Cara Pendaftaran CPNS Kemhan.go.id 2017/2018

Kemhan.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kementerian Pertahanan (Kemhan) 2017/2018 Yang Harus Kita Tahu Kementerian Pertahanan Republik Indonesia atau yang kerap disebut Kemhan RI merupakan kementerian yang berada dalam wilayah Pemerintah Indonesia serta secara khusus membidangi urusan pertahanan. Kementerian ini dipimpin Menteri Pertahanan atau Menhan. Kementerian Pertahanan, bersama dengan Kementerian Luar Negeri serta Kementerian Dalam Negeri, disebutkan secara eksplisit dalam Undang Undang Dasa 1945 serta tidak dapat diubah ataupun dibubarkan Presiden. 

Menteri Pertahanan bersama dengan Menteri Dalam Negeri serta Menteri Luar Negeri akan bertindak sebagai pelaksana tugas-tugas kepresidenan apabila Presiden serta Wakil Presiden mangkat, diberhentikan, berhenti ataupun tidak dapat melaksanakan kewajiban dalam masa jabatan dalam waktu bersamaan. Tugas dan fungsi dari Kementerian Pertahanan di antaranya adalah menyelenggarakan berbagai urusan yang terkait dengan bidang pertahanan dalam pemerintah. Dalam melaksanakan tugasnya.



Kementerian Pertahanan akan menyelenggarakan fungsi perumusan, penetapan hingga  pelaksanaan kebijakan yang berlaku di bidang pertahanan. Selain itu, terdapat pula fungsi pengelolaan barang milik atau kekayaan negara yang nantinya akan menjadi tanggung jawab dari Kementerian Pertahanan. Fungsi berikutnya ialah pengawasan atas pelaksanaan tugas yang dilakukan di lingkungan Kementerian Pertahanan. Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah pelaksanaan kegiatan teknis mulai dari pusat sampai dengan daerah.

Kementerian Pertahanan juga tengah membuka lowongan kerja CPNS di tahun 2017 ini. Pahami cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan tahun 2017 di bawah agar kita bisa mengikutinya. Persyaratan yang dibutuhkan terdiri dari persyaratan umum serta persyaratan khusus. Termasuk dalam persyaratan umum ialah 

  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, 
  2. Memiliki integritas tinggi terhadap NKRI, 
  3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan, 
  4. Tidak pernah diberhentikan secara hormat ataupun tidak hormat, 
  5. Tidak memegang jabatan sebagai CPNS atau PNS, 
  6. Berkelakuan baik serta memiliki kualifikasi pendidikan yang diperlukan. 
  7. Pelamar juga harus sehat secara jasmani serta rohani. 
Jika telah memenuhi persyaratan umum di atas, masih ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi juga.

Syarat Pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan

Cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan berikutnya adalah dengan memenuhi aneka persyaratan khusus di bawah ini. 
  1. Pertama adalah persyaratan usia, yaitu minimal 18 tahun serta maksinal 35 tahun yang dibuktikan dengan fotokopi KTP yang masih berlaku serta ijazah. 
  2. Bagi yang telah berusia 35 hingga 40 tahun, dapat mengikuti pendaftaran namun harus memiliki masa kerja di instansi pemerintah ataupun lembaga swasta dengan badan hukum serta menunjang kepentingan nasional. 
  3. Buktikan dengan melampirkan fotokopi sah dari surat keputusan bukti pengangkatan pertama serta terakhir. 
  4. Untuk persyaratan administrasi yang harus