Cara Pendaftaran CPNS.KALTARAProv.go.id 2017/2018

CPNS.Kaltaraprov.go.id - Tips dan Cara Pendaftaran Online CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (KALTARA) 2017/2018 Pegawai Negeri Sipil atau dikenal dengan singkatan PNS menjadi salah satu profesi yang banyak diidam-idamkan. Terbukti pada setiap pembukaan pendaftaran CPNS, maka akan selalu ramai oleh pendaftar yang berasal dari seluruh Indonesia.

Tidak sedikit pula orang yang rela menempuh banyak cara untuk bisa menjadi seorang pegawai negeri sipil. Nah, jika Anda salah satu dari banyak orang yang tertarik untuk menjadi PNS, pada 5 September 2017 kemarin telah diumumkan pembukaan seleksi CPNS pada 61 instansi pemerintahan sekaligus, termasuk di dalamnya ada CPNS Pemprov Kalimantan Utara. Lalu, bagaimana sih cara pendaftaran CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara?

Cara Pendaftaran CPNS Kaltara 2017/2018


Sebelum kita membahas lebih jauh tentang teknis pendaftaran, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja keuntungan bekerja sebagai seorang PNS. Hal ini penting untuk diketahui karena bisa menjadi faktor-faktor pertimbangan sebelum terjun langsung sebagai pegawai negeri sipil. Berikut ini adalah beberapa kelebihan menjadi seorang PNS, di antaranya adalah:
  • Pekerjaan yang banyak diidamkan. Tidak dapat dipungkiri memang bekerja sebagai seorang PNS menjadi salah satu idaman banyak orang. Bahkan tidak sedikit orang yang rela melakukan apa pun hingga mengeluarkan uang mencapai ratusan juta demi menjadi seorang pegawai negeri sipil. Dengan demikian tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika kita bekerja sebagai seorang PNS.
  • Mendapatkan jaminan kesehatan untuk keluarga. Keuntungan menjadi PNS yang berikutnya adalah diberikannya jaminan asuransi kesehatan. Tidak hanya untuk PNS saja namun juga keluarga inti PNS, dengan kata lain ayah, ibu, dan 3 anak.
  • Terdapat dana tunjangan pensiun. Keuntungan berikutnya ini menjadi keuntungan yang menjadi faktor utama mengapa banyak orang ingin menjadi PNS. Adanya tunjangan uang pensiunan bagi PNS tentu memberikan jaminan kesejahteraan yang lebih tinggi karena meskipun sudah tidak bekerja namun PNS tetap bisa mendapatkan gaji bulanan.
  • Mengabdi pada negara. Menjadi seorang pegawai negeri sipil berarti menjadi bagian dari pelayan masyarakat. Tak heran bekerja sebagai seorang PNS bisa dikatakan sebagai sebuah pekerjaan mulia karena menjadi bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara.

Melihat dari beberapa keuntungan menjadi PNS seperti yang disebutkan di atas, tentunya membuat semakin banyak orang yang tertarik untuk terjun bekerja sebagai PNS. Nah, bagi Anda yang sedang mencari peluang kerja sebagai PNS, dimulai pada 11 September 2017 ini, pemerintah membuka peluang kerja sebagai PNS untuk seluruh warga negara Indonesia.

Banyak orang mencari tahu cara pendaftaran CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, maupun di instansi pemerintahan lainnya. Lalu, seperti apa sih caranya? Mendaftarkan diri sebagai CPNS memang diperlukan ketelitian dan pemahaman yang tepat pada persyaratan yang diberlakukan. Pasalnya jika tidak maka kita akan mudah tersingkirkan bahkan pada tahap awal seleksi administrasinya.

Kali ini kita akan membahas mengenai persyaratan hingga teknis cara pendaftaran CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Bagi Anda yang berdomisili di Kalimantan atau di daerah lainnya yang berminat menjadi bagian dari Pemprov Kalimantan Utara, maka syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pendaftaran CPNS 2017 di antaranya adalah:
  1. Seorang warga negara Indonesia yang sehat jasmani, rohani, berdedikasi tinggi dan memenuhi kualifikasi jenjang pendidikan yang sesuai dengan syarat jabatan tertentu yang dipilih
  2. Berusia 18 tahun dan maksimal 35 tahun
  3. Memiliki SKCK sebagai bukti bahwa pendaftar tidak pernah dipidana
  4. Tidak ketergantungan dengan obat terlarang
  5. Tidak menjabat sebagai PNS maupun CPNS di instansi lain
  6. Bersih dari keterlibatan di partai politik
  7. Bagi Anda lulusan dari perguruan tinggi yang sudah terakreditasi BAN-PT, maka IPK minimal adalah 2.30 bagi yang berasal dari wilayah provinsi Kalimantan Utara, sementara 2.75 bagi pendaftar dari luar Kalimantan.

Poin-poin tersebut di atas merupakan syarat umum pendaftaran CPNS Pemprov Kalimantan Utara. Sementara itu syarat khususnya di antaranya seperti surat lamaran, ijazah, transkrip nilai, pas foto 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar, KTP, surat kuning atau surat AK-1, dan SKCK. Untuk surat lamaran dan surat pernyataan formatnya bisa langsung di unduh di situs resmi Pemprov Kalimantan Utara yakni di www.kaltaraprov.go.id.

Pada situs tersebut juga tersedia info lengkap lainnya yang berkaitan dengan pendaftaran CPNS Pemprov Kalimantan Utara. Nah itulah tahapan cara pendaftaran CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Ketika ingin menjadi bagian dari pemerintah daerah Kalimantan Utara, tentunya akan ada banyak pesaing yang harus dihadapi. Hal ini karena pendaftaran CPNS dibuka untuk umum untuk semua warga negara Indonesia.

Untuk itulah diperlukan ketelitian dalam pengisian berkas agar bisa lolos dan menjadi seorang pegawai negeri terpilih. Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai bagian dari pemerintah provinsi Kalimantan Utara, salah satu tips yang harus diingat adalah pastikan bahwa semua syarat cara pendaftaran CPNS Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara benar-benar terpenuhi bahkan dari hal terkecil.

Hal ini karena jumlah pendaftar yang pasti akan membludak tentunya membuat proses seleksi pun semakin ketat. Tips lainnya, jangan lupa juga untuk mengenali lebih dalam tentang jabatan PNS yang ingin Anda masuki. Memperkaya wawasan tentang dunia kerja pastinya akan sangat bermanfaat untuk proses seleksi berikutnya.

Selain itu, jangan lupa juga untuk mempersiapkan fisik dan mental yang sehat agar membantu kelancaran proses pendaftaran. Demikianlah pembahasan kali ini, dan untuk info lengkap tentang pendaftaran CPNS instansi lainnya bisa diakses di sscn.bkn.go.id. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Sekolah Pramugari