Contoh Soal PPPK Guru 2022/2023

Info Penting CPNS

Contoh Soal PPPK Guru 2022/2023 - Hai semua apa kabar, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan latihan soal untuk tes PPPK yang akan diikuti, beberapa soal dibuat berdasarkan sumber publik dan boleh dipublikasi, selain itu pemerintah sudah menetapkan beberapa kisi-kisi soal yang bisa dipelajari melalui link SIMPKB.

Admin sudah merangkumnya untuk digunkana sebagai bahan latihan, diharapkan untuk persiapan tes PPPK yang akan dilaksanakan nantinya selain dapat digunakan untuk belajar soal PPPK, juga bisa untuk latihan materi pedagogiek untuk CPNS, hanya saja materi yang diberikan hanya sebatas materi Pedagogie ya, untuk materi diluar itu belum ditambahkan.

Bagi yang ingin menambah wawasan tes berikut admin akan berikan informasi untuk lebih jelas simak seperti dibawah ini, dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah akan menyelesaikan tenaga PPPK baru kemudian pada tahun berikutnya dibuka untuk tes CPNS, hanya saja saat ini belum. Sembari menunggu tes CPNS, bagi yang mau ikut PPPK berikut dapat latihan soal Tes PPPK seperti dibawah ini.

PPPK masih menjadi kontroversi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi orang tua yang menginginkan anak-anaknya yang bisa menjadi PNS, karena sampai saat ini pembukaan CPNS belum dibuka kembali. Tidak hanya orang tua banyak frash graduet yang belum merasakan tes CPNS karena pendaftaran tidak dibuka.

Tidak hanya lulusan baru, khusus sarjana yang sudah memiliki usia 30 tahun keatas juga mengeluhkan masalah tidak dibukanya pendaftaran CPNS, usia mereka saat ini sudah hampir habis jika 2 tahun lagi baru dibuka artinya usia sudah pasti mentok dan tidak bisa ikut seleksi CPNS. Keluhan juga datang dari para honorer yang mengabdi puluhan tahun, mereka berharap bisa diangkat CPNS bukan hanya PPPK.

Sistem PPPK dinilai tidak memberikan kesehateraan pada masa pensiun, tidak seperti PNS ada gaji pasca berkerja. Saat ini kita dipaksa untuk mengikuti PPPK meski sebenarnya tidak sesuai yang diharapkan, hanya saja jika dibandingkan dengan honorer tentuk PPPK akan jauh lebih baik. 

Tidak hanya untuk honorer PPPK bisa diikuti oleh calon guru melalui sistem PPG Prajabatan dimana setelah mendapatkan sertifikat pendidik akan langsung otomasi menjadi PPPK dengan masa kerja 2 tahun kontrak. Terlepas dari apapun saat ini peluang yang terbuka hanya PPPK. Jika kita melewatkan PPPK maka dipastikan usia akan semakin bertambah.

Terutama bagi guru yang berusia 33 tahun keatas sebaiknya ikut PPPK, karena setelah ini tidak ada kesempatan lagi menjadi guru dinas, sebab usia 35 tahun adalah batas akhir tes CPNS, jadi untuk yang sudah tua tidak ada pilihan lain selain PPPK. Antusias PPPK tidak seperti pembukaan CPNS dimana terlihat animo dari PPG Prjabatan yang hanya diikuti puluhan ribu peserta.

Tidak seperti CPNS yang pesertanya menyentuh 10 juta PPPK dari PPG Prajabatan hanya 70 rb orang bahkan untuk sampai 100 rb orang sangat sulit. Hanya  saja yang perlu diingat yang dikejar adalah sertifikat pendidik bukan hanya PPPK. Karena apabila seseorang yang sudah memiliki sertifikat pendidik tidak perlu mengikuti SKB saat pendaftaran CPNS dibuka, cukup lulus CAT dengan batas nilai standar dipastkan lulus CPNS.

Itulah keuntungan mengikuti PPG Prajabatan, sayangnya untuk PPG ini hanya bisa diikuti oleh pelamar yang namanya belum terdata di dapodik sebagai guru. Untuk guru honorer saran admin ikut PPPK karena lebih baik, jika ada skema pengangkatan CPNS melalui PPPK akan mengikuti golongan pangkat PPPK jadi bekerja tidak sia-sia.

Bagi yang berminat mengikuti pendaftaran PPPK sebaiknya latihan soal-soal karena akan ada tes tertulis yang akan diikuti oleh pelamar dengan batas passing grade yang sudah di tetapkan, untuk latihan soal Tes PPPK tidak perlu bayar admin sudah mempersiapkan soal seperti dibawah ini.
 
