Cara Pendaftaran CPNS BMKG.go.id 2017/2018

BMKG.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika (BMKG) 2017/2018 atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika adalah salah satu lembaga pemerintahan Indonesia yang non departemen yang bergerak di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Tugas utama dari BMKG adalah menjalankan tugas dari pemerintah yang berkaitan dengan meteorologi, klimatologi, geofisika, serta kualitas udara berdasarkan undang-undang yang berlaku di Indonesia. 

BMKG memiliki tugas yang penting seperti menyediakan laporan perkiraan cuaca, perkiraan potensi bencana alam, dan pencitraan dari satelit. Informasi yang diberikan oleh BMKG bermanfaat dalam mengurangi risiko kerusakan, kecelakaan, dan korban yang disebabkan oleh cuaca ekstrem atau bencana alam. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa jenis informasi yang disajikan oleh BMKG kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Cara Pendaftaran CPNS BMKG 2017/2018

Perkiraan Cuaca

Laporan perkiraan cuaca dari BMKG merupakan laporan yang rutin disampaikan oleh BMKG. Biasanya perkiraan cuaca di BMKG disiarkan melalui tayangan berita di televisi, siaran radio, portal online, dan surat kabar. Laporan perkiraan cuaca meliputi curah hujan, awan, temperatur, kelembaban, dan potensi hujan.

Perkiraan Cuaca Pelayaran

Laporan perkiraan cuaca pelayaran biasanya diberikan kepada penduduk Indonesia yang tinggal di daerah pesisir pantai yang mana sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Informasi ini sangat bermanfaat untuk panduan berlayar pada nelayan.

Perkiraan Cuaca Penerbangan

Laporan perkiraan cuaca penerbangan diberikan kepada pihak bandara dan maskapai penerbangan untuk mengantisipasi cuaca buruk atau fenomena alam lain yang bisa mengancam keselamatan penerbangan.

Perkiraan Potensi Bencana Alam

BMKG juga mengemban tugas dalam memperkirakan potensi bencana alam yang terjadi di Indonesia seperti banjir, gunung meletus, tanah longsor, gempa bumi, dan tsunami. Laporan terkait potensi bencana alam menjadi informasi yang penting agar masyarakat bisa segera melakukan evakuasi serta bantuan dari pihak-pihak terkait.

Selain empat tugas di atas, masih ada banyak tugas yang dilakukan oleh BMKG seperti membuat perkiraan musim. Sehingga, untuk mewujudkan BMKG yang bisa berkontribusi kepada seluruh masyarakat Indonesia, BMKG membuka peluang kepada seluruh warga negara Indonesia untuk menjadi bagian dari BMKG sebagai CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). 

Lowongan cpns bmkg 2017 bertujuan untuk menjaring warga negara Indonesia yang berpengetahuan, terampil, dan berkualitas untuk mengoptimalkan kinerja BMKG. Tata cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika adalah dengan memperhatikan persyaratan apa saja yang dibutuhkan. Di bawah ini ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS BMKG.
  1. WNI
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun
  3. Tidak sedang menjabat sebagai pengurus atau anggota partai politik atau organisasi masyarakat yang bertentangan dengan ideologi negara Indonesia.
  4. Tidak sedang menjabat posisi CPNS atau PNS di instansi pemerintahan yang lain
  5. Tidak pernah melakukan tindakan kriminal yang menyebabkan menerima hukuman kurungan
  6. Sehat secara jasmani dan rohani
  7. Tidak sedang hamil
  8. Tidak buta warna
  9. Memiliki IPK lebih dari 2,75 bagi lulusan S1
  10. Memiliki IPK lebih dari 3 bagi lulusan S2
  11. Memiliki sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450

Selain memenuhi persyaratan di atas, cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang melampirkan dokumen persyaratan yang dibutuhkan, antara lain.
  • Pas foto terbaru dengan latar belakang yang berwarna merah
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Transkrip nilai terakhir
  • Sertifikat TOEFL
  • Surat lamaran yang dibubuhi materai seharga Rp 6.000,-
  • Surat pernyataan yang dibubuhi materai seharga Rp 6.000,-

Seluruh dokumen tersebut di-scan dalam format .jpg dengan kapasitas yang tidak melebihi 300 kb. Jika dokumen tersebut memiliki jumlah halaman yang lebih dari satu halaman, maka semua halaman tersebut harus disatukan dalam satu foto. Setelah menyiapkan dokumen persyaratan yang sudah disebutkan di atas, maka tata cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang selanjutnya adalah melakukan pendaftaran seleksi CPNS secara online melalui situs SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) yang berada di bawah naungan BKN. Alamat situs bisa diakses melalui sscn.scn.go.id

Kemudian, cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika yang selanjutnya adalah dengan membuat akun SSCN menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Setelah membuat akun SSCN, maka lakukan login ke akun SSCN menggunakan NIK pada KTP dan password yang sebelumnya telah dibuat.

Langkah pertama setelah berhasil login ke akun SSCN adalah melengkapi data diri yang tertera pada situs. Data diri yang perlu dilengkapi meliputi nama sesuai dengan KTP dan ijazah, tempat tanggal lahir yang harus sesuai dengan KTP dan ijazah, alamat rumah, nomor HP, alamat email, pendidikan terakhir, dan IPK. 

Kemudian, pilihlah formasi yang diinginkan sesuai dengan jurusan kuliah. Setelah semua data dri telah dilengkapi maka lakukan pengunggahan dokumen yang sudah disiapkan di atas. Begitu seluruh dokumen sudah diunggah maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah mencetak tanda bukti sudah mendaftar CPNS BMKG.

Begitu seluruh cara pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi & Geofisika telah dilakukan maka tunggulah pengumuman hasil seleksi. Hasil seleksi CPNS BMKG yang pertama adalah hasil seleksi administrasi untuk mengetahui semua persyaratan telah dipenuhi atau tidak. Setelah lulus seleksi administrasi, maka pelamar CPNS BMKG akan mengikuti tes kompetensi dasar untuk mengukur kemampuan dari pelamar tersebut. Jika pelamar CPNS BMKG lolos tes kompetensi dasar maka bisa mengikuti tahap seleksi yang selanjutnya yaitu wawancara.
GET IT ON Google Play