Cara Pendaftaran CPNS Kemenko POLKAM.go.id 2017/2018

POLKAM.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemonko POLHUKAM) 2017/2018 Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan merupakan salah satu kementerian di Pemerintahan Indonesia yang mengkoordinasikan perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan kebijakan-kebijakan di bidang politik, hukum, dan keamanan. 

Selain tugas tersebut, Kementerian ini juga memiliki tugas dalam membantu Presiden untuk pengendalian penyelenggaraan tentang urusan-urusan kementerian, mengelola barang milik atau kekayaan negara, dan melakukan pengawasan pelaksanaan tugas lingkungan, serta melakukan tugas tertentu dari Presiden. Dalam melaksanakan tugasnya dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas agar bisa menjalankan tugas-tugas dengan baik. 

Cara Pendaftaran CPNS Kemenko POLHUKAM 2017/2018


Sekarang ini sudah dibuka pendaftaran CPNS Periode II tahun 2017. Dibukanya pendaftaran CPNS periode II di tahun 2017 ini sangat ditunggu-tunggu oleh Warga Negara Indonesia terutama para pencari kerja. Para sarjana muda pasti juga mengincar adanya pendaftaran CPNS ini, karena sebagai langkah awal untuk memulai karirnya. Selain itu, PNS juga menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan sampai hari tua nanti. Oleh karena itu, pendaftaran CPNS ini sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan.

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan sebagai salah satu kementerian yang membuka pendaftaran CPNS 2017. Hal ini didasarkan pada pengumuman nomor 1/CPNS/Polhukam/9/2017 tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tahun Anggaran 2017. Pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tahun Anggaran 2017 dibuka kesempatan untuk Warga Negara Indonesia untuk mengisi formasi pada 24 unit kerja. 

Masing-masing jabatan pada unit kerja memiliki kualifikasi pendidikan, jenis formasi, dan jumlah formasi. Sebelum memulai mendaftar sebaiknya harus memahami terlebih dahulu cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Hal tersebut menjadi penting agar tidak terjadi kesalahan dalam mendaftar. Setiap kali mendaftar pekerjaan tentu ada beberapa hal yang dipersyaratkan untuk bisa dipenuhi. 

Sama halnya dengan pendaftaran CPNS ini, pada pendaftaran CPNS ini mensyaratkan tingkat pendidikan D3/S1 dari program Sosial Humaniora. Tingkat pendidikan dan program studi menjadi pertimbangan dalam seleksi administrasi. Sehingga perlu diperhatikan kesesuaian antara formasi yang dilamar dengan tingkat pendidikan.

Pelamar untuk CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan dibagi dalam dua kriteria, yaitu pelamar cumlaude (lulusan dengan pujian) dan pelamar umum. Untuk pelamar cumlaude diambil dari perguruan tinggi terakreditasi A dan dari program studi terakreditasi A pula. Sedangkan untuk pelamar umum merupakan pelamar yang tidak berasal dari kriteria cumlaude. 

Kemudian untuk bisa lolos seleksi administrasi dalam suatu lamaran pekerjaan, perlu melampirkan persyaratan yang sudah ditentukan. Pastikan persyaratan ini tidak ada yang terlewatkan satu pun. Hal ini merupakan salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. Persyaratan ini bisa dilihat langsung di pengumuman pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Pelamar juga perlu mengetahui dan memahami tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, agar setelah segala persyaratan terpenuhi bisa langsung mendaftar. Pendaftaran dilakukan secara online pada laman sscn.bkn.go.id. Kelengkapan dokumen sebagai berkas lamaran meliputi :
  1. Surat lamaran pekerjaan yang ditujukan kepada Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, diketik dan ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,-. Format surat lamaran pekerjaan bisa mengikuti format di laman sscn.bkn.go.id.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau bisa menggunakan surat keterangan kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil).
  3. Ijazah asli dan Transkrip Nilai asli.
  4. Surat pernyataan dan surat kebenaran dokumen diketik dan ditanda tangani di atas materai Rp 6.000,- atau bisa mengikuti format di laman sscn.bkn.go.id.
  5. Pas photo latar belakang merah ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar.

Dokumen-dokumen tersebut diunggah melalui laman sscn.bkn.go.id dengan log in menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP atau Kartu Keluarga (KK). Waktu unggah dokumen dimulai pada 11 September 2017 hingga 25 September 2017 (maksimal 23.59 WIB). Ada beberapa tahapan seleksi yang akan dilalui oleh pelamar antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Pada seleksi administrasi dilakukan verifikasi dokumen pada laman sscn.bkn.go.id dan dilakukan verifikasi dokumen tentang ijazah, transkrip nilai, dan KTP. Biasanya dipilih dari pelamar yang mengirimkan berkas sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan. Tahap seleksi selanjutnya dari cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) biasanya dilakukan dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). 

Bobot nilai pada tes ini adalah sebesar 40%. Kemudian jika lolos seleksi tahap ini, maka akan melakukan seleksi kompetensi bidang yang memiliki bobot 60% dengan pembagian tes psikotes (bobot 50%) dan wawancara (bobot 50%). Pelamar yang dipilih adalah pelamar yang bisa mengikuti dan lolos setiap tahapan seleksi CPNS Kementerian Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan. 

Pelamar perlu menyiapkan segala hal, mulai dari dokumen-dokumen sebagai persyaratan sampai materi-materi sebagai bahan tes seleksi kompetensi dasar dan kompetensi bidang. Kelulusan dari tahap seleksi CPNS merupakan bagian dari kemampuan setiap pelamar. Sehingga jika ingin bersungguh-sungguh dalam mendaftar CPNS maka jangan melewatkan setiap kesempatan yang ada. Segala dokumen harus benar-benar disiapkan, karena seleksi administrasi adalah penting dalam setiap seleksi pekerjaan. Oleh karena itu, tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan harus dipelajari dengan baik dan memenuhi setiap pesyaratanya.
GET IT ON Google Play