Cara Pendaftaran CPNS DPR.go.id 2017/2018

DPR.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS DPR 2017/2018 Ingin Jadi Bagian di DPR? Ini Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR Profesi sebagai seorang PNS menjadi salah satu profesi yang paling menjanjikan. Betapa tidak? Gaji dan tunjangan yang besar serta adanya pemberian uang pensiunan hingga asuransi kesehatan tentunya bisa memberikan jaminan kesejahteraan tinggi. 

Meskipun memang tidak memiliki pendapatan yang fantastis layaknya pengusaha sukses, namun pendapatan per bulan seorang PNS cenderung stabil. Berbeda halnya dengan pengusaha yang kerap mengalami naik turun dalam keuangannya. Dengan keunggulan tersebut, tak heran membuat banyak orang saling berlomba untuk bisa berebut kursi sebagai bagian dari PNS, salah satunya bagian Sekretariat Jenderal DPR yang digadang-gadang bisa mendapatkan gaji dan tunjangan yang cukup besar. Lalu, bagaimanakah cara pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR?

Cara Pendaftaran CPNS DPR.go.id 2017/2018


Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari pegawai negeri sipil khususnya di bagian Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, sekarang adalah waktu yang tepat untuk Anda mencoba peruntungan pendaftaran CPNS. Pasalnya pada 5 September 2017 lalu pemerintah secara resmi menyebarkan informasi berisi pembukaan pendaftaran CPNS. 

Tidak hanya di satu instansi saja seperti pada pendaftaran Kemenkumham bulan Agustus lalu, namun langsung di 61 instansi pemerintahan sekaligus. CPNS Sekretariat Jenderal DPR pun termasuk di dalamnya. Penasaran seperti apa dan bagaimana cara pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR? Sebelum membahas cara pendaftarannya, alangkah lebih baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Sekretariat Jenderal DPR dan apa saja tugas pokok dan fungsi yang dijalankannya.

Dilansir dari situs resminya yakni di www.dpr.go.id, Sekretariat Jenderal ini merupakan salah satu unsur penunjang dalam DPR. Tugas dari Sekretariat Jenderal DPR adalah mendukung kelancaran dalam pelaksanaan tugas dan wewenang DPR RI kaitannya dalam hal administrasi hingga persidangan. 

Secara khusus, fungsinya Sekretariat Jenderal DPR adalah merumuskan dan mengevaluasi RENSTRA Sekretariat Jenderal, hingga membuat kebijakan, pembinaan, maupun pelaksanaan dukungan persidangan dan administrasi pada DPR RI. Susunan organisasi yang ada pada Sekretariat Jenderal DPR RI sendiri terdiri dari:
  1. Inspektorat Utama
  2. Deputi bidang persidangan
  3. Deputi administrasi
  4. Pusat diklat
  5. Pusat data dan informasi

Pada situs penerimaan CPNS di www.sscn.bkn.go.id, disebutkan bahwa CPNS Sekretariat Jenderal DPR akan dialokasikan pada beberapa unit kerja di struktur organisasinya. Rinciannya, jabatan yang disediakan untuk CPNS 2017 di Sekretariat Jenderal DPR di antaranya adalah:
  1. Analis Hukum
  2. Analis Infrastruktur
  3. Penyusun bahan-bahan kebijakan
  4. Pengawas gedung dan bangunan
  5. Analis konten media sosial
  6. Jurnalis
  7. Analis APBN
  8. Auditor
  9. Widyaswara
  10. Penerjemah (bahasa Inggris)
  11. Peneliti
  12. Perancang Peraturan UU
  13. Pranata Humas

Masing-masing jabatan yang disediakan tersebut memiliki syarat kualifikasi pendidikan yang berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya bisa mengunduh file cara pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR yang tersedia di situs www.sscn.bkn.go.id. Selain memiliki syarat khusus yang berbeda-beda pada kualifikasi pendidikannya, namun ada juga syarat-syarat umum yang diberlakukan yakni di antaranya:
  • Berkebangsaan Indonesia, sehat jasmani rohani dan taat pada Pancasila maupun UUD ‘45
  • Berusia 21-35 tahun
  • Berkelakuan baik yang ditunjukkan dengan surat pernyataan belum pernah dihukum tahanan dan tidak ketergantungan dengan narkotika
  • Tidak sedang menjabat sebagai PNS/ CPNS/ TNI/ POLRI maupun pegawai BUMN/ BUMD
  • Tidak termasuk dalam partai politik mana pun
  • Lulusan PTN atau PTS yang terakreditasi BAN-PT minimal B
  • Lulusan S1 memiliki IPK minimal 2.75 untuk lulusan PTN, dan 3.00 untuk lulusan PTS 
  • Lulusan S2 memiliki IPK minimal 3.00 untuk lulusan PTN, dan 3.25 untuk lulusan PTS
  • Memiliki sertifikasi bahasa Inggris (TOEFL) yang masih berlaku 1 September 2017 atau lebih dengan skor minimal 450 untuk lulusan S1 dan 500 untuk S2

Itulah persyaratan umum untuk pelamar yang berminat mendaftar sebagai bagian dari CPNS Sekretariat Jenderal DPR. Selain syarat-syarat tersebut di atas, masih banyak syarat khusus lainnya yang lebih spesifik bisa diunduh filenya di www.sscn.bkn.go.id. Informasi penting lainnya yang perlu diketahui adalah mengenai tahapan-tahapan cara pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR. Tahapan seleksi terdiri dari:
  1. 11-25 September 2017: Pendaftaran online (dilakukan via portal sscn.bkn.go.id). Pelamar yang lolos seleksi administrasi online akan diumumkan pada 30 September 2017.
  2. 2 Oktober-6 Oktober 2017: mencetak nomor ujian yang diunduh secara online
  3. 9 Oktober-20 Oktober 2017: SKD (seleksi kompetensi dasar). Hasil diumumkan pada 23 Oktober 2017.
  4. 25 Oktober-30 Oktober 2017: Psikotes dan wawancara. Hasil akhir akan diumumkan pada 20 November 2017.
  5. Setelah hasil akhir diumumkan, maka peserta yang lolos CPNS akan langsung melakukan pemberkasan dan registrasi ulang pada tanggal 21 November sampai 10 Desember 2017.

Nah, itulah tahapan seleksi pendaftaran CPNS sekretariat jenderal DPR. Bagi Anda yang berminat untuk ikut andil dalam dunia politik di Dewan Perwakilan Rakyat, maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri sebagai CPNS. Terakhir, ada 2 tips yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan bahwa semua syarat terpenuhi. 

Mendaftar sebagai CPNS memang cenderung lama dan membutuhkan banyak berkas, untuk itu pastikan bahwa Anda sudah memenuhi semua syarat yang diberlakukan. Kedua, perbanyak wawasan tentang unit kerja atau jabatan yang Anda pilih pada saat mencari tahu cara pendaftaran CPNS Sekretariat Jenderal DPR. Coba sharing dengan PNS di jabatan yang sama, atau bisa juga browsing di internet tentang job desc bidang yang Anda minati.
GET IT ON Google Play