Cara Pendaftaran Online CPNS.KemenkumHAM.go.id 2017/2018 SMA/SMK/MA

CPNS.kemenkumham.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.Kemenkumham.go.id 2017/2018 SMA/SMK/MA dan SLTA Sederajat, Diploma, Sarjana, Perawat, Dokter, Kesehatan KemenkumHAM. Kabar gembir untuk para pencari kerja terutama yang sudah menunggu dalam waktu lama mengenai Pendaftaran CPNS, setelah penetapan moratorium sudah cukup lama penerimaan CPNS tidak dibuka, kali ini pemerintah melalui Menpan.go.id resmi membuka formasi CPNS KemenkuHAM adapun beberapa lembaga yang membuka penerimaan CPNS khusus KemenkumHAM, Mahkamah Agung, dan Keimigrasian. Info Pengumuman dapat diakses melalui Pengumuman seleksi administrasi SSCN.BKN.go.id KemenkumHAM.

Semua lembaga tersebut masih dalam satu ruang lingkun KemenkumHAM, adapun informasi mengenai CPNS tersebut akan dimuat dibeberapa situs resmi seperti CPNS.KemenkumHAM.go.id, tinggal pilih saja semua informasi yang ada bisa diakses, hanya saja sejak pembukaan CPNS resmi diumumkan situs resmi CPNS KemenkumHAM sering mengalami down.



Hal ini karena situs tidak bisa menampung pengujung, akibatnya situs gagal diakses, bagi mereka yang sudah menyempatkan untuk donwload beberapa pengumuman informasi CPNS, Contoh Surat Lamaran sampai denga Contoh Surat Pernyataan mungkin tidak mengalami kebingungan, beda cerita bagi peserta baru yang belum sempat mengakses.

Terkadang membuat bingung untuk mencari formasi apa saja yang sedang dibuka, itulah sedikit hambatan yang sering terjadi saat pembukaan CPNS. Penerimaan CPNS tahun ini akan dilaksanakan mulai dari tanggal 1-31 Agustus 2017 dipastikan selama satu bulan penuh CPNS akan dibuka khusus KemenkumHAM meski tidak semua lulusan dan jurusan dibuka namun beruntunglah bagi lulusan yang dibutuhkan.

Lulusan yang bisa ikut meramaikan rekrutmen CPNS antara lain SLTA sederajat, Diploma, kemudian khusus untuk S1 terbagi dua yaitu KemenkumHAM dan lulusan tenaga kesehatan seperti kedokteran, perawat dan lainnya. Bagi anda yang belum sempat mengakses informasi CPNS KemenkumHAM jangan kwatir disini kami akan memberikan review seluruh Informasi yang ada pada situs resmi tersebut agar bisa diakses dengan mudah. Untuk lebih jelas kami akan memulai memberikan informasi mengenai CPNS khusus untuk lulusan yang dibutuhkan seperti berikut.



Bagi lulusan SLTA Sederajat termasuk SMA/SMK/MA semua bisa mengikuti CPNS KemenkumHAM, adapun formasi yang akan dibuka pada khusus untuk CPNS lulusan SLTA Sederajat adalah penjaga lapas, besaran kuota yang dibuka mencapai 13 ribu untuk umum dan sekitar 200an orang disabilitas, pendaftaran akan dibuka pada tanggal 1 Agustus sampai 31 Agustus 2017 melalui situs resmi sscn.bkn.go.id, untuk contoh suran lamaran dan surat pernyataan dapat di download melalui situs resmi cpns.kemenkumham.go.id. Selain itu untuk Pendaftaran CPNS Asli Papua juga membuka pendaftaran lulusan SD, SMP/SLTP, SLTA/SMU.


Pendaftaran CPNS Diploma.

Bagi anda lulusan CPNS Diploma khususnya untuk DIII juga bisa mengikuti pendaftaran CPNS KemenkumHAM, formasi yang dibuka adalah Pemeriksaan Keimigrasian Terampil jadwal pendaftaran CPNS ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh Agustus, kemudian pendaftaran akan dilaksankaan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id untuk mendonwload panduan dan contoh lamaran dan surat pernyataan melalui situs cpns.kemenkumHAM.go.id.


