Cara Pendaftaran CPNS Bakamla.go.id SMA/SMK/MA 2017/2018

Bakamla.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Bakamla.go.id 2017/2018 Lulusan SMA/SMK/MA Sederajat Yuk! Cari Tahu Cara Pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI Tahun 2017 ini, pemerintah membuka pendaftaran CPNS di  banyak formasi dari banyak nit kerja di berbagai lembaga di Indonesia. Salah satu lembaga yang juga membuka pendaftaran CPNS tersebut adalah Badan Keamanan Laut RI. Bakamla, begitu biasanya nama badan tersebut disingkat adalah badan yang bergerak di bidang keamanan laut termasuk menjaga sumber daya laut dari pencuri yang berasal dari negara lain. 

Walaupun dahulu pernah terdengar kabar bahwa tidak akan dibuka pendaftaran CPNS sampai dengan tahun 2019, nyatanya, kini Badan Kepegawaian Daerah mengumumkan bahwa ada pembukaan pendaftaran CPNS untuk banyak instansi pemerintah termasuk Badan Keamanan Laut. Ada sekitar 17.928 formasi yang siap diisi yang tersebar di berbagai instansi. Cara pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI termasuk salah satu cara pendaftaran CPNS yang banyak dicari karena membuka pendaftaran dengan cukup banyak formasi dari berbagai latar belakang pendidikan.

Cara Pendaftaran CPNS Bakamla.go.id 2017/2018

Sebenarnya, pada awal bulan Agustus 2017 kemarin, ada dua lembaga yang sudah lebih dahulu membuka pendaftaran CPNS. Dua instansi tersebut adalah kemenkumham dan MA. Setelah adanya pembukaan pendaftaran di dua instansi tersebut, pada tanggal 5 September 2017 yang lalu, secara resmi pemerintah membuka pendaftaran CPNS di 61 instansi pemerintah dengan alokasi jabatan dan penempatan yang sangat beragam serta dengan range pendidikan yang sangat beragam pula. Mulai dari tamatan SMA sampai dengan S2. 

Salah satunya adalah dibuka untuk lulusan SMA sederajat ini kesempatan besar bagi yang lulusan SMA sederajat, untuk bisa mendaftar tentu tidak jauh berbeda dengan kebanyakan lulusan pendaftaran dilaksanakan melalui online, nah sebelum melakukan pendaftaran silahkan terlebih dahulu di cek formasi dan jabatan yang dibuka secara online untuk lebih jelas seperti dibawah ini :


Formasi CPNS Bakamla SMA/SMK/MA Sederajat
  1. Mualim DIV. 
  2. Juru Montor SMA Sederajat. 
  3. Markonis SMA Sederajat. 
  4. Juru Mudi SMK Ilmu Pelayaran Nautika. 
  5. Masinis Kapal DIII Teknika. 
  6. Juru Mesin SMA Sederajat. 
  7. Oiler SMA Sederajat. 
  8. Juru Minyak SMA Sederajat. 
  9. Bosun SMK Ilmu Pelayaran Nautika. 
  10. Bakes DIII Keperawatan. 
  11. Jenang Kapal SMA Tataboga. 
  12. Kerani SMA Sederajat. 
  13. Petugas Penindakan S1 Hukum. 
  14. Petugas Kapal SMA Tataboga. 
  15. Petugas Penindakan S1 Hukum. 
  16. Kalasi SKM Ilmu Pelayaaran Nautik.

Cara pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI memiliki prinsip yang sama dengan pendaftaran CPNS pada umumnya. Untuk penempatan sendiri, Badan Keamanan Laut RI membuka kesempatan CPNS untuk ditempatkan di 3 kapal negara yaitu kapal negara 4801 Batam, 110 Meter batam, dan 4802 Manado. Semua pendaftaran CPNS kini dilakukan secara online, sehingga siapa saja dapat dengan mudah melakukan pendaftaran dari mana saja dan kapan saja dengan mudah tanpa harus mengumpulkan berkas secara manual. 

