Cara Pendaftaran Online CPNS.PU.go.id 2024/2025


CPNS.PU.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.PU.go.id 2024/2025 - Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat merupakan kementerian yang memiliki tugas menyelenggarakan dan membidangi semua urusan pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Dipimpin oleh seorang Menteri yaitu Basuki Hadimuljono yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan beberapa fungsi, diantaranya adalah :

Fungsi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijiakan untuk mengelola sumber daya air, menyediakan perumahan dan mengembangkan kawasan pemukiman, penataan bangunan-bangunan gedung, merupakan sistem yang penyedia air bersih dan air minum, mengelola penyelenngaraan jalan, membina jasa konstruksi, mengelola air limbah, drainase lingkungan, serta persampahan;


  1. Koordinasi tentang pelaksanaan berbagai tugas, melakukan pembinaan, dan memberi dukungan bersifat administrasi kepada semua unsur organisasi di lingkungan Kemenpepura;
  2. Mengelola barang milik atau kekayaan Negara yang menjadi wewenang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  3. Melakukan pelaksanaan dan pengawasan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat;
  4. Melakukan bimbingan teknis dan supervisi pada seluruh urusan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di daerah;
  5. Pelaksanaan riset atau penelitian dan pengembangan di berbagai bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat;
  6. Melakukan pengembangan sumber daya manusia pada bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat;
  7. Serta memberikan dukungan yang bersifat substantif ke seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sesuai dengan ketetapan dan perundang-undangan yang berlaku tentang Pegawai Negeri di lingkungan PU, maka kali ini Kementerian tersebut membuka lowongan bagi masyarakat untuk menjadi bagian dari lembaga pemerintahan ini di bagian strata lulusan pasca sarjana (S.2), Sarjana (S.1)/Diploma empat (D.4), dan Diploma tiga (D.3) diperbolehkan untuk mendaftar seleksi CPNS di 

  1. Cara pendaftaran CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dilaksanakan secara online.
  2. Pendaftaran dimulai secara online melalui portal nasional yaitu di website https://sscasn.bkn.go.id sehingga para peserta bisa memiliki akun untuk mendaftar yang resmi.
  3. Dalam melakukan pendaftaran pada portal nasional pelamar menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kepala Keluarga (KK) serta mencantumkan alamat email yang aktif.
  4. Setelah mencetak kartu informasi akun SSCASN, pelamar login ke portal SSCASN dengan NIK dan Password yang telah didaftarkan. Dalam portal SSCASN, pelamar mengisi biodata dan memilih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pilihan instansi. Pelamar hanya diperbolehkan melamar satu lowongan jabatan pada satu kategori formasi.
  5. Kemudian pelamar melakukan pendaftaran pada portal pengadaan PNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di website https://cpns.pu.go.id
  6. Pelamar wajib mengisi formulir pendaftaran online dan mengunggah (upload) dokumen pendukung berupa data digital dengan format jpg/jpeg, ukuran maksimal 70 Kb untuk pas foto berwarna. Dan hasil scan dengan format jpg/jpeg ukuran maksimal 500 Kn untuk Ijazah asli sesuai jenjang pendidikan yang dipersyaratkan pada formasi jabatan yang dilamar. 
  7. Khusus untuk pelamar formasi S.2 harus melengkapi Ijazah asli jenjang Sarjana (S.1)/ Diploma empat (D.4), Transkip nilai asli sesuai ijazah khusus pelamar formasi S.2 harus melengkapi transkip nilai jenjang S.1/D.4, Sertifikat tes kemampuan Bahasa Inggris Asli, Kartu Tanda Penduduk Asli, Kartu Keluarga Asli, dan Surat Pernyataan Asli yang telah ditandatangani di atas materai.
  8. Bagi  pelamar formasi putra/putri Papua dan Papua Barat, mengunggah hasil scan dokumen lainnya seperti Ijazah asli SD, SMP, SMA, Akta Kelahiran Asli, KTP asli Bapak, dan Surat Keterangan Asli dari Lurah/Kepala Desa yang menerangkan memiliki garis keturunan orang tua (Bapak) asli Papua/Papua Barat.
  9. Bagi pegawai Non PNS, mengunggah hasil scan dokumen laiinya, yaitu Surat Keputusan/Surat Perjanjian Kerja tahun yang sudah dicap secara resmi oleh sang atasan.

Nah, itula cara pendaftaran CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Bagi Anda yang akan mengikuti seleksi CPNS, selain harus mengeri bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,

Demikian informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta jadwal seleksinya. Semoga Bermanfaat. Terdapat beberapa informasi yang harus dilengkapi apabila anda ingin mendaftara CPNS PU, ini merupakan kesempatan besar bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi CPNS di Kemeneterian PU dan Perumahan Raykat. Diharapkan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia pelaksanaan Pendaftaran CPNS PU. Terima kasih selamat mencoba.