Pendaftaran CPNS Sarjana.

Untuk lulusan sarjana meski tidak semua sarjana bisa mengikuti CPNS ini namun untuk jurusan lulusan seperti Menejemen, Hukum, Akutansi, Komputer, Teknik Sipil, Dokter, Perawat, dan Psikologi tidak bisa mengikuti CPNS ini karena hanya jurusan yang disebutkan saja yang dibutuhkan. Untuk katagori pelamar lulusan terbaik jurusan dan perguruan tinggi akriditasi A, kemudian disabilitas, putra putri asli papua dan yang terakhir peserta katagori pendaftaran CPNS Umum. Apabila memenuhi semua persyaratan tersebut silahkan melakukan pendaftaran melalui situs resmi sscn.bkn.go.id sementara untuk beberapa format contoh persyaratan dapat diakses melalui situs CPNS.KemenkumHAM.go.id.


Tahun ini menjadi tahun yang sangat dinanti oleh para peserta yang mengharapkan bisa mendaftar CPNS karena setelah terbentur masalah moratorium, beberapa tahun pada tahun ini baru dibuka secara besar-besaran, karena hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia bisa mengikuti Pendaftaran CPNS KemenkumHAM adapun beberapa daerah yang dibuka pendaftaran CPNS KemenkumHAM seperti berikut ini :

  1. Aceh
  2. Sumatera Utara
  3. Sumatera Barat
  4. Riau
  5. Kepulauan Riau
  6. Sumatera Selatan
  7. Jambi
  8. Lampung
  9. Bengkulu
  10. Bangka Belitung
  11. DKI Jakarta
  12. Banten
  13. Jawa Barat
  14. Jawa Tengah
  15. DI Yogjakarta
  16. Jawa Timur
  17. Kalimantan Barat
  18. Kalimantan Selatan
  19. Kalimantan Tengah
  20. Kalimantan Timur
  21. Kalimantan Utara
  22. Sulawesi Utara
  23. Sulawesi Tengah
  24. Sulawesi Selatan
  25. Sulawesi Barat
  26. Sulawesi Tenggara
  27. Gorontalo
  28. Bali
  29. Nusa Tenggara Barat
  30. Nusa Tenggara Timur
  31. Maluku
  32. Maluku Utara
  33. Papua 
  34. Papua Barat 
Untuk formasi yang dibuka akan sudah kami singgung pada informasi diatas namun untuk lebih rinci berikut kami akan memberikan informasi mengenai formasi CPNS yang dibuka apa saja berikut akan kami berikan sebagai berikut untuk lebih jelas seperti berikut ini :


Formasi CPNS KemenkuHAM
  1. Penjaga Tahanan  
  2. Pemeriksaan Keimigrasian Terampil 
  3. Pembimbing Kemasyarakatan Pertama 
  4. Analisis Keimigrasian Pertama 
  5. Pemeriksaan Merek Pertama. 
  6. Pemeriksa Paten Pertama 
  7. Analis Kekayaan Intelektual 
  8. Analis Hukum 
  9. Analis Perlindungan Hak-Hak Sipil dan HAM 
  10. Penata Keuangan 
  11. Kustodiyah kekayaan Negara 
  12. Pengelolah Teknologi Informasi 
  13. Auditor Pertama 
  14. Dokter Umum Pertama. 
  15. Perawat Pertama. 
  16. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin 
  17. Dokter Spesialis Penyakit dalam pertama. 
  18. Dokter Spesialis Anak Pertama. 
  19. Dokter Spelialis Ginekologi Pertama. 
  20. Dokter Spelialis Anastesi Pertama.

Formasi CPNS Mahkamah Agung.

Mahkmaha Agung merupakan bagian dari KemenkumHAM apabila anda berminat mendaftar silahkan kunjungi link Cara Pendaftaran CPNS Mahkamah Agung RI. Adapun formasi yang dibuka oleh Mahkamah Agung seperti berikut ini :
  1. Calon Hakim Peradilan Umum. 
  2. Calon Hakim Peradilan Agama.
  3. Calon Hakim Peradilan Tata Usaha Negara.

