Cara Pendaftaran CPNS Komenko Perekonomian Rekrutmen.Ekon.go.id 2017/2018

Rekrutmen.Ekon.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Kemenko Perekonomian 2017/2018 Bekerja sudah tentu menjadi keinginan bagi setiap manusia sebagai wujud dari proses aktualisasi diri. Selain itu, bekerja dibutuhkan untuk bisa berpenghasilan agar mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ada banyak alasan mengapa seseorang perlu bekerja dan dari alasan tersebut setiap orang berbeda-beda pemikirannya. 

Saat ini di Indonesia, masih banyak para pencari pekerjaan. Jumlah lapangan kerja di Indonesia tidak sebanding dengan para pencari kerja. Persaingan kerja hingga sekarang ini sudah semakin ketat. Latar belakang pendidikan juga sebagai persyaratan administrasi untuk melamar pekerjaan. Sehingga persaingan kerja semakin menjadi ketat. Seperti pada perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil atau yang sering dikenal dengan CPNS. 

Cara Pendaftaran CPNS Kemonko Perekonomian 2017/2018


CPNS resmi dibuka pada 61 Instansi, salah satunya yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Berdasarkan surat edaran dengan nomor PENG-01/P.CPN/M.EKO/09/2017 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2017 dengan hal tersebut maka secara resmi CPNS telah dibuka. 

Biasanya pendaftaran CPNS ini sudah banyak yang menunggu dan banyak diminati oleh masyarakat, namun kebutuhan yang diperlukan hanya sedikit. Hal ini juga sebagai salah satu alasan seleksi CPNS dilakukan dengan sangat ketat. Sebelum memutuskan untuk mendaftar CPNS alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sehingga akan lebih mudah dalam mendaftar dan tidak terjadi kendala yang berarti.

Ada 8 unit kerja yang dibuka lowongan untuk CPNS di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Unit kerja merupakan tempat penempatan kerja yang meliputi berbagai bidang yang menggerakkan ekonomi di Indonesia. Kementrian ini akan mengurusi bidang niaga, bidang tambang dan hasil bumi serta mengelola energy yang dihasilkan di bumi Indonesia. 

Selain itu, lembaga pemerintah ini juga memastikan berlangsungnya pembangunan di berbagai daerah dengan melakukan pengawasan pembangunan infrastruktur. Demikian juga dengan kerja sama internasional yang dapat meningkatkan perekonomian di Indonesia. Semua unit kerja tersebut nantinya akan menjadi kantor baru bagi para CPNS yang mendaftar tahun ini.

Pendaftaran CPNS di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini mensyaratkan tingkat pendidikan minimal S1, tetapi lebih mayoritas dari S2. Alokasi yang dibutuhkan untuk masing-masing deputi sudah ditentukan dan dibagi menjadi kriteria pelamar untuk lulusan terbaik (cumlaude), disabilitas, putra/putri terbaik dari Papua/Papua Barat, dan umum. 

Kemudian setiap kriteria pelamar tersebut memiliki persyaratan khusus yang wajib dipenuhi agar bisa menjadi salah satu di antara pelamar yang bisa dipertimbangkan untuk mengikuti tahap selanjutnya. Persyaratan umum juga harus dipenuhi di samping persyaratan khusus. Hal ini menjadi salah satu cara dari cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Selanjutnya, tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian perlu dipelajari, agar saat melakukan pendaftaran tidak terjadi kendala sekecil apapun. Dokumen-dokumen yang sebagai persyaratan pendaftaran perlu disediakan dan dilengkapi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut yang harus siapkan antara lain :
  1. Surat lamaran pekerjaan bermaterai Rp 6.000,-. Formatnya bisa mengikuti surat lamaran yang bisa diunduh di laman sscn.bkn.go.id.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP). Kartu ini memang sangat penting dalam berbagai hal seperti dalam urusan melamar pekerjaan seperti ini. KTP yang diperlukan adalah KTP asli atau surat keterangan kependudukan yang biasanya dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Jika domisili berbeda dengan alamat yang ada di KTP maka calon pelamar harus meminta surat keterangan domisili pada Lurah/Kepala Desa.
  3. Ijazah yang dibutuhkan adalah ijazah asli. Begitu juga dengan transkrip nilai.
  4. Surat pernyataan diketik dan bermaterai Rp 6.000,- dan formatnya bisa diunduh di sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS ini dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian adalah sebagai berikut :
  • Pendaftaran melalui laman sscn.bkn.go.id. Masuk ke laman tersebut dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada KTP dan atau Kartu Keluarga (KK).
  • Unggah dokumen-dokumen yang sudah disebutkan sebelumnya, diunggah melalui laman tersebut.
  • Batas waktu pendaftaran dan unggah dokumen mulai dari 11 sampai dengan 25 September 2017 (maksimal pukul 23.59 WIB).
  • Kemudian setelah proses pendaftaran selesai, akan mendapatkan kartu pendaftaran dan dicetak.

Setelah pendaftaran online, pelamar mengirimkan berkas lamaran berdasarkan persyaratan yang sudah ditentukan, dan dengan melampirkan beberapa dokumen seperti di bawah ini, yaitu :
  1. Fotokopi kartu pendaftaran
  2. Pas photo ukuran 4x6 berwarna latar belakang merah sebanyak 2 lembar.
  3. Fotokopi KTP
  4. Surat lamaran dan surat pernyataan asli
  5. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir.
  6. Fotokopi keterangan akreditasi program studi yang dilegalisir sebanyak 1 lembar.
  7. Berkas lamaran (surat lamaran dan lampirannya) dimasukan pada map berwarna KUNING untuk S1, dan BIRU untuk S2. Pojok map ditulis posisi yang dilamar.
  8. Khusus untuk pelamar dari Putra/Putri Papua dan Papua Barat melampirkan fotokopi Ijazah SD/sederajat, SMP/sederajat/, SMA/sederajat yang dilegalisir. Selain itu, melampirkan juga fotokopi KTP milik Bapak (kandung) dan melampirkan juga surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan /desa.
  9. Berkas dikirimkan ke alamat PO BOX 2720 JKP 10027 selambat-lambatnya berkas diterima pada 25 September 2017 (stempel pos kilat khusus) pukul 16.00 waktu setempat.

Itulah cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang perlu dipahami. Kelengkapan dokumen akan membuka kesempatan untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya. Dari beberapa informasi yang telah diberikan dapat disimpulkan pelaksanaan pendaftaran dilakukan melalui online situs sscn.bkn.go.id dan rekrutmen.ekon.go.id.

Semoga apa yang telah kami berikan bisa membantu bagi para peserta terutama untuk yang sedang dingin mendaftar silahkan melakukan registrasi sesuai dengan ketentuan dari masing-masing proses pendaftaran apabila terdapat pertanyaan dapat ditanya dimelalui contak person yang ada pada masing-masing situs, sampai disini selamat mencoba.
GET IT ON Google Play