Cara Pendaftaran CPNS.ESDM.go.id 2017/2018

CPNS.ESDM.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tahun 2017/2018 Menjadi seorang PNS atau Pegawai Negeri Sipil  merupakan suatu keinginan bagi hampir semua yang ingin bekerja. Menjadi PNS merupakan suatu hal yang luar biasa sebab kehidupan seorang PNS nantinya akan terus ditanggung sampai hari tua nanti. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi CPNS mulai dari yang fresh graduate sampai yang sudah beberapa kali belum lolos seleksi CPNS. 

Pekerjaan menjadi seorang PNS sangat banyak mulai dari di pemerintahan sampai pengabdian kepada anak-anak. Memang menjadi seorang pegawai negeri sipil harus mematuhi segala aturan yang ada, seperti jam kerja dalam seharinya, kemudian sampai kepada waktu cuti dalam setahunnya. Masa libur seorang PNS juga masih dapat dihitung dengan jari setiap bulannya.


Cara Pendaftaran CPNS.ESDM.go.id 2017/2018

Meskipun begitu, orang akan tetap tertarik menjadi seorang PNS. Misalnya saja untuk PNS di kementerian energi dan sumber daya mineral, untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini tentunya harus melalui beberapa tahap seleksi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau biasa disebut dengan ESDM ini merupakan suatu pekerjaan kementerian yang membantu Presiden untuk berbagai urusan pemerintahan di bidang energi dan sumber daya mineral.  ESDM juga sangat berpengaruh terhadap negara, oleh sebab itu, ESDM ini mempunyai fungsi tertentu, diantaranya adalah:
  • Dapat melaksanakan berbagai urusan pemerintahan dalam bidang energi dan sumber daya mineral
  • Dapat merumuskan kebijakan nasional, kebijakan teknis, dan kebijakan pelaksanaannya
  • Dapat mengawasi terhadap tugas kementerian, dan
  • Dapat menyampaikan hasil evaluasi, sara, dan pertimbangan kepada Presiden, mengelola kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab kementerian

Dari beberapa fungsi ESDM tersebut tentu harus mempunyai anggota yang sangat berpendidikan dan tentunya ahli di bidangnya. Oleh sebab itu untuk para calon yang ingin mencoba mendaftar, dapat mengikuti beberapa cara pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang ada pada websitenya.

Selain itu, para calon ESDM ini juga tidak boleh main-main ada beberapa syarat pelamar yang harus dipenuhi terlebih dahulu, salah satunya adalah dari lulusan jurusan-jurusan tertentu. Jurusan yang dibutuhkan untuk calon ESDM adalah dari jurusan pertambangan, jurusan matlurgi, jurusan teknik perminyakan, jurusan geologi, jurusan elektro arus kuat, jurusan kimia, jurusan hubungan internasional, jurusan ilmu komunikasi, jurusan kearsipan, jurusan ilmu hukum, jurusan administrasi negara, jurusan ekonomi akuntansi, dan jurusan industri. 

Untuk para lulusan jurusan-jurusan ini dapat mendaftar untuk anggota ESDM. Dikarenakan setiap tahunnya ada saja yang pensiun dari ESDM, dan ada saja yang mengundurkan diri, oleh sebab itu pendaftaran untuk ESDM ini dibuka setiap tahunnya. Bagi Anda yang berminat mendaftarkan diri Anda dapat mencoba cara pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui website panselnas.menpan.go.id.

Selain dari jurusan-jurusan tersebut, para calon pendaftar ESDM ini juga dapat mendaftar minimal lulusan SMA. Salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral adalah dengan menyerahkan beberapa dokumen pendaftaran. Dokumen pendaftaran ini berbeda setiap tingkatannya. Misalnya untuk pendaftar lulusan SMA, pendaftar D3, atau S1. 

Kemudian selain mengumpulkan surat lamaran ini, para calon pendaftar juga harus mengumpulkan beberapa berkas lainnya. Untuk pendaftar lulusan SMA maka hal-hal yang perlu dikumpulkan adalah photocopy ijazah dan STTB SMK, photocopy daftar nilai ijazah, photocopy KTP, pas foto, surat pernyataan dan bukti pendaftaran. Tentu saja surat lamaran ini akan lebih resmi ketika menggunakan materai 6000. 

Untuk calon pendaftar dengan pendidikan D3 dokumen yang harus dikumpulkan hampir sama dengan pendidikan SMA hanya berbeda dari ijazah yang harus dikumpulkan adalah photocopy ijazah Diploma III. Sedangkan untuk calon pendidikan S1 ada perbedaan dari pendidikan SMA dan D3, yaitu untuk ijazah sarjana, transkip nilai sarjana, dan surat pernyataan  harus asli bukan photocopy, kemudian ditambah dengan mengunggah sertifikat TOEF ITP/Paper Based TOEFL/ Computer Based Toefl/Internet Based TOEFLl/TOEIC/ IELTS yang masih berlaku.

Dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ini tentu saja harus memiliki surat pernyataan yang menyatakan hal-hal tertentu yang sesuai dengan beberapa aturan pemerintahan atau kementerian. Oleh sebab itu baik untuk calon pendaftar dari SMA  D3 ataupun S1 tidak ada bedanya dalam membuat surat pernyataan yang dilengkapi dengan materai 6000. Kemudian setelah itu pengumuman seleksi calon CPNS di ESDM ini akan diumumkan di website resmi ESDM yaitu cpns.esdm.go.id.

Ketika para mulai acara pendaftaran ini, maka pihak ESDM akan memilih beberapa CPNS yang memenuhi beberapa kriteria. Dikarenakan ESDM merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan bangsa ini maka tidak tanggung-tanggung untuk tahap penyeleksian ini cukup ketat. Beberapa kategori yang ingin dimiliki oleh para anggota ESDM adalah jujur, profesional, melayani, inovatif, dan berarti.

Dengan adanya karakter tersebut diharapkan untuk para pendaftar agar dapat menghormati atasannya, rekan kerjanya, dan juga dirin ya sendiri. Sebab dalam kementerian ini bukanlah sesuatu hal yang mudah tetapi juga dapat menghasilkan sesuatu yang diinginkan. Oleh karena itu jangan sampai Anda tidak memasuki kategori tersebut dan tidak memenuhi beberapa syarat atau ketentuan yang harus dikumpulkan.

Dengan begitu jika Anda benar-benar berminat untuk bekerja pada ESDM maka Anda harus memahami bagaimana cara pendaftaran Energi dan Sumber Daya Mineral agar suatu saat nanti Anda bisa dengan sungguh-sungguh untuk menjalankan tugas ini, terutama tugas kementerian yang nantinya akan berdampak pada perekonomian rakyat.
GET IT ON Google Play