Untuk katagori pelamar yang bisa mengikuti pendaftaran CPNS KemenkumHAM sudah dijelaskan yaitu lulusan terbaik, disabilitas, putra-putri asli papua yang memiliki ketentuan semua lulusan, kemudian yang terakhir adalah Masyarakat Umum yang memenuhi persyaratan pendaftaran, Bagi yang belum mengetahui persyaratan silahkan cek dibawah ini :

Persyaratan CPNS KemenkuHAM.

Persyataran pendaftaran terbagi dalam 3 sumber lulusan yaitu pertama STLA, Kemudian Diploma dan Sarjana sedangkan untuk sarjana terbagi dua untuk non kesehatan dan kesehatan untuk lebih jelas persyaratan CPNS KemenkuHAM yang sudah kami gabung seperti dibawah ini :
  1. Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
  3. Fotocopi Surat Keterangan Domisili**
  4. Fotokopi Ijasah/ STTB SLTA Sederajat
  5. Fotokopi Transkrip / Daftar Nilai pada Ijasah/STTB  SLTA Sederajat
  6. Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
  7. Pas photo berlatar belakang warna merah, ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  8. Lembar Bukti / Kartu Pendaftaran SSCN Tahun 2017 (Asli)
  9. Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
  10. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
  11. Fotokopi Surat Keterangan Domisili**
  12. Fotokopi Ijasah Diploma III
  13. Fotokopi Transkrip Nilai Ijasah Diploma III
  14. Fotokopi Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam
  15. Pas photo berlatar belakang warna merah, ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar
  16. Lembar Bukti / Kartu Pendaftaran SSCN Tahun 2017 (Asli)
  17. Unggah Surat lamaran bermaterai Rp. 6000,-. ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (asli)
  18. Unggah Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau atau Fotokopi Surat Keterangan telah melakukan Rekaman Kependudukan *
  19. Surat Keterangan Domisili ** (asli)
  20. Unggah Ijazah Dokter Spesialis /   Dokter / Sarjana *(asli)
  21. Unggah Transkrip Nilai Ijasah Dokter Spesialis /   Dokter / Sarjana * (asli)
  22. Unggah Surat Pernyataan dari pelamar bermaterai Rp. 6.000 dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam  (asli)
  23. Unggah Pas photo berlatar belakang warna merah ukuran 3 x 4 (asli)

 Cara Pendaftaran CPNS KemenkumHAM.

Pendaftaran CPNS KemnekumHAM akan dilaksanakan secara online melalui situs resmi sscn.bkn.go.id sedangkan format surat lamaran dan pernyataan dapat di donwload melalui situs cpns.kemenkumham.go.id, untuk informasi tutorial pendaftaran CPNS KemenkumHAM akan segera kami update pada bulan Agusutus melalui situs ini secara berkala, jadi anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS karena akan dilengkapi tutorial bergambar sesuai dengan petunjuk situs aslinya pastikan anda teru update pembarahuan informasi CPNS KemenkumHAM.


Dari beberapa informasi mengenai  CPNS kemenkumHAM maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran CPNS harus berdasarkan 3 hal pertama sumber lulusan yang dimiliki peserta, kemudian jurusan dan lulusan yang dibutuhkan KemenkumHAM, wilayah CPNS kemenkumHAM yang tersebar diseluruh Provinsi yang ada di Indonesia, selanjutnya formasi CPNS yang sdang dibuka, tidak lupa paserta yang ingin mendaftar harus memenuhi semua persyaratan yang terlampir pada situs CPNS.KemenkumHAM.go.id.

Serta kalian juga dapat menjadikan toturial yang ada di Informasi sebagai petunjuk pendaftaran jika semua sudah dilengkapi maka proses selanjutnya adalah mencetak semua berkas kemudian mengirimnya melalui kantor pos sesuai PO BOX wilayah tujuan masing-masing berkas yang sudah memenuhi persyaratan akan mendapatkan balasan berupa kartu tes yang sudah di cap. Bagi yang belum lengkap akan dikembalikan harus dilengkapi. Selamat mencoba dan semoga anda lulus CPNS KemenkumHAM tahun ini amin.
GET IT ON Google Play