Cara Pendaftaran CPNS BKKBN.go.id 2017/2018

BKKBN.go.id - Cara Pendaftaran Online Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) 2017/2018 merupakan salah satu lembaga non kementerian yang bertugas menyusun, menyelenggarakan, memfasilitasi dan mengoordinasikan semua kegiatan berkaitan dengan kependudukan dan KB, pada tahun ini pemerintah melalui lembaga ini tengah membuka pendaftaran CPNS yang dibuka untuk umum. Bagi siapa saja bisa ikut mendaftar.

Meski terbuka untuk umum peserta harus memenuhi syarat wajib untuk bisa mendaftar, pelaksanaan akan dilaksanakan melalui online sebelum melanjutkan informasi mengenai pendaftaran CPNS kami akan memberikan ulasan secara rinci tentang profile dari BKKBN sebagai lembaga yang cukup penting ini merupakan kesempatan besar yang tidak boleh dilewatkan untuk lebih jelas berikut informasinya.

Cara Pendaftaran Online CPNS BKKBN 2017/2018


Cara Pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional BKKBN atau Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional merupakan lembaga pemerintahan yang bukan termasuk ke dalam departemen di Indonesia. Lembaga ini berfokus pada pelaksanaan tugas pemerintahan yang berkaitan dengan kesejahteraan dan perencanaan keluarga sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Selain itu, BKKBN juga memiliki fungsi sebagai berikut:
  1. Menyusun dan mengkaji kebijakan nasional yang berkaitan dengan perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia.
  2. Menyelenggarakan pelayanan terpadu dan perencanaan yang berkaitan dengan perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia.
  3. Memfasilitasi pembinaan di organisasi swasta dan organisasi pemerintahan yang berkaitan dengan bidang perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia.
  4. Mengoordinasi semua kegiatan perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia yang dilakukan oleh BKKBN.

Selain memiliki fungsi, BKKBN juga mempunyai wewenang yang harus dilakukan seperti di bawah ini.
  1. Menetapkan sistem informasi terpadu terkait dengan perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia.
  2. Menyusun rencana kegiatan pengembangan perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia,
  3. Merancang kebijakan di bidang perencanaan dan kesejahteraan keluarga Indonesia untuk melancarkan pembangunan di Indonesia.
  4. Merancang kebijakan nasional dan peraturan untuk mengurangi jumlah kematian bayi, anak-anak, dan ibu serta mengendalikan jumlah kelahiran setiap tahun.
  5. Merancang program untuk meningkatkan kualitas keluarga di Indonesia.

Dari fungsi dan wewenang tersebut dapat disimpulkan bahwa BKKBN merupakan lembaga pemerintahan yang penting dalam menyokong kesejahteraan keluarga di Indonesia. Suatu kehormatan tersendiri bagi warga Indonesia yang bisa menjadi bagian dari BKKBN. Oleh karena itu, pada tahun 2017 ada lowongan bkkbn 2017 yang mana BKKBN mengundang putra dan putri terbaik Indonesia untuk menjadi bagian dari BKKBN dan turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas keluarga di seluruh Indonesia. 

BKKBN membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) untuk seluruh warga Indonesia yang memenuhi kualifikasi yang sudah ditetapkan. Tata cara pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional tidaklah rumit. Semua proses pendaftaran dan seleksi dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, proses penerimaan dan seleksi CPNS di BKKBN berjalan jujur dan transparan. 

Hasil yang diterima oleh seluruh CPNS di BKKBN dikarenakan karena kompetensi dan kualitas dari pelamar tersebut. Tidak ada campur tangan pihak internat dan eksternal dalam proses seleksi penerimaan dan seleksi CPNS di BKKBN.

Sebelum membahas lebih lanjut tata cara pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional, perlu diketahui formasi dan kualifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh BKKBN adalah analis, penyuluh, dan penyusun. Ketiga formasi tersebut berkaitan dengan kinerja BKKBN yang fokus dalam peningkatan kualitas dan kesejahteraan keluarga, serta  dalam perencanaan keluarga. Selain itu, ada pula kriteria yang dibutuhkan dari masing-masing formasi yang dibutuhkan di BKKBN, seperti di bawah ini.


Lulusan Terbaik

Lulusan terbaik adalah kriteria pelamar CPNS BKKBN yang lulus dari Perguruan Tinggi dengan gelar cumlaude atau dengan pujian atau lulus dengan IPK di atas 3,50. Hal itu dibuktikan melalui keterangan yang tertera pada surat keterangan lulus, ijazah, atau transkrip nilai akademik. Selain itu, kriteria lulusan terbaik hanya diperuntukkan untuk lulusan Perguruan Tinggi dan Program Studi yang berakreditasi A berdasarkan BAN-PT.


Disabilitas

Disabilitas atau Difabel adalah kriteria pelamar CPNS BKKBN yang berkebutuhan khusus. Namun, pelamar dapat melakukan pekerjaan seperti mengetik, beropini, berpikir kritis, dan berdiskusi.


Putra dan Putri dari Papua dan Papua Barat

Kriteria pelamar CPNS BKKBN yang ini dikhususkan untuk pelamar yang telah menamatkan pendidikan dasar 12 tahun (SD, SMP, dan SMA) di Papua atau Papua Barat. Selain itu, kriteria ini berlaku untuk pelamar yang memiliki garis keturunan Papua atau Papua Barat dari pihak ayah. Hal tersebut dibuktikan dengan surat keterangan yang ditandatangani oleh kepala desa.


Umum

Kriteria umum adalah kriteria yang diperuntukkan untuk pelamar CPNS BKKBN yang tidak termasuk ke dalam tiga kriteria yang sudah disebutkan di atas. Selain itu, kuota umum memiliki jumlah kuota CPNS yang paling banyak.

Tata cara pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional dimulai dengan menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti di bawah ini.
  1. Scan KTP atau Surat Keterangan Rekam Penduduk (dalam format .jpg dan kapasitas tidak melebihi 200 kb)
  2. Scan ijazah terakhir (dalam format .jpg dan kapasitas tidak lebih dari 300 kb)
  3. Scan transkrip nilai akademik (dalam format jpg dan kapasitas tidak lebih dari 300 kb), jika transkrip nilai akademik terdiri dari dua halaman maka dijadikan satu foto, bukan dijadikan file .zip atau .rar
  4. Scan surat lamaran yang dilengkapi materai senilai Rp 6.000,- (dalam format .jpg dan ukuran tidak lebih dari 200 kb)
  5. Scan surat pernyataan yang dilengkapi materai senilai Rp 6.000,- (dalam format .jpg dan ukuran tidak lebih dari 200 kb)
  6. Foto terbaru dengan latar belakang berwarna merah (tidak lebih dari 200 kb)

Tata cara pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional yang selanjutnya adalah mengunggah semua dokumen tersebut ke website SSCN di alamat sscn.bkn.go.id. Namun, pelamar harus membuat akun SSCN terlebih dulu. Yang dibutuhkan untuk membuat akun SSCN adalah NIK KTP, NIK KK, email, dan nomor telepon/HP. 

Setelah akun SSCN jadi, maka lakukan login dengan menggunakan NIK KTP dan password yang sudah dibuat. Kemudian, ikuti semua petunjuk cara pendaftaran CPNS Badan Kependudukan dan KB Nasional. Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa memberikan tambahan informasi untuk anda terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play