Tes PPPK merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan, sebagai calon pelamar PPPK diperlukan kesiapan dalam mengikuti tes karena ada ambang batas kelulusan yang harus dicapai. Kelebihan dari sistem tes PPPK pemerintah melalui Kemdikbud sudah memberikan beberapa modul yang dapat digunakan untuk belajar secara mandiri bagi calon guru PPPK.
 
Meski diberikan kemudahan dalam persiapan setiap pelamar PPPK tidak bisa otomatis diangkat perlu lulus tes untuk bisa menjadi PPPK, jadi bagi honorer yang berharap langsung diangkat harus membuang jauh-jauh harapan tersebut, Walaupun sistem kontrak Kemdikbud merekrut pegawai PPPK yang berkualitas.
 

 
Keuntungan lain dari seleksi PPPK memiliki materi isi seperti Pedagogik, kompetensi teknis, manajerial, sosial kultur dan wawancara, harus lulus. Pemerintah memberikan kemudahan untuk lulus PPPK dengan 3 tahap soal sama. Jadi jika pertama kali tes peserta dapat mengingat soal dan mencari referensi jawaban untuk tes tahap 2 hingga lulus.
 
Jika memenuhi ambang batas nilai maka dipastikan lulus, Kemdikbud juga sudah menyusun modul berupa materi kisi-kisi soal yang akan diujikan pada PPPK, materi yang harus dipelajari salah satunya adalah pedagogik, admin akan memberikan ringkasan terkait dengan materi PPPK yang harus dipelajari untuk lebih jelas berikut rinciannya kisi-kisi tes PPPK.
  1. Teori belajar behavioristik dan imlikasinya dalam pembajaran
  2. Teori belajar kognitif dan impikasinya dalam pembelajaran
  3. Implikasi teori kognitif dalam kegiatan pembelajaran
  4. Teori belajar Konstruktivistik dan implikasinya dalam pembelajaran
  5. Teori Humanistik dan Implikasi dalam pembelajaran.
  6. Pengertian karateristik peserta didik
  7. Ragam Karateristik peserta didik
  8. Konsep berfikir tingkat tinggi
  9. Analisis SKL, KL dan KD
  10. Perumusan indikator pencapain kompetensi
  11. Konsep dasar komuniasi  dan Prosesnya
  12. Strategi Komunikasi efektif, empatik, dan santun dengan peseta didik.
  13. Fungsi penilaian
  14. Penilaian Dalam Kurikulum 2013
  15. Penilaian Dalam kurikulum Merdeka
  16. Perkembangan peserta didik
  17. Potensi Peserta didik

Bagi yang berminat donwload modul belajar mandiri bagi calon guru PPPK dapat di donwload Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK setelah memahami materi sebaiknya calon guru melakukan latihan soal sesuai dengan kisi-kisi. Jika tidak ada biaya untuk belejar materi premium calon guru dapat menggunakan latihan soal yang gratis.

Jika belum ada referensi latihan soal yang sesuai dengan Kisi-Kisi admin akan memberikan Bocoran Tryout Tes CAT PPPK, dapat diakses secara gratis disusun dari berbagai sumber kredibel seperti berikut ini :


 

Berdasarkan penelusuran admin ambang batas nilai kelulusan PPPK tidak terlalu berat seleksi kompetensi sesuai dengan satuan pendidikan, 130 untuk nilai menejerial dan sosikultural, 24 dari wawancara dari nilai maksimal 500 kompetensi, menajerial dan sosiokultural 200, wawancara 40 nilai maksimal. Tidak akan terlalu memberatkan pelamar PPPK.

Batas ambang kelulusan masing-masing instansi berbeda, semakin besar nilai yang diperoleh akan semakin besar kemungkinan untuk lulus, agar mendapatkan nilai tinggi, harus banyak latihan soal tes CAT, apalagi untuk honorer yang sudah lama pasti banyak teori yang sudah lupa harus kembali membaca materi. Satu-satunya cara untuk bisa lulus PPPK nilai tes mencapai ambang batas yang sudah ditetapkan.

Admin doakan semoga informasi yang admin berikan bermanfaat, untuk ketentuan lain terkait dengan kisi-kisi atau tryout tes CAT PPPK akan terus diupdate, jangan pernah malas belajar usia bukan hambatan untuk belajar. Kesempatan akan terbuka untuk yang rajin belajar.