pun pengurus dari partai politik. Memiliki badan sehat secara jasmani dan rohani, serta bukan buta warna. Tidak mempunyai tindik di tubuh yang di luar dari ketentuan adat atau agama. Pelamar tidak boleh mempunyai tato atau pun bekas tato di seluruh bagian tubuhnya. 

Pendaftaran dibuka untuk warga negara yang bebas dari Narkoba atau pun NAPZA dan tidak memiliki ketergantungan dari dua barang terlarang tersebut. Syarat terakhir adalah pelamar bersedia untuk ditempatkan sesuai wilayah tugas yang didapatkan di seluruh Indonesia.


3. Kualifikasi pendidikan untuk pelamar

Pelamar dari perguruan tinggi dengan program studi berakreditasi A dari BAN PT harus memiliki IPK minimal 3,00 untuk lulusan sarjana, 3,25 untuk pascasarjana, dan 3,50 untuk doktor. Bagi pelamar yang lulus dari sebuah perguruan tinggi dengan program studi akreditasi B, syarat nilainya adalah IPK paling rendah 3,50 untuk lulusan S1, S2, maupun S3. Kriteria nilai untuk pelamar yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi seperti UGM, ITB, IPB, UI, ITS, Undip, Unai, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin, dan UNY adalah IPK minimal 2,75. 

Khusus bagi pelamar di formasi Putra/ Putri Papua syarat nilainya adalah IPK paling rendah 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi. Untuk pelamar yang mempunyai ijazah universitas atau perguruan tinggi dari luar negeri, ijazahnya harus diakui dan disetarakan oleh Kemenristekdikti. Untuk lulusan luar negeri yang tidak mempunyai IPK wajib melampirkan fotokopi transkip nilai dalam bahasa Inggris.


4. Umur dan pengalaman pelamar

Bagi pendaftar lowongan CPNS BPPT lulusan sarjana, umur maksimal per 1 Desember 2017 adalah 27 tahun.  Sedangkan untuk S1 yang memiliki pengalaman kerja 2 tahun, syarat untuk mengikuti cara pendaftaran CPNS badan pengkajian dan penerapan teknologi usia maksimalnya hingga 30 tahun per 1 Desember 2017. 

Untuk pelamar yang merupakan lulusan pascasarjana usia per 1 Desember 2017 maksimalnya adalah berusia 30 tahun, kecuali untuk yang sudah memiliki pengalaman kerja 3 tahun, batas usia maksimal pelamar adalah 33 tahun per tanggal yang sama. Khusus untuk pelamar dari lulusan program doktor atau S3 batas usia maksimal per 1 Desember 2017 adalah 33 tahun.


5. Jadwal dan tahapan seleksi

Untuk Anda yang tertarik mendaftar lowongan ini bisa melakukan registrasi online dari tanggal 11 hingga 25 September 2017. Pendaftaran online dilakukan melalui situs sccn.bkn.go.id dengan mengisi form pendaftaran dan mengunggah berkas persyaratan pendaftaran. Anda bisa masuk untuk mendaftar online dengan menggunakan nomor induk kependudukan atau NIK yang ada pada KTP atau kartu keluarga. 

Pengumuman hasil seleksi berkas dapat dilihat di menpan.go.id dan juga di situs resmi badan pengkajian dan penerapan teknologi atau BPPT di bppt.go.id. Berkas untuk pendaftaran meliputi surat lamaran, KTP asli, surat keterangan domisili khusus bagi yang tinggal di luar alamat KTP, ijazah dan transkip nilai yang dilegalisir, surat pernyataan yang bisa Anda unduh dari sccn.bkn.go.id, pas foto ukuran 3 X 4 cm dengan warna background merah. 

Daftar riwayat hidup juga masuk dalam berkas cara pendaftaran CPNS badan pengkajian dan penerapan teknologi. Bagi pelamar yang lolos seleksi berkasnya akan lanjut ke tes kompetensi dasar dan beberapa tes lain. Terdapat tes kompetensi bidang dan wawancara untuk tahapan seleksi.

Demikian beberapa informasi seputar lowongan CPNS di lingkungan BPPT. Cara pendaftaran CPNS badan pengkajian dan penerapan teknologi bisa berubah waktu pelaksanaannya. Jadi, sebaiknya untuk Anda yang tertarik mendaftar terus melakukan pengecekan di situs resmi BPPT. Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran CPNS sudah dijelaskan bahwa pendaftaran akan dilaksanakan melalui situs sscn.bkn.go.id dan BPPT.go.id terima kasih selamat mencoba.
Sekolah Pramugari