Cara Pendaftaran CPNS.LAN.go.id 2017/2018

CPNS.LAN.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara (LAN) 2017/2018 Tata cara pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara adalah hal yang sedang hangat diperbincangkan. Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS mungkin menjadi hal yang sangat diidam-idamkan oleh beberapa kalangan. Hal ini dikarenakan kelangsungan hidup di masa tua sudah tentu dijamin oleh negara. Banyak sekali hal-hal yang sudah dipersiapkan menjelang pembukaan formasi CPNS tiap tahunnya. 

Setiap tahun pula puluhan ribu orang berperang semaksimal mungkin untuk bisa lolos tes CPNS sesuai dengan formasi kriteria jurusan yang sudah diinformasikan secara detail melalui laman resmi pada setiap kementerian. Terdapat puluhan instansi yang kemudian membutuhkan PNS baru karena memang beban kerja instansi yang semakin berat serta disebabkan karena beberapa posisi kosong dikarenakan banyak yang pensiun. 

Cara Pendaftaran CPNS.LAN.go.id 2017/2018


Hal ini memberikan kesempatan kepada banyak orang terutama fresh graduate untuk berjuang memperebutkan kursi di beberapa instansi, salah satunya Lembaga Administrasi Negara. Nah, pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas sedikit informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara.

Persyaratan umum untuk seleksi CPNS Lembaga Administrasi Negara diadakan sama dengan instansi lainnya sehingga beberapa persyaratan khusus yang mungkin harus Anda penuhi untuk dapat menjalani beberapa seleksi yang ada adalah sebagai berikut :
  1. pelamar berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun per tanggal 5 september tahun 2017; 
  2. lulus dari Perguruan Tinggi Negeri/ Luar Negeri/ Swasta dengan IPK paling rendah 3,00 dari skala nilai 4; 
  3. program studi dari Perguruan Tinggi Negeri ataupun swasta tersebut memiliki akreditasi minimal B atau sangat baik dari BAN-PT pada saat kelulusan atau saat ijazah pelamar dikeluarkan dengan keterangan tertulis di ijazah atau melalui surat keterangan yang didapatkan dari fakultas; 
  4. melampirkan data akreditasi untuk program studi yang sudah tercantum dalam ijazah atau pada surat keterangan tentang akreditasi untuk program studi pelamar yang berasal dari BAN-PT.

Selanjutnya untuk cara pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara meliputi 
  • mendaftarkan diri secara online sebagai CPNS di Lembaga Administrasi Negara dengan mengunggah beberapa dokumen wajib yang sudah diisyaratkan pada laman resmi https://sscn.bkn.go.id dengan cara memasukkan NIK atau nomor induk dalam keluarga yang tercantum pada KTP atau pada Kartu Keluarga (KK), 
  • pelamar akan mendapatkan username dan juga password yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi beberapa data pada aplikasi pendaftaran secara online mulai 11 september sampai dengan 25 september tahun 2017 setelah melakukan pendaftaran pada laman Panselnas, 
  • beberapa dokumen wajib yang harus di upload seperti KTP, Transkrip nilai akademik, pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak, ijazah pada laman resmi https://cpns.lan.go.id, 
  • pelamar hanya diperbolehkan memilih salah satu formasi jabatan pada satu instansi yang tentunya berdasarkan kriteria kebutuhan kualifikasi lulusan pendidikan yang sesuai dengan pelamar, 
  • panitia untuk seleksi CPNS tidak menerima komunikasi dalam bentuk apapun mengenai CPNS sehingga pelamar harus rajin memantau laman resmi karena semua informasi akan selalu disampaikan melalui lama resmi pada setiap instansi.

Pelaksanaan seleksi sebagai salah satu cara pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara yaitu terdiri dari beberapa seleksi yaitu sebagai berikut.


1) Seleksi administrasi

Seleksi administrasi menjadi tahap awal ari serangkaian seleksi CPNS. Pada tahap ini, pelamar melaksanakan registrasi secara online melalui lama resmi. Jika pelamar memenuhi kriteria administratif dan sesuai dengan ketentuan makan kemudian nama pelamar akan tercantum di dalam daftar nama-nama lolos seleksi administratif yang dapat dilihat di laman resmi https://cpns.lan.go.id. KTPU atau kartu tanda sebagai peserta ujian bisa langsung dicetak oleh pelamar jika telah dinyatakan lulus seleksi administratif dan melakukan beberapa tahapan selanjutnya yang sudah sesuai ketentuan yang ada yaitu mengecek lokasi tempat ujian akan dilaksanakan.

2) Seleksi kompetensi dasar atau SKD


Seleksi kompetensi dasar ini menggunakan sistem CAT atau singkatan dari Computer Assisted Test sehingga Anda harus mempelajari bagaimana cara menggunakan dan bagaimana cara kerja sistem tersebut sehingga ketika menjalani ujian Anda tidak merasa kebingungan atau bahkan panik. Setelah pengumuman untuk seleksi administratif sudah keluar, secara otomatis jadwal untuk ujian SKD akan segera diinformasikan juga di laman resmi seleksi CPNS.

3) Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB

Sudah tentu pelamar yang mengikuti seleksi kompetensi dasar adalah pelamar yang lolos pada tahap seleksi administratif dan seleksi kompetensi dasar sehingga inilah seleksi yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pelamar CPNS. Seleksi kompetensi bidang ini terdiri dari beberapa tahap seleksi meliputi seleksi berbahasa inggris dengan bobot penilaian sejumlah 20%, formasi untuk jabatan yang sudah dipilih oleh pelamar dinilai dengan bobot 50%, seleksi wawancara dengan pemberian bobot nilai sebanyak 30%. 

Khusus untuk pelamar yang mendaftar sebagai dosen maka seleksi kompetensi bidang terdiri dari seleksi berbahasa inggris dengan penilaian bobot sebesar 30%, micro teaching atau praktik mengajar di dalam kelas dengan penilaian bobot sebesar 40%, dan terakhir adalah seleksi wawancara dengan pemberian bobot nilai sebanyak 30%.

4) Pengumuman lolos seleksi dan hasil ujian

Akhirnya tata  cara pendaftaran CPNS Lembaga Administrasi Negara sudah hampir selesai. Hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan pelamar yang sudah melaju sampai dengan tahap SKB atau seleksi kompetensi bidang adalah menunggu pengumuman kelolosan CPNS secara resmi yang tentunya dapat diakses melalui laman seleksi CPNS pada http://cpns.lan.go.id

5) Penggunaan sistem gugur pada seluruh tahapan seleksi ini tidak bisa diganggu gugat oleh pihak mana pun karena keputusan dari panitia CPNS adalah mutlak.


Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermnafaat jika anda menemukan informasi yang janggal anda bisa menghubungi call center panitia resmi CPNS Sscn.Bkn.go.id, kami menghimbau agar tetap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia penerimaan CPNS, semua proses pendaftaran CPNS tidak dipungut biaya apapun.
Sekolah Pramugari