Cara Pendaftaran CPNS BASARNAS.go.id SMA/SMK/MA 2017/2018

Basarnas.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS BASARNAS 2017/2018 SMA/SMK/MA Begini Cara Pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Berbahagialah bagi para pencari kerja, terutama bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi seorang PNS karena pada 6 September 2017 dirilis pengumuman mengenai pendaftaran calon pegawai negeri sipil pada 61 instansi pemerintah yang dilakukan secara serentak. 

Salah satu instansi pemerintah yang juga membuka peluang berkarir sebagai pns adalah Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau biasa dikenal dengan singkatan BASARNAS. Bagi Anda yang berminat, tentunya penting untuk mengetahui bagaimana cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Pasalnya mendaftar sebagai CPNS membutuhkan cukup banyak persyaratan administratif sehingga harus dipenuhi dengan  baik agar bisa lolos tahap administrasi untuk bisa maju ke tahap tes selanjutnya.

Cara Pendaftaran CPNS BASARNAS.go.id 2017/2018


Sebelum kita membahas mengenai cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, jabatan apa saja sih yang tersedia dalam lowongan CPNS BASARNAS kali ini? Untuk pendaftaran CPNS BASARNAS sendiri, dibuka lowongan pada 11 jabatan dengan rincian sebagai berikut:
  1. Jabatan sebagai rescuer pemula untuk tingkat pendidikan SMA/SMK dan menyertakan sertifikat renang
  2. Masinis kelas II untuk kualifikasi D-III (ATT-III) dan Masinis kelas III untuk kualifikasi SMA/SMK
  3. Markonis kelas II danMarkonis kelas III untuk kualifikasi SMK Pelayaran
  4. Bosun/ Serang Kelas II untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK
  5. Kelasi kapal/ Jenang untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK
  6. Juru Mudi kelas II dan juru Mudi kelas III untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK
  7. Teknisi listrik kelas II untuk kualifikasi pendidikan SMK Pelayaran
  8. Juru Masak kelas II untuk kualifikasi pendidikan SMK Pelayaran
  9. Juru Minyak kelas II dan kelas III untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK Pelayaran
  10. Mualim kelas II dan Malim kelas III dengan kualifikasi pendidikan SMA/SMK
  11. Kepala kamar mesin kelas III untuk kualifikasi pendidikan SMA/SMK

Jika Anda tertarik menjadi bagian dari BASARNAS dalam jabatan yang dibutuhkan tersebut di atas, maka pastikan bahwa Anda memenuhi persyaratan sebagai pelamar sebelum melakukan cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Bersumber dari pengumuman resmi yang dikeluarkan BASARNAS, disebutkan syarat-syarat pendaftaran CPNS BASARNAS di antaranya adalah:
  1. WNI yang taat pada Pancasila dan UUD 1945
  2. Sehat jasmani maupun rohani
  3. Usia minimal 18 tahun sampai 35 tahun pada 1 Sept 2017
  4. Catatan khusus bagi pelamar rescuer maka pelamar harus memenuhi kriteria sebagai berikut: Pelamar laki-laki, tinggi min. 165cm berat badan ideal
  5. Pelamar perempuan, tinggi min. 155cm berat badan ideal
  6. Belum menikah dan selama masa diklat CPNS BASARNAS (2 tahun) bersedia untuk tidak menikah
  7. Memiliki sertifikat renang dan memenuhi syarat tes fisik
  8. Memiliki Ijazah SMA/SMK sederajat. Bagi kualifikasi pendidikan DIII harus memiliki ijazah Diploma III dan lulusan dari perguruan tinggi negeri atau swasta yang sudah terakreditasi minimal B dari BAN-PT saat pelamar lulus. Jika berasal dari perguruan tinggi luar negeri maka wajib mendapatkan keterangan penyetaraan dari Kemenristekdikti.
  9. Untuk lulusan SMA sederajat maka nilai rata-rata STTB minimal 7.0, sementara itu untuk lulusan D-III pada program studi akreditasi A memiliki ipk minimal 2.75 dan akreditasi B memiliki ipk minimal 3.0.
  10. Memiliki SKCK atau surat berisi keterangan catatan kepolisian
  11. Bebas NAPZA
  12. Tidak bertato dan bertindik (kecuali anting untuk perempuan)
  13. Bukan calon PNS di instansi lain, pns, anggota POLRI atau TNI, dan tidak memiliki keterikatan kontrak dengan instansi lain
  14. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai PNS, anggota POLRI/ TNI, atau swasta
  15. Bersedia untuk ditempatkan di mana saja sesuai dengan unit kerja yang dipilih dan bersedia untuk mengikuti serta menjalankan proses seleksi yang berlaku

Apabila sudah memenuhi persyaratan tersebut di atas, lalu langkah selanjutnya adalah ikuti tahapan cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Tahapan pendaftaran yang harus dilalui di antaranya adalah:
  1. Pendaftaran online melalui portal resmi sscn.bkn.go.id.
  2. Pendaftaran menggunakan NIK dari KK (Kartu Keluarga) atau KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
  3. Setelah melakukan pendaftaran secara online, maka selanjutnya pelamar melakukan pendaftaran offline dengan mengirim berkas ke PO BOX 1844 JKP 100 18 maksimal diterima pada tanggal 28 September 2017. Berkas yang harus dilampirkan di antaranya adalah surat lamaran, fotocopy KTP, ijazah, transkrip nilai legalisir, pas foto 3x4 berlatar merah 2 lbr, surat pernyataan keaslian dokumen, surat keterangan bebas napza, bukti pendaftaran online yang di unduh setelah pendaftaran online berhasil dilakukan. Berkas tersebut dimasukkan dalam amplop cokelat dan pada kanan amplop dituliskan dengan huruf kapital jabatan yang dilamar dan kualifikasi pendidikan. Sementara pada bagian belakang amplop ditulis nama, alamat, nomor telfon dengan huruf kapital

Itulah informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Bagi Anda yang berminat untuk melamar maka disarankan untuk mengecek situs resmi BASARNAS secara berkala karena jika ada perubahan jadwal atau pengumuman penting lainnya akan diberitakan melalui situs bersangkutan. Informasi lebih lengkap mengenai cara pendaftaran CPNS Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan maupun instansi pemerintahan lainnya juga bisa Anda akses melalui situs www.sscn.bkn.go.id. 

Pendaftaran CPNS ini tidak dipungut biaya, untuk itu pelamar harus benar-benar teliti dalam mendaftarkan diri agar tidak terjebak oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan panitia penerimaan CPNS dan justru menipu calon pns. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca.
GET IT ON Google Play