Cara Pendaftaran E-CPNS.Kemlu.go.id 2017/2018

E-CPNS.Kemlu.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri Tahun (Kemlu) 2017/2018 menjadi tahun ajaib bagi para lulusan ahli madya, sarjana, bahkan beberapa jenjang yang lebih tinggi lainnya untuk mendaftar sebagai CPNS di beberapa instansi pemerintahan. Beberapa persiapan yang matang sudah tentu harus Anda persiapkan sebaik mungkin. 

Sistem yang digunakan adalah sistem online sehingga sejak awal pendaftaran Anda harus teliti karena sistem tidak dapat memaklumi kesalahan Anda. banyak sekali instansi pemerintahan yang kemudian membuka formasi secara besar-besaran di beberapa jabatan. Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas mengenai tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri yang mungkin bisa dijadikan sebagai tambahan informasi.

Cara Pendaftaran CPNS Kemlu 2017/2018

Banyaknya PNS yang pensiun tiap tahunnya dan adanya beberapa kekurangan PNS di beberapa jabatan menyebabkan Kementerian Luar Negeri atau yang sering disebut sebagai Kemlu masih membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2017 ini. Pengumuman penerimaan dan tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri diperkirakan akan dibuka bukan September.

Formasi yang dibuka pun sangat bervariasi tergantung dengan lulusan serta kriteria yang dibutuhkan oleh masing-masing instansi. Formasi jabatan yang dibuka di kemeterian luar negeri salah satunya adalah jabatan tenaga teknis. Untuk lebih jelas berikut kami akan memberikan beberapa informasi terkait dengan jabatan yang sedang dibuka untuk lebih jelas seperti berikut ini.

Formasi CPNS Kemlu
  1. Jabatan Fungsional Diplomat Pertama. 
  2. Jabatan Fungsional Auditor Ahli Pertama.

Dapat diikuti oleh lulusan S1 dan S2 Hukum, Ekonomi, Sastra, Ilmu Politik, sampi dengan Ilmu Keperintahan. Sesuai dengan keputusan panitia penerimaan CPNS diharapkan bisa menjadi salah satu kabar baik yang sudah ditunggu sejak lama, hanya saja untuk bisa mengikuti pendaftaran CPNS Kemlu juga harus memenuhi syarat lain tidak hanya sebagai lulusan saja tetapi juga lainnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pendaftaran secara online, Anda dianjurkan untuk mendownload secara online formasi yang dibuka dan kualifikasi jurusan yang sekiranya dibutuhkan sehingga jika ternyata jurusan Anda tidak sedang dibutuhkan, Anda bisa mencoba mendaftarkan diri Anda di beberapa instansi pemerintahan yang sekiranya sesuai dengan konsentrasi dan jurusan Anda semasa sekolah ataupun kuliah.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri adalah sebagai berikut.
  1. Tahapan seleksi yang harus Anda tempuh sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian Luar Negeri yaitu seleksi administrasi, mencetak kartu pendaftaran yang dilakukan secara online, melakukan verifikasi data secara online. Jika Anda lolos seleksi berkas, maka secara otomatis Anda akan mendapatkan Kartu Nomor Ujian dan menunggu jadwal dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB. Sambil menunggu jadwal ujian, Anda dianjurkan untuk mempelajari kisi-kisi yang sekiranya keluar pada saat ujian sehingga sudah tentu persiapan yang Anda lakukan akan semakin matang dan menghasilkan sesuatu hal yang sudah tentu memuaskan.
  2. Pengumuman dan informasi resmi mengenai penerimaan dan cara pendaftaran  CPNS Kementerian Luar Negeri akan dimuat di beberapa laman resmi seperti website Menpan, sscn.bkn, Panselnas, dan website resmi dari Kemlu atau Kementerian Luar Negeri secara langsung.
  3. Penggunaan sistem CAT dianggap sebagai salah satu sistem yang cukup sukses digunakan untuk seleksi CPNS pada tahun-tahun sebelumnya sehingga diduga tahun 2017 ini masih tetap menggunakan sistem CAT dalam proses seleksinya. Masyarakat sudah tentu juga akan mendukung keberadaan sistem ini karena memberikan berbagai kemudahan.
  4. Jadwal ujian untuk TKD dan TKB CPNS Kementerian Luar Negeri  pada tahun 2017 dengan penggunaan sistem CAT tadi akan diumumkan secara resmi melalui laman website Kementerian Luar Negeri yang dapat diakses secara langsung melalui surel sscn.bkn.go.id yang selanjutnya akan disampaikan juga informasi mengenai pengumuman hasil ujian. Nama-nama yang tertera akan melanjutkan proses seleksi berikutnya sampai dengan tahap pemberkasan.
  5. Beberapa informasi penting sebenarnya perlu Anda ketahui salah satunya adalah sebelum formasi CPNS Kementerian Luar Negeri ditetapkan oleh Menpan, Kemlu akan mengusulkan terlebih dahulu beberapa usulan formasi sehingga nanti secara jelas akan diketahui formasi pada jabatan apa yang membutuhkan PNS yang baru.

Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri bisa segera diakses seca online melalui beberapa website resmi seperti  melalui www.sscn.bkn.go.id . Beberapa persyaratan umum juga harus Anda penuhi dan persiapkan mulai dari sekarang agar lolos di tahap seleksi. Berikut beberapa persyaratan CPNS 2017 yang harus Anda penuhi.
  1. Pelamar adalah Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Tidak pernah melakukan pidana atau terlibat dalam hukum pidana mana pun
  3. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat ketika bekerja di suatu tempat lembaga atau instansi
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS
  5. Memiliki jasmani dan rohani yang sehat
  6. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun
  7. Telah memenuhi kualifikasi yang sesuai dengan syarat yang ditetapkan oleh Kemenlu Indonesia
  8. Tidak dan belum pernah menggunakan obat-obatan yang termasuk ke dalam golongan Narkotika
  9. Bersedia tidak mengundurkan diri selama Diktat SEKDILU dan menjalani ikatan dinas selama  5 tahun setelah melalui diklat
  10. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain oleh pemerintah termasuk di wilayah negara yang rawan politik, ekonomi, maupun keamanan.

Beberapa unit kerja dari instansi Kementerian Luar Negeri yang membuka formasi CPNS meliputi Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler, Direktorat Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik, Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional, Direktorat Jenderal Kerja Sama Multilateral, Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa, dan Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika. 

Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri pelaksanaan seleksi dilakukan dengan sistem gugur, yaitu jika pelamar lulus di tahapan pertama maka kemudian akan dilanjutkan ke tahapan berikutnya. Kelulusan tahapan seleksi dinilai melalui passing grade kecuali pada seleksi uji kemampuan berbahasa inggris, pemeriksaan psikologi, dan pemeriksaan kesehatan yang ditempuh oleh pelamar. Pastikan Anda mempersiapkan semuanya dari sekarang agar bisa tembus tes CPNS.
GET IT ON Google Play