Cara Pendaftaran CPNS LIPI 2017/2018

CPNS.LIPI.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2017/2018 Berbagai  informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di berbagai media baik media elektronik ataupun media cetak sudah marak sekali diperbincangkan di berbagai kalangan apalagi oleh para fresh graduate yang masih menentukan tempat berlabuh untuk bekerja.

Nah, beberapa formasi CPNS bisa segera Anda akses sehingga sejak dari sekarang Anda bisa memutuskan formasi mana yang akan Anda ambil karena pada ketentuan umum, calon pendaftar hanya diperbolehkan mendaftar di salah satu formasi jabatan dan hanya pada satu instansi kementerian. Jadi tidak mungkin sekali dalam waktu bersamaan Anda mendaftar di dua instansi.


Cara Pendaftaran CPNS LIPI 2017/2018

Semua instansi pemerintahan sudah tentu membuka formasi CPNS untuk tahun 2017 yang tentunya dengan jumlah kuota yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan tiap instansi. Beberapa informasi yang menyesatkan bahkan adanya oknum gelap yang menjanjikan memudahkan berbagai kemudahan dalam lolos setiap tahap seleksi dengan meminta imbalan atau sejumlah uang yang harus segera Anda hindari karena hal tersebut sudah dipastikan penipuan.

Nah, pada kesempatan kali ini secara langsung kami akan membagi sedikit informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Beberapa formasi yang dibutuhkan oleh LIPI meliputi peneliti ahli pertama, peneliti ahli muda, dan assessor untuk SDM pertama. Jika formasi tersebut sesuai dengan keinginan Anda maka secara langsung Anda dianjurkan untuk segera mempersiapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk menjalani alur seleksi sebagai CPNS.

Dengan jumlah total 175 formasi tentunya dengan detail dan kualifikasi pendidikan yang berbeda-beda sehingga informasi mengenai hal-hal tersebut dilengkapi dengan penempatan masing-masing setiap formasi di lama resmi http://cpns.lipi.go.id Beberapa kriteria tentunya dijelaskan secara rinci pada setiap informasi cara pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yaitu kebutuhan jabatan bagi kriteria


Cumlaude, 

Untuk kriteria cumlaude dibuktikan dengan melampirkan surat keterangan Cumlade dari beberapa kriteria lulusan perguruan tinggi akreditasi A dan memiliki akreditasi A pada program studi.


Disabilitas, 

Untuk kriteria disabilitas hanya beberapa pelamar saja yang bisa mendaftar yaitu yang memiliki keterbatasan di kaki atau tungkai atas atau tungkai bawah. 


Putra dan putri Papua, 

Untuk kriteria putra dan putri Papua harus menamatkan SD, SMP, SMA di wilayah papua atau papua barat dengan membuktikannya melalui fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir atau memiliki garis keturunan bapak berasal dari papua atau papua barat dengan  menunjukkan KTP dari bapak atau dengan menunjukkan surat keterangan hubungan keluarga.


Umum. 

Dari setiap kriteria tersebut tentunya memiliki ketentuan yang berbeda-beda yang membuktikan bahwa Anda termasuk dalam kriteria tersebut. Diluar dari 3 katagori tersebut berarti peserta masuk dalam katagori umum.


Persyaratan Umum untuk Daftar CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Beberapa persyaratan umum yang tercantum pada cara pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia hampir sama dengan persyaratan umum untuk instansi pemerintah yang lainnya. Untuk tata cara pelaksanaan CPNS LIPI meliputi:
  1. Sudah melakukan registrasi pendaftaran secara online dan mengunggah beberapa dokumen yang sudah diisyaratkan pada laman resmi https://sscm.bkn.go.id
  2. Melakukan registrasi secara online kembali melalui laman portal resmi https://cpns.lipi.go.id.

Beberapa tahap seleksi sudah tentu harus dapat Anda tempuh dengan beberapa catatan. 

  1. Pertama, SKD atau sering disebut dengan seleksi kompetensi dasar ini menggunakan sistem yang disebut dengan sistem CAT. Jadi sebelum Anda melaksanakan ujian seleksi, Anda dianjurkan untuk memahami bagaimana proses tes dengan menggunakan sistem tersebut sehingga Anda tidak akan kebingungan ketika ujian. Jika Anda ingin mempelajari beberapa kisi-kisi yang sekiranya diujikan dapat secara langsung mengakses melalui laman simulasi CAT.
  2.  Kedua, setiap pelamar sebagai CPNS memiliki kewajiban untuk mematuhi seluruh ketentuan yang sudah ditetapkan. 
  3. Ketiga, pelamar harus melampirkan semua dokumen dengan asli. Maksudnya tidak diperbolehkan adanya pemalsuan data dan lain-lain. jika di kemudian hari ternyata calon pelamar tersebut terbukti telah memberi data yang ternyata tidak sesuai dengan kenyataan atau bahkan secara sengaja memanipulasi data maka akan diberhentikan secara langsung baik pada tahapan  seleksi atau ketika sudah resmi diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. 
  4. Keempat, pelamar yang sudah dinyatakan telah lulus harus segera melampirkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk kepengurusan dan penetapan NIP pada batas tanggal yang sudah ditentukan. Apabila sampai pada tanggal terakhir pengumpulan berkas pelamar belum juga mengumpulkan maka pelamar tersebut dianggap sudah mengundurkan diri. 
  5. Kelima, calon pelamar dihimbau secara tegas untuk tidak mempercayai beberapa pihak atau oknum tertentu (calo) yang memberikan janji meluluskan pelamar terkait karena proses seleksi CPNS dilaksanakan dengan murni tanpa campur tangan pihak tertentu. 
  6. Keenam, panitia seleksi CPNS tidak membuka pelayanan komunikasi dengan bentuk apapun sehingga pelamar diharuskan memantau secara rutin informasi mengenai CPNS di media sosial. 
  7. Ketujuh, informasi mengenai formasi, kriteria pendidikan, kriteria jabatan, alokasi, syarat-syarat yang harus dipenuhi. Tahap seleksi, sistem lulus, bahkan sampai dengan tanggal dan jadwal bisa diakses di laman resmi cara pendaftaran CPNS Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. 
  8. Kedelapan, untuk melihat berbagai informasi mengenai lamaran CPNS bisa secara langsung mengakses laman resmi http://cpns.lipi.go.id.

Ada banyak hal penting yang memang dari sejak sekarang harus Anda persiapkan sehingga ketika tanggap pendaftaran resmi sudah tiba, Anda sudah siap untuk melakukan pendaftaran secara online dan mengunggah beberapa dokumen resmi yang dibutuhkan. Setelah itu Anda dapat mempelajari berbagai kisi-kisi CPNS dan beberapa materi mengenai program studi yang Anda ambil karena nantinya juga akan diadakan ujian kompetensi dasar sehingga secara tidak langsung Anda harus menguasai berbagai bidang ilmu sesuai dengan konsentrasi jurusan Anda.

Itu bagi yang ingin mencoba simulasi namun kontes informasi yang diberikan pada kali ini hanya akan fokus pada Pendaftaran CPNS LIPI saja hal ini sudah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku oleh masing-masing, demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi terkait dengan Pendaftaran CPNS LIPI lainnya selama mencoba.
GET IT ON Google Play