Pendaftaran Online CPNS SSCASN.BKN.go.id 2024/2025


Cara Pendaftaran Online CPNS SSCASN.BKN.go.id 2024/2025 - Melalui informasi ini kita akan membahas mengenai beberapa informasi CPNS, jika sebelumnya ada beberapa instansi seperti SSCASN BKN kembali membuka pendaftaran CPNS kepada masyarakat umum bahkan ini menjadi yang paling besar dibuka setelah beberapa tahun moratorium berlaku.

Saat ini pemerintah banyak membutuhkan CPNS terutama Badan institusi pemerintah dan Kementerian, ini merupakan kesempatan besar bagi para peserta untuk mengikuti tes dan melakukan pendaftaran. Selama dua tahun terakhir memang tidak ada penerimaan CPNS baru tahun ini saja yang kembali membuka.




Pada periode I hanya dua Institusi sedangkan untu Periode II akan diikuti Institusi formasi yang akan diterima ini merupakan kesempatan besar bagi yang ingin menjadi seorang CPNS, apalagi lulusan yang dibuka dari mulai SMA hingga S3 bisa dibilang hampir semu jenjang pendidikan, hanya saja masih mayoritas diikuti oleh Sarjana dari semua jurusan.


Untuk bisa mendaftar CPNS  Instansi pemerintah ini baik Kementerian maupun Non Kementerian, dapat dilakukan melalui online situs sscasn.bkn.go.id kemudian untuk proses pendaftaran akan dimulai pada 11 September, bagi yang berminat silahkan ikuti pendaftaran CPNS, Ini mungkin menjadi yang tersebsar penerimaan CPNS.


Pendaftaran CPNS 

Untuk lebih jelas berikut kami berikan beberapa informasi mengenai Lembaga, Badan, Kementerian yang membuka pendaftaran CPNS untuk lebih jelas langsung menuju situs https://sscasn.bkn.go.id pengumuman pada bagian kolom kanan terdapat pdf silahkan di download

 
Kriteria Pelamar :

Seperti biasa untuk penerimaan CPNS pada bidang yang telah ditetapkan memiliki beberapa katagori pelamar yang diprioritaskan adalah peserta dari pelamar umum dan lulusan terbaik untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi mengenai Formasi katagori pelamar sekaligus jumlah formasi yang dibutuhkan dari masing-masing instansi terkait untuk lebih jelas berikut informasi lengkapnya :


Pelamar Cumlaude

Bagi anda yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS kebetulan anda adalah salah satu mahasiswa dengan lulusan Cumlaude atau IPK diatas 3.51 dengan maksimal nilai C ada 1 dan dari univeristas akreditas A serta Jurusan atau Program Studi A bisa mengikuti katagori ini, diluar dari persyaratan itu meski lulusan terbaik tidak bisa mengikuti pendaftaran CPNS.


Pelamar Umum.

Ini merupakan formasi yang paling banyak mendaftar bagi siapa saja yang menenuhi persyaratan seperti yang ditetapkan masing-masing lembaga atau kementerian bisa mengikuti pendaftaran CPNS ini, dengan catatan memenuhi semua persyaratan, siapa saja boleh ikut tanpa ada batasan selagi masuk dalam katagori pelamar CPNS.


Pelamar Disabilitas.

Bagi teman-teman kita yang kurang beruntung atau memiliki keterbatasan Disabilitas bisa ini merupakan kesempatan besar untuk mengikuti pendaftaran CPNS pasalnya pemerintah melalui 61 kementerian ini sedang membuka besar-besaran untuk katagori disabilitas jadi ini merupakan kesempatan yang jarang, namun untuk bisa mendaftar pelamar Disabilitas harus membaca syarat yang ditetapkan karena tidak semua formasi terbuka untuk disabilitas. Mereka yang mempu menganilis, menuangkan buah pikiran dan berdiskusi mampu menuangkan ide-ide dapat mengikuti formasi ini hanya untuk Disabilitas.


Pelamar Putra/i Asli Papua dan Papua Barat.

Tidak ketinggalan bagi mereka Putra/i Asli papua ini adalah kesempatan kedua setelah pada periode I sudah banyak mendaftar di periode II ini kembali bisa mengikuti pendaftaran karena bagi yang memiliki darah keturunan papua dari Ayah langsung bisa mengikuti dengan syarat minimum lulusan SD sampai dengan lulusan setinggi-tingginya ini merupakan kesempatan yang langkah tidak boleh dilewatkan, ayo bagi yang belum melamar CPNS segera ikutan.


Formasi CPNS 

Beberapa katagori pelamar diatas dapat mengikuti sesuai dengan kriteria, yang paling banyak adalah kriteria pelamar umum, bagi anda yang sudah mengetahui masuk dalam katagori mana bisa langsung memilih formasi yang sedang dibuka langkah selanjutnya mendaftar untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Cara Pendaftaran CPNS

Bagi yang sudah mantap dan merasa sudah memenuhi persyaratan, tahapan selanjutnya pendaftaran CPNS akan dilaksanakan sesuiamelalui situs resmi sscasn.bkn.go.id proses pendaftaran CPNS untuk yang belum pernah mendaftar kami akan memberikan informasi lengkapnya seperti dibawah ini :


Pendaftaran Akun SSCASN.