Kita hanya perlu mengunggah file yang dibutuhkan dan mengisi formulir pendaftaran online sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Begitu pula dengan cara pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI yang juga dilakukan secara online. Adapun situs resmi pendaftaran CPNS dari berbagai lembaga adalah dari situs sscn.bkn.go.id, sedangkan untuk pemberitahuan dan informasi Anda dapat mengaksesnya dari situs tersebut atau mengunjungi langsung situs sscn.bkn.go.id

Kunjungi situs resmi untuk mengetahui informasi secara detail dan mendaftar secara online. Karena pendaftaran dilakukan secara online, maka pendaftaran tentunya tidak dipungut biaya sama sekali. Anda tidak perlu takut untuk mendaftar CPNS karena sebagian seleksi dilakukan secara online, penerimaan CPNS pun akan lebih adil dan jujur.

Seperti halnya pendaftaran CPNS di instansi lainnya, cara pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI juga diawali dengan seleksi administrasi. Seleksi awal ini ditujukan untuk mengetahui apakah pendaftar sudah sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh Badan keamanan laut RI atau tidak. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi terdiri dari persyaratan yang bersifat umum serta persyaratan yang memiliki sifat khusus. 

Persyaratan umum biasanya adalah persyaratan yang sama seperti halnya yang disyaratkan oleh semua instansi yang membuka lowongan CPNS, sedangkan persyaratan khusus adalah persyaratan yang khusus diberikan untuk instansi tertentu agar mereka dapat menyaring orang yang tepat dan sesuai dengan bidang kerja di instansi atau lembaga pemerintah tersebut. Cara pendaftaran CPNS Badan Keamanan Laut RI dibuat dalam beberapa tahap. 

Tahap pertama adalah tahap seleksi administrasi. Pastikan Anda mengirimkan berkas yang sesuai dan mengisi data yang sesuai dengan yang diminta agar Anda dapat lolos seleksi administrasi. Pengiriman data dan berkas kini dilakukan dengan cara online sehingga akan memudahkan Anda dalam melakukan pendaftaran. Waktu yang diberikan juga cukup panjang, sehingga pastikan Anda dapat mengirimkan data yang sesuai dan melengkapi semua berkas dengan benar. 

Lakukan pengunggahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda dapat melakukan pengunggahan dengan ukuran file yang sesuai agar proses pengunggahan dapat berhasil. Dengan melakukan pengunggahan dengan lengkap, Anda dapat submit pendaftaran CPNS dengan baik dan berhasil. Informasi mengenai persyaratan apa saja yang harus dilengkapi dan harus diunggah dapat dilihat pada web resmi BKN. 

Proses pengunggahan juga dilakukan melalui web resmi BKN tersebut. Jangan mengunggah dalam jangka waktu yang mendekati penutupan. Coba unggah pada saat waktu pengunggahan masih lama. Hal ini untuk menghindari situs down atau terlalu sibuk dan padat sehingga Anda tidak dapat melakukan pengunggahan. Hal ini biasanya terjadi pada waktu mendekati hari terakhir.

Setelah melakukan pendaftaran dan mengunggah seluruh syarat administrasi, Anda tinggal menunggu pengumuman. Pengumuman lolos seleksi administrasi biasanya akan diumumkan di web resmi masing-masing instansi. Bagi yang lolos seleksi, Anda dapat melakukan print kartu ujian online pada waktu yang suda ditentukan dan dapat melakukan ujian secara online sesuai dengan waktu yang telah ditentukan pula. Tes awal biasanya merupakan tes dasar yang meliputi kompetensi dasar dengan sistem CAT.

Bagi Anda yang ingin mengikuti tes CPNS pada tahun ini, jangan lupa untuk memikirkan baik-baik instansi mana yang akan Anda masuki. Hal ini karena setiap pendaftar hanya diperbolehkan untuk mendaftar di satu instansi dan satu formasi kerja saja. Anda tidak boleh mendaftar CPNS lebih dari satu formasi. Pikirkan baik-baik mana yang akan Anda pilih dan mana yang memiliki penerimaan yang banyak sehingga kemungkinan Anda untuk lolos lebih besar. Semoga artikel ini bermanfaat. Semoga berhasil! Pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi SSCN.Bkn.go.id.
GET IT ON Google Play