SSCASN.BKN.go.id : Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan 2024/2025


SSCASN.BKN.go.id : Pendaftaran Online Sekolah Kedinasan 2024/2025 - Kenapa kita harus ikut seleksi sekolah ikatan dinas ? Jawabannya sudah jelas jaminan sebagai CPNS dan mendapatkan gelar setara program vokasi (Diploma I,II,III,IV) artinya golongan setelah mengenyam pendidikan kedinasan akan disesuaikan dengan pendidikan yang diikuti. Bagaimana apakah tertarik mengikuti seleksi sekolah kedinasan ?

Ratusan ribu pelajar setiap tahun berloma-lomba memperebutkan kuota formasi Politeknik Ikatan dinas, karena alasan tersebut, tidak harena jika sejak jauh-jauh hari sudah mencari info kapan pendaftaran sekolah ikatan dinas dibuka, hanya saja pada saat kita mengakses situs-situs resmi dari masing-masing sekolah kedinasan terkadang tidak bisa diakses.


Hal itu wajar terjadi karena berdasarkan pengalaman tahun lalu jika belum ada bukaan situs resmi sekolah kedinasan masih dalam persiapan, bahkan belum bisa diakses, persiapan pembukaan biasanya memakan waktu cukup lama karena menunggu keputusan Kemenpan RB. Jika sudah resmi diumumkan semua situs Sekolah Kedinasan, Politeknik Kedinasan, dan Institut Kedinasan pasti bisa diakses.

Agar tidak ketinggalan informasi kita bisa memantau situs resmi Kemenpan RB atau mengecek jadwal pendaftaran sekolah kedinasan tahun lalu, biasanya tidak banyak perubahan dari mulai awal tahun hingga pertengahan tahun. Setiap tahun penerimaan taruna/i baru melalui skema sekolah ikatan dinas selalu dibuka hanya saja yang membedakan kuota penerimaannnya kadang banyak kadang sedikit.

Sebagai salah satu program unggulan untuk memenuhi kebutuhan ASN di lembaga tertentu kita tidak boleh ketinggalan informasi, pemerintah melalui BKN memusatkan pendaftaran Sekolah Ikatan dinas melalui satu portal yaitu SSCASN.BKN.go.id dari website inilah kita bisa mengetahui apakah pendaftaran sudah dibuka atau belum.

Namun apabila tidak bisa diakses artinya belum ada bukaan, fokus pembahasan kita kali ini yaitu membahas mengenai situs sscasn.bkn.go.id mulai dari kapan pendaftaran hingga prosedur pendaftaran yang harus dilakukan jika ingin mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas. Bagi rekan-rakan yang sudah pernah mengikuti seleksi tahun lalu maka tidak perlu bingung karena biasanya mekanisme pendaftaran tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya.

Adapun beberapa hal yang harus kalian persiapkan agar bisa mengikuti seleksi sekolah ikatan dinas diantanya memenuhi persyaratan sebagai calon Taruna/i sekolah kedinasan diantaranya sebagai berikut :


Persyaratan Umum
  1. Lulusan SMA/SMK/MA sederajat tanpa terkecuali.
  2. Memiliki Ijasah bagi lulusan tahun sebelumnya dan bagi calon taruna/i lulusan tahun ini memiliki SKHU/Surat Keterangan Lulus dari sekolah.
  3. Usia Masuk batas minimun dan tidak melewati batas maksimun usia yang boleh ikut seleksi sekolah kedinasan (Batasan umur tergantung masing-masing sekolah kedinasan) untuk lebih jelas bisa langsung mengakses situs resmi sekolah kedinasan.
  4. Calon Taruna/i hanya di perbolehkan memilih 1 sekolah kedinasan dengan 1 program studi.
  5. Sistem seleksi menggunakan pola sistem gugur.
  6. Mengikuti pendaftaran, lulus adminstrasi dan melengkapi persyaratan.
  7. Persyaratan khusus dapat dilihat melalui situs SSCASN.BKN.go.id kemudian pilih menu Sekolah Kedinasan.
  8. Mengikuti semua tahapan tes.