Bagi anda pelamar baru yang ingin mengikuti pendaftaran CPNS disalah satu institusi pemerintah dari 61 tersebut maka proses yang harus dilakukan pertama kali adalah melakukan pendaftaran CPNS melalui situs sscasn.bkn.go.id langkah awala adalah membuat akun proses ini meliputi.

  1. Isi Nomor Induk EKTP yang ada pada situs beserta password.
  2. Kemudian isi juga kelengkapan lainnya data akan terbaca secara otomatis oleh sistem membuat beberapa form tidak perlu diisi.
  3. Pastikan proses ini selesai sesuai dengan silahkan klik "Daftar".
  4. Kompirmasi pendaftaran akan masuk melalui email silahkan di verifikasi dan aktivasi.
  5. Proses pendaftaran Akun selesai anda juga bisa mencetak bukti pendaftaran Akun SSCASN yang sudah selesai.

 
Pendaftaran CPNS Online SSCASN.Bkn.go.id

Bagi Kementerian, Lembaga, atau Pemda yang membuka pendaftaran CPNS melalui sscasn.bkn.go.id semua proses pendaftaran dilakukan melalui situs ini sampai dengan selesai, untuk bisa melakukan pendaftaran pastikan anda sudah melakukan pembuatan akun SSCASN sebelumnya gunakan akun tersebut untuk login berikut tata cara pendaftaran melalui sscasn.bkn.go.id.

  1. Silahkan login dengan NIK dan Password yang terdaftar.
  2. Setelah masuk isi biodata lengkap seperti data pribadi, pendidikan, lulusan, sampai dengan formasi yang dipilih.
  3. Apabila semua sudah terisi silahkan klik "Daftar"
  4. Jika sudah maka proses pendaftaran selesai.
  5. Anda tinggal menuju History atau Dokumen untuk mencetak berkas
  6. Bukti pendaftaran CPNS SSCASN akan tercetak jangan lupa di print out, berkas yang harus dilengkapi terlampir pada halaman saat mencetak bukti kartu peserta.
  7. Apabila sudah tercetak lengkapi persyaratan
  8. Kirim berkas melalui alamat masing-masing institusi yang dipilih.
  9. Dengan menggunakan format, Nama, Kode Formasi, sampai dengan alamat lengkap.
  10. Dimasukan dalam satu amplop dan dikirim melalui pos.
  11. Anda tinggal menunggu balasan.
  12. Pengumuman adminsitrasi akan dilakukan secara online.
  13. Cetak kembali bukti nomor peserta ujian setelah dinyatakan lulus.
  14. Ikuti Tes
  15. Dan yang terkahir pengumuman akhir dilaksanakan juga melalui situs SSCASN.BKN.go.id.

Pendaftaran CPNS Bukan Web SSCASN.

Tahukah anda tidak semua Institusi dilakukan dalam satu portal seperti contoh beberapa Institusi melakukan pendaftaran CPNS melalui websitenya sendiri, proses ini berbeda untuk melakukan pendaftaran CPNS bagi yang bukan melalui web SSCASN caranya memang lebih ribet tidak bisa dalam satu portal selesai, adapun informasi sebagai berikut :

  1. Bagi pelamar yang mendaftar pada institusi proses pendaftaran diluar dari web sscasn.bkn.go.id silahkan melakukan pendaftaran akun melalui sscasn.bkn.go.id
  2. Langkah selanjutnya langsung menuju situs institusi pendaftaran dari web tersebut anda harus melakukan registrasi sama seperti pada sscasn.
  3. Bagi website yang terkoneksi dengan sscasn.bkn.go.id setelah membuat akun tinggal login saja meski berbeda website.
  4. Langkah selanjutnya isi biodata, upload dokumen, sampai dengan proses finalisasi.
  5. Cetak Bukti pendaftaran
  6. Kirim Berkas.
  7. Menunggu Pengumuman Seleksi Administasi.
  8. Cetak Nomor Peserta Ujian.
  9. Ikuti Tes 
  10. Cek Pengumuman Kelulusan Akhir secara online melalui website sscasn.bkn.go.id atau institusi tertentu.

Sebelum mendaftar pastikan anda membaca dengan teliti semua persyaratan, karena bisa jadi akan digugurkan jika ada salah satu syarat yang tidak lengkap. Untuk pendaftaran CPNS dilakukan melalui situs resmi SSCASN.BKN.go.id secara online. Dari pendaftaran hingga pengumuman CPNS akan dilakukan pada portal yang sama. 
 
Hati-Hati terhadap penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi penerimaan CPNS. Perlu diingat bahwa proses penerimaan CPNS tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Selamat mencoba semoga anda bisa lulus sesuai dengan formasi yang diharpakan amin.