Cara Pendaftaran CPNS.Kemnaker.go.id 2017/2018

Cpns.Kemnaker.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kementerian Ketenagakerjaan 2017/2018 Setiap tahunnya, Kementerian Ketenagakerjaan membuka lowongan bagi siapa saja yang ingin bekerja. Infonya bisa dilihat pada website Kementerian Tenaga Kerja www.naker.go.id. Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker RI) yang sebelumnya bernama Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans) adalah kementerian Republik Indonesia yang membidangi urusan ketenagakerjaan. 

Kemnaker atau dikenal dengan nama Naker langsung berada di bawah presiden menurut sejarah dipimpin oleh seorang menteri yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh Hanif Dhakiri. Kemnaker memiliki tugas, yaitu menyelenggarakan dan melaksanakan urusan pemerintah guna membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara bidang ketenakerjaan dengan fungsi-fungsi, sebagai berikut:
Cara Pendaftaran Online CPNS Kemnaker 2017/2018
Kementerian Ketenagakerjaan merupakan salah satu institusi yang bergrak dibawah presiden langsung memiliki fungsi menangani dan memberikan beberapa fungsi dalam bidang ketenagakerjaan adapaun beberapa informasi yang dimaksud mengenai Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dapat dilihat sebagai berikut. Merumuskan, Menetapkan, Menjalankan, Mengelola, melaksanakan mengawasi hanya saja kami tidak akan membahas secara jauh mengenai fungsi kementerian karena akan fokus pada lainnya.

Formasi CPNS Kemnaker

Melalui informasi ini kita akan membahas mengenai cara pendaftaran CPNS Kementerian Ketenagakerjaan, untuk melengkapi semua informasi tersebut disini kami akan menguraikannya terlebih dahulu mengenai formasi yang sedang dibuka adapun data yang kami kumpulkan dari situs resmi dapat dilihat seperti dibawah ini :

  1. Instruktur Ahli. 
  2. Penguji K3 Ahli.
  3. Pengantar Kerja Ahli. 
  4. Pengawas Ketenagakerjaan Ahli. 
  5. Mediator Hubungan Industri Ahli. 
Masing-masing formasi yang sedang dibuka memang tidak banyak hanya beberapa saja yang akan diterima tetapi kesempatan besar seperti ini jarang terjadi jadi jangan sampai dilewatkan untuk anda terutama bagi yang sedang mencari kerja, jejang karir kementerian kedepan akan semakin baik. Belum lagi jaminan masa depan yang memadai.

Dalam rangka mengembangkan Kementerian Ketenagakerjaan 2017, maka dibutuhkan kandidat-kandidat baru yang akan dijadikan CPNS Kemnaker yang kompeten, jujur, teliti, bersih, rajin, ulet, serta bebas KKN. Karenanya, Kemnaker memberikan kesempatan kepada pelamar lulusan Sarjana/S-1 dan Diploma IV/D-IV untuk mengikuti seleksi CPNS Kemnaker dengan kriteria pelamar sebagai berikut:


Cumlaude Akreditas A

Pelamar dengan lulusan terbaik atau cumlaude dari Perguruan Tinggi terakreditasi A/unggul dan Program Studi terakreditasi A/unggul pada saat lulus yang dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude pada ijazah dan/atau transkrip nilai


Pelamar Berkebutuhan Khusus

Disabilitas adalah pelamar berkebutuhan khusus dengan krteria mampu melakukan berbagai tugas di Kementerian Ketenagakerjaan, seperti menganalisa, mengoperasikan komputer, menyampaikan buah pikiran, dan diskusi


Masyarakat Papua Asli

Putra/i Papua dan Papua Barat adalah pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisasi atau berdasarkan garis keturunan orangtua (ayah) asli Papua yang dibuktikan dengan akte kelahran pelamar, fotokopi KTP ayah kandung, dan keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa


Pelamar Umum

Umum adalah pelamar yang tidak termasuk dalam keriteria 1, 2, dan 3. Pelamar sebagaimana kriteria 1, 2, 3, dan 4 wajib memenuhi persyaratan pelamaran.

Setelah memahami kriteria penerimaan CPNS Kementerian Ketenagakerjaan, pelamar harus mengikuti cara pendaftaran CPNS Kementerian Ketenagakerjaan yang telah ditetapkan, sebagai berikut:


Menyerahkan dokumen persyaratan yang teridiri dari:
  1. Application Letter atau Surat Lamaran yang ditujukan Kepada Menteri Ketenagakerjaan RI di Jakarta, diketik menggunakan komputer, disertai materai Rp. 6000,- dan ditandatangani dengan pena tinta hitam (format surat dapat diunduh di laman http://sscn.bkn.go.id atau http://cpns.kemnaker.go.id.
  2. Menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).
  3. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat pada KTP, yang bersangkutan harus membuat Surat Keterangan dari lurah/kepala desa yang menyatakan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
  4. Ijazah dan Transkrip Nilai asli. Perhatikan! Surat Keterangan Lulus tidak berlaku
  5. Surat pernyataan yang harus diketik menggunakan komputer, disertai materai Rp. 6000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena tinta hitam (formatnya bisa diunduh  pada laman http://sscn.bkn.go.id atau http://cpns.kemnaker.go.id 
  6. Pas foto berlatar merah ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar

Pendaftaran CPNS Online
  1. Mendaftar dan mengunggah dokumen pendaftaran secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau Nomor Induk Kependudukan Kepala Keluarga
  2. Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada 11 September 2017 s/d 25 September 2017 (ditutup pada pukul 23.59)
  3. Pelamar yang nantinya dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi segera mencetak kartu ujian peserta secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id yang dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 s/d 6 Oktober 2017

Pengumuman Seleksi Administrasi.

Bagi yang sudah menyelesaikan pendaftaran proses belum berakhir karena masih ada pengumuman administrasi yang akan dilaksanakan melalui online situs sscn.bkn.go.id harap mengecek semua ketentuan yang ada pada situs tersebut agar dapat mengikuti seleksi untuk itu terus simak kapan pelaksanakan pengumuman seleksi administrasi.

Setelah mengetahui detil cara pendaftaran CPNS Kementerian Ketenagakerjaan, selanjutnya para pelamar harus memerhatikan tahapan seleksi, sebagai berikut:
  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assited test (CAT) dengan bobot 40%
  • Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan CAT dengan bobot 60%

Pengumuman Akhir.

Bagi yang sudah dinyatakan lulus Seleksi CAT sebelumnya nah anda perlu kembali ke situs Sscn.Bkn.go.id untuk mengakses pengumuman terakhir apabila anda sudah dinyatakan lulus berarti anda sudah resmi menjadi CPNS dan segera melengkapi berkas kelulusan. Bagi yang dinyatakan belum lulus jangan berkecil hati coba ikut tahun depan. Pengumuman dilaksanakan melalui online.

Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Ketenagakerjaan Tahun Anggaran 2017 dapat menguhubungi Call Center dengan nomor telepon kementerian tenaga kerja (021) 526 0481 pada hari Senin s/d Jumat pada pukul 08.30 s/d 16.00 WIB. Semoga bisa bermanfaat.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan apabila terdapat beberapa informasi mengenai pendaftaran CPNS diatas maka dapat menghubungi call center. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi penerimaan CPNS kementerian Ketenagakerjaan selamat mencoba.
Sekolah Pramugari