Untuk proses pendaftaran sekolah kedinasan dibagi menjadi beberapa tahapan, bagi yang belum paham berikut kami berikan informasi tambahan dikutip dari situs resmi SSCASN.BKN.go.id


Buat Akun SSCASN
  • Kunjungi situs resmi SSCASN.BKN.go.id kemudian pilih menu Sekolah Kedinasan.
  • Kalian akan diarahkan menuju link pendaftaran, silahkan lik menu "Daftar".
  • Tahap awal yang harus dilakukan mengisi form pembuatan akun dengan memasukan data lengkap, seperti No KTP, No KK, Nama, Email, buat Password dan lainnya jika sudah kirim data.
  • Kalian akan menerima email kompirmasi.
  • Setelah berhasil membuat akun langkah selanjutnya adalah kembali ke situs SSCASN untuk login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat.

Login SSCASN
  • Buka situs sscasn.bkn.go.id tahap selanjutnya pilih menu Login, isi NIK dan password yang sudah dibuat.
  • Pilih salah satu Sekolah Kedinasan, Politeknik kedinasan, atau Institut Kedinasan hanya boleh memilih satu saja.
  • Isi Biodata sesuai dengan identitas.
  • Lengkapi semua data yang masih kosong, pastikan kirim data jika sudah diisi.
  • Sedikit tambahan informasi kalau bisa jangan terlalu lama pada saat mengisi data biasanya kalau terlalu lama sambungan internet otomatis terputus akibatnya data yang sudah diisi tidak tersimpan dan kalian harus mengisi ulang.
  • Kirim data.
  • Cetak Resume Pendaftaran SSCASN dan Cetak Bukti Pendaftaran.

 Buka Situs Sekolah Kedinasan
  • Setelah proses pengisian data di situs SSCASN selesai tahap berikutnya kalian harus mengujungi situs resmi sekolah kedinasan yang telah dipilih.
  • Cari link pendaftaran, silahkan login menggunakan akun SSCASN.
  • Isi data yang masih kosong, jangan lupa jika ada file upload persyaratan harus diupload sesuai dengan ketentuan dari mulai ukuran format dan lainnya.
  • Harap berhati-hati dalam pengisian data karena data yang sudah diisi tidak bisa diperbaiki, hal itu biasanya menyebabkan kita tidak lulus adminstrasi.
  • Setelah proses pengisian data selesai jangan lupa kirim, tinggal menunggu hasil seleksi adminstrasi saja.

Pembayaran Uang Pendaftaran
  • Kapan kita harus membayar uang pendaftaran ? Setelah dinyatakan lulus seleksi adminstrasi, untuk mengecek apakah lulus atau tidak tinggal login ke situs pendaftaran sekolah kedinasan yang sudah dipillih.
  • Apabila lulus akan muncul Kode Pembayaran silahkan bayar melalui bank yang telah ditunjuk sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Kompirmasi Pembayaran
  • Beberapa Sekolah Kedinasan mengharuskan kita untuk melakukan kompirmasi pembayaran secara manual.
  • Jika pembayaran berhasil di verifikasi oleh panitia, bisa langsung melakukan cetak kartu ujian.

Cetak Kartu Ujian
  • Silahkan donwload kartu ujian yang ada di situs pendaftaran sekolah kedinasan.
  • Jangan lupa untuk print out kartu.
  • Dari kartu itulah terdapat jadwal awal seleksi yang harus diikuti.
  • Untuk jadwal lengkap dapat mengakses situs sekolah kedinasan masing-masing.

Seleksi
  • Sistem seleksi menggunakan sistem gugur, bagi yang gagal tidak bisa melajutkan tes berikutnya.
  • Format seleksi dilaksanakan secara sistematis dan berkesinambungan jadi setiap peserta harus mengikuti semua tes yang telah di jadwalkan, kecuali bagi yang sudah tidak lulus.
  • Tes SKD, dan tes lainnya tergantung masing-masing sekolah kedinasan.

Itulah beberapa rangkaian pendaftaran sekolah kedinasan yang sudah kami rangkum, seperti yang sudah dijelaskan diatas untuk seluruh calon taruna/i diharapkan tidak melakukan kesalahan dalam input karena tidak ada fasilitas untuk memperbaiki data yang salah, bila terdapt data yang salah maka tidak lulus seleksi adminstrasi.

Persiapkan dari jauh-jauh hari, pantau terus situs resmi SSCASN agar tidak ketinggalan informasi, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat, bagi para pembaca web ini admin doakan semoga lulus sekolah kedinasan tahun ini amin. Apabila kalian menemukan informasi yang berbeda dari situs resmi maka yang digunakan sebagai referensi situs resmi.