Cara Pendaftaran CPNS Cpnsonline.MENLHK.go.id 2017/2018

Cpnsonline.menlhk.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (MENLKH) 2017/2018 Menjadi salah satu lulusan sarjana atau ahli madya di salah satu kampus sudah tentu menjadi salah satu impian Anda, apalagi jika setelah lulus Anda bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang mumpuni dan sesuai dengan passion. 

Beberapa lama resmi milik lembaga pemerintahan secara resmi sudah membuka lowongan, salah satunya adalah informasi mengenai penerimaan calon tenaga pegawai baru di lingkungan direktorat jenderal konservasi sumber daya alam lingkungan hidup dan kehutanan. Apa sebenarnya lembaga tersebut? Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia merupakan salah satu kementerian pemerintahan Indonesia yang memiliki peran penting terhadap urusan lingkungan hidup dan kehutanan. 

Cara Pendaftaran


Sesuai dengan namanya, kementerian ini merupakan gabungan dari kementerian lingkungan hidup dan kementerian kehutanan dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Beberapa fungsi dari kementerian ini meliputi penetapan kebijakan di bidang pemantapan di kawasan hutan dan lingkungan hidup yang dilaksanakan secara berkelanjutan serta mengelola konservasi sumber daya alam dan ekosistem yang ada di lingkungan hutan lindung dan cagar alam yang ada di seluruh kepulauan Indonesia.

Jika Anda tertarik dengan salah satu posisi yang ada di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan maka segeralah mendaftarkan diri dan mengikuti beberapa prosedur dan petunjuk lowongan kerja dengan beberapa formasi berikut ini. Berikut kualifikasi yang harus Anda penuhi sebagai salah satu cara pendaftaran CPNS di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan.

Semua alur tata cara pendaftaran CPNS di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dan berkas-berkas dilakukan dengan sistem online melalui lama resmi htpps://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan beberapa data yang tertera di Kartu Keluarga (KK) meliputi nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga. 

Setelah proses pendaftaran online selesai, Anda akan mendapatkan username dan password untuk login sehingga harus benar-benar dijaga dengan sangat hati-hati. Pelamar hanya diperbolehkan memilih salah satu instansi dan kemudian melakukan proses pendaftaran menggunakan username dan password tadi agar bisa secara langsung melamar ke laman resmi cara pendaftaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada http://cpnsonline.menlhk.go.id . Adapun formasi yang dibuka sesuai dengan penempatan seperti berikut ini.


Formasi CPNS MENLHK
  1. Pengawas Lingkungan Hidup Pertama. 
  2. Pengendali Ekosistem Hutan Pertama. 
  3. Pengendali Ekosistem Hutan Terampil. 
  4. Polisi Kehutanan Pertama. 
  5. Polisi Kehutanan Terampil.
Informasi mengenai Lulusan yang bisa mengikuti jabatan yang sudah dijelaskan adalah mereka yang memiliki latar belakang kehutanan baik D3 maupun S1 ini merupakan kesempatan besar yang tidak boleh dilewatkan, apabila anda memenuhi syarat mendaftar silahkan langsung mngikuti proses pendaftaran yang akan dilaksanakan melalui online.

Selain hanya boleh memilih satu instansi, pelamar juga hanya diperbolehkan memilih satu formasi jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki oleh pelamar disesuaikan dengan kebutuhan formasi di masing-masing instansi. Setelah melakukan pendaftaran secara online, segera unduh atau download formulir pendaftaran sebagai bukti telah berhasil mendaftar. Beberapa dokumen pendaftaran juga sangat penting untuk segera Anda lengkapi untuk mendaftarkan diri menjadi CPNS Kemenlhk meliputi:
  1. KTP atau kartu tanda penduduk yang masih berlaku
  2. transkip nilai asli yang sudah dilegalisisasi
  3. akreditasi program studi
  4. ijazah asli atau legalisiran, untuk ijazah yang belum keluar tidak diperkenankan menggunakan surat keterangan lulus atau ijasah sementara
  5. bagi formasi khusus putra putri Papua harus melampirkan ijazah asli atau legalisir, akta kelahiran, KTP orang tua, dan beberapa surat keterangan lainnya yang sudah tentu sangat sulit untuk dikerjakan karena rumahnya yang jauh. Dokumen pendaftaran yang sudah dipersiapkan tadi kemudian dijadikan menjadi satu berkas berbentuk pdf dengan ukuran maksimal 500 Kb. Dokumen tersebut kemudian dikirimkan kepada instansi terkait atau melalui laman web resmi. 

Untuk tahun 2017 ini, kebutuhan pegawai aparatur daerah di kementerian lingkungan hidup dan kehutanan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejumlah 700 orang. Cara pendaftaran CPNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  harus Anda pelajari mulai dari sekarang. Beberapa posisi dan persyaratan pada setiap formasi sudah tentu harus Anda perhatikan dan persiapkan dengan matang agar Anda bisa mencapai cita-cita sebagai seorang PNS. 

Beberapa jabatan yang dibuka meliputi pengawas lingkungan hidup pertama, pengendalian ekosistem hutan pertama, pengendali ekosistem hutan terampil, polisi kehutanan pertama, dan polisi kehutanan terampil. Kualifikasi pendidikan pada masing-masing formasi sudah tentu memiliki ketetapan dan latar belakang yang berbeda-beda. Untuk jenjang terampil atau Diploma 3 program studi yang dicari adalah kehutanan, ekowisata dan pertanian. 

Sedangkan untuk jenjang pertama atau sarjana program studi yang dicari meliputi kehutanan, geografi, sosiologi, ilmu lingkungan, teknik lingkungan, pertanian, biologi, perikanan/ kelautan, kedokteran hewan, hukum, ilmu kimia, teknik kimia, ilmu fisika, teknik pertambangan, teknik industri, teknik perminyakan, teknik sipil dan perencanaan, teknik mesin, metalurgi, planologi, statistika, geologi, dan geodesi.

Tata cara pendaftaran CPNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebenarnya cukup mudah jika Anda secara teliti dan tekun membaca setiap persyaratan yang ada. Berikut beberapa persyaratan umum yang harus Anda penuhi sebelum memutuskan untuk mendaftar sebagai CPNS di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah sebagai berikut.
  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia
  3. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal berusia 35 tahun
  4. Tidak pernah diberhentikan tidak hormat ditempat kerja sebelumnya ketika sedang mendaftar sebagai CPNS
  5. Persyaratan lainnya dapat dilihat di situs pendaftaran online pada situs resmi http://sscn.bkn.go.id
  6. Semua tahapan recruitment CPNS ini tidak dipungut biaya
  7. Metode yang digunakan dalam seleksi CPNS adalah metode CAT sehingga para peminat dapat mempelajari kisi-kisi soal Tes CAT di laman Menpan
  8. Pemantauan website sangat dianjurkan agar informasi terbaru yang dirilis secara resmi bisa secara langsung Anda dapatkan.
  9. Bagi Anda yang berminat dan merasa memenuhi persyaratan yang ada, silakan langsung melalui proses yang sudah disediakan sesuai dengan jadwal pendaftaran secara online.
Beberapa informasi yang telah dijelaskan kami rasa sudah cukup jelas, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendaftaran CPNS khusus kementerian lingkungan Hidup dan kehutanan akan dilaksanakan secara online melalui masing-masing situs, bila berminat silahkan langsung mendaftar sesuai denga jadwal yang sudah ditetapkan.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa Pendaftaran untuk jabatan tertentu hanya bisa diisi melalui mereka yang memiliki latar belakang pendidikan berbasis kehutanan baik itu D3 maupun S1 untuk bisa mengikuti pendaftaran CPNS ini silahkan kunjungi situs dan mulai mendaftara secara online.
GET IT ON Google Play