Cara Pendaftaran Online CPNS ATRBPN.go.id 2024/2025


ATRBPN.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS ATRBPN.go.id 2024/2025 - Mendapatkan pekerjaan tetap dengan penghasilan yang mencukupi adalah keinginan setiap orang. Salah satu profesi yang paling banyak diminati masyarakat adalah pegawai negeri sipil atau PNS. Profesi sebagai PNS banyak diminati karena gaji pokoknya cukup besar ditambah dengan banyaknya tunjangan dan dana pensiun.





Pembukaan banyak lowongan CPNS kementerian dan lembaga negara dilakukan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada beberapa jabatan-jabatan strategis sebagaii pengganti PNS yang telah pensiun. Di samping itu, peningkatan penerimaan CPNS yang dilakukan oleh pemerintah juga dilakukan karena adanya peningkatan beban kerja pada kementerian atau lembaga yang membuka lowongan CPNS tersebut.

Untuk mengisi lowongan CPNS tersebut, pemerintah tidak melakukan pemungutan biaya sedikit pun, karena proses perekrutan dilakukan dengan cara terbuka agar masyarakat bisa berkompetisi memperoleh lowongan tersebut dengan fair. Untuk memudahkan proses registrasi, pemerintah telah menyediakan portal rekrutmen CPNS, yaitu portal SSCASN atau Sistem Seleksi CPNS Nasional oleh Badan Kepegawaian Nasional atau BKN.

Portal tersebut dapat diakses secara online dengan alamat sscasn.bkn.go.id. Melalui portal tersebut, Anda bisa memperoleh berbagai informasi mengenai perekrutan CPNS yang dilakukan berbagai kementerian dan lembaga negara, mulai dari informasi mengenai formasi, jadwal proses perekrutan, hingga contoh surat keterangan dan surat lamaran yang harus dilampirkan.

Pemerintah menegaskan bahwa tidak ada pelayanan perekrutan CPNS selain melalui portan SSCASN BKN tersebut. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih cermat dan tidak terlalu terburu-buru untuk melakukan pendaftaran.

Salah satu kementerian yang membuka banyak formasi CPNS adalah kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertahanan Nasional atau BPN. Kementerian ATR/BPN tersbut memberi kesempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil dan bekerja di kementerian tersebut pada formasi tahun ini. Ada empat jabatan yang dibuka untuk CPNS kementerian ATR/BPN ini, yaitu


Formasi CPNS
  1. Analis penetapan hak atas tanah untuk peserta lulusan S2 Hukum/ kenotarian, 
  2. Analis permohonan hak tanah dan pendaftaran tanah untuk peserta lulusan S1 dan S2 Hukum, dan 
  3. Surveyor pemetaan untuk peserta lulusan S1 Geodesi/Geografi/Planologi, serta 
  4. Petugas Ukur untuk peserta lulusan D1 Pengukuran dan pemetaan kadastral. 
Tata Cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN ini bisa diakses langsung melalui portal SCCN BKN. Sebelum mulai melakukan langkah-langkah cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran.  Secara umum, persyaratan pendaftaran CPNS kementerian ini adalah :

Persyaratan Umum
  1. Merupakan warga negara Indonesia, 
  2. Memiliki SKCK, 
  3. Surat pernyataan tidak pernah diberhentikan dari Pegawai Negeri Sipil/Anggota TNI/POLRI, 
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/TNI/POLRI, 
  5. Tidak menjadi anggota PARPOL, 
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah di Indonesia, 
  7. Bersedia ditempatkan pada satuan kerja minimal 10 tahun, memiliki surat keteranagan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit pemerintah, dan 
  8. Memiliki surat keterangan bebas narkoba.

Sementata itu, persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam Cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN yaitu merupakan lulusan perguruan tinggi terakreditasi A untuk perguruan tinggi swasta, dan akreditasi B untuk perguruan tinggi negeri. Selain itu, IPK minimal 2,75 untuk lulusan S1, 3,00 untuk lulusn S2, dan 2,50 untuk lulusan D1.


Kriteria Pelamar

  1. Cumlaude : Untuk formasi cumlaude, akreditasi program studi baik di perguruan tinggi maupun perguruan tinggi swasta harus A. 
  2. Disabilitas : Untuk formasi disabilitas, peserta harus mampu mengetik, menganalisis dan berdiskusi, IPK minima; 2,75 dengan akreditasi program studi minimal B, serta memiliki surat keterangan disabilitas dari dokter rumah sakit pemerintah.
  3. Putra Putri Asli Papua : Sementara itu, untuk formasi putra/putri papua dan papua barat, peserta harus menyelesaikan pendidikan mulai dari SD hingga SLTA di wilayah papua yang dibuktikan dengan ijazah, peserta juga harus memiliki garis keturunan papua, dan IPK minimal 2,50.

Cara Pendaftaran

Setelah seluruh persyaratan pendaftaran telah dilengkapi, maka Anda bisa mulai melakukan cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, antara lain:
  1. Mengakses portal https://sscasn.bkn.go.id untuk mengisi form menggunakan data kependudukan yang valid. Setelah mengisi form, Anda bisa memilih lokasi ujian yang terdekat sesuai dengan pilihan lokasi yang telah ditentukan.
  2. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta juga harus mencetak nomor registrasi dan kemudian mengirimkan berkas persyaratan yang telah ditentukan seperti surat lamaran bermaterai 6000, nomor registrasi yang telah dicetak, 
  3. pasfoto terbaru dengan latarbelakang merah ukuran 4x6  satu lembar dan telah diberi nomor registrasi di bagian belakang foto, fotokopi KTP, fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir, dan fotokopi surat akreditasi perguruan tinggi.
  4. Pengiriman berkas lamaran sesuai Cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN bisa dikirimkan.
  5. Perhatikan nomor registrasi sebelum mengirimkan berkas, karena panitia tidak akan memproses lamaran yang tidak memenuhi syarat.

Setelah melakukan Cara pendaftaran CPNS Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN, Anda bisa mengetahui pengumuman hasil seleksi administrasi untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi Pendaftaran CPNS lainnya, harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia penerimaan CPNS.