Cara Pendaftaran CPNS SSCN.BKN.go.id 2017/2018

Sscn.Bkn.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Kepegawaian Negara (BKN) Tahun 2017/2018 Dari banyak lembaga dan instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS, Badan Kepegawaian negara merupakan salah satu badan yang juga membuka lowongan CPNS dengan formasi yang dibuka cukup banyak. Bagi Anda yang ingin menjadi PNS di badan tersebut, Anda dapat menjadi salah satunya apabila Anda dapat lolos seleksinya. 

Badan kepegawaian negara membuka peluang 212 formasi CPNS yang nantinya akan ditempatkan baik di Badan Kepegawaian Negara bagian pusat maupun bagian regional yang tersebar di seluruh Indonesia. Pendaftaran CPNS ditujukan untuk berbagai kriteria pelamar. Adapun kriteria pelamar yang dibutuhkan diantaranya adalah kriteria pelamar cumlaude, kriteria pelamar disabilitas, serta kriteria pelamar umum. 



Pada Badan Kepegawaian negara bagian pusat pembukaan untuk kriteria pelamar cumlaude dibuka untuk 25 orang, untuk kriteria pelamar disabilitas dibuka untuk 4 orang, sementara untuk kriteria pelamar umum dibuka untuk 64 orang. Selain pusat, dibuka juga formasi untuk ditempatkan di berbagai regional. Ada regional I sampai regional XIV. Cara pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara menjadi salah satu hal yang banyak dicari karena memiliki banyak peminat. 

Apalagi, ada kesempatan ditempatkan di daerah sendiri sesuai dengan regional yang membuka peluang tersebut. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara juga membuka formasi yang nantinya akan ditempatkan di berbagai regional di Indonesia. Adapuun berbagai regional tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Yogyakarta (Regional I) membuka 1 formasi pelamar kriteria umum.
  2. Surabaya (Regional II) membuka 1 formasi pelamar kriteria umum.
  3. Bandung (Regional III) membuka 1 formasi pelamar kriteria umum.
  4. Makassar (Regional IV) membuka 1 formasi pelamar kriteria umum.
  5. Jakarta (Regional V) membuka 2 formasi pelamar kriteria umum.
  6. Medan (Regional VI) membuka 14 formasi yang terdiri dari 3 formasi pelamar kriteria cumlaude dan 11 formasi pelamar kriteria umum.
  7. Palembang (Regional VII) membuka 11 formasi yang terdiri dari 2 pelamar kriteria cumlaude dan 9 formasi kriteria umum.
  8. Banjarmasin (Regional VIII) membuka 12 formasi yang terdiri dari 2 pelamar kriteria cumlaude dan 10 pelamar kriteria umum.
  9. Jayapura (regional IX) membuka 9 formasi yang terdiri dari 1 pelamar kriteria cumlaude, 1 pelamar untuk kriteria putra daerah Jayapura, dan 8 pelamar kriteria umum.
  10. Denpasar (Regional X) membuka 13 formasi yang terdiri dari 3 pelamar kriteria cumlaude dan 10 kriteria umum.
  11. Manado (Regional XI) membuka 10 formasi.
  12. Pekanbaru (Regional XII) membuka 10 formasi.
  13. BAnda Aceh (Regional XIII) membuka 17 formasi.
  14. Manokwari (Regional XIV) membuka 17 formasi.

Ada 14 regional yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih sesuai dengan jabatan dan kriteria yang cocok dengan Anda. Sebelum mengetahui cara pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara, sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang perlu dilengkapi. Adapun persyaratan yang perlu dilengkapi merupakan persyaratan umum seperti halnya persyaratan yang ada pada syarat CPNS pada umumnya. Adapun persyaratan umum CPNS dapat Anda lihat di web resmi milik BKN. 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ada 4 kriteria yang diperbolehkan melamar CPNS Badan Kepegawaian Negara. Adapun kriteria tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Kriteria pelamar cumlaude.
  • Kriteria pelamar disabilitas.
  • Kriteria pelamar putra daerah Papua dan Papua Barat.
  • Kriteria pelamar umum.
Cara pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah tahap melengkapi berkas. Tahap ini dibuka pada tanggal 11 sampai dengan tanggal 25 September 2017. Pendaftaran tersebut sepenuhnya dilakukan secara online melalui laman sscn.bkn.go.id. Pada tahap ini, pelamar CPNS harus melengkapi berkas sesuai dengan yang disyaratkan. 

Berkas tersebut kemudian di-scan dan diunggah melalui laman tersebut. Pastikan ukuran file dan jenis file yang akan diunggah sesuai dengan yang disyaratkan agar file tersebut berhasil diunggah. Biasanya, pada saat mengunggah, ada ukuran file maksimal. Jika ukuran file melebihi kriteria tersebut, maka file tidak dapat diunggah. Dalam mendaftar secara online tersebut, jangan lupa siapkan nomor induk kependudukan milik Anda dan kepala keluarga serta nomor kartu keluarga. 

Hal ini karena nomor tersebut diperlukan dalam pendaftaran. Tahap kedua cara pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara adalah seleksi administrasi. Jika Anda lolos seleksi tersebut Anda dapat melakukan pencetakan kartu peserta untuk ujian yang dapat dilakukan secara online pada 2 sampai 5 Oktober 2017. Adapun tahapan seleksi selanjutnya adalah seleksi SKD dengan sistem CAT yang dilakukan dengan cara online.  

Selain seleksi SKD, ada juga seleksi bagian kompetensi bidang atau SKB. Adapun persentase ujian untuk SKD adalah 40% sedangkan untuk SKB adalah 60%. Adapun seleksi SKB terdiri dari ujian dengan sistem CAT dan ujian dalam bentuk wawancara. Seluruh pelaksanaan ujian nantinya dilakukan di BKN pusat serta BKN regional. 

Lokasi dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan pilihan formasi CPNS yang dipilih. Jadwal ujian dan pengumuman sudah dirancang dengan jelas sehingga mudah untuk diikuti. Pendaftaran dengan cara online juga menjadikan ujian CPNS menjadi lebih tertata dan tidak membingungkan. Anda juga dapat mendaftar dari mana saja dan kapan saja.

Nah, itu tadi cara pendaftaran CPNS Badan Kepegawaian Negara baik pusat maupun regional. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mencari informasi mengenai pendaftaran CPNS BKN. Pendaftaran secara online menjadi salah satu hal yang sangat memudahkan para pelamar. Selamat mencoba CPNS tahun ini, semoga sukses dan berhasil!
GET IT ON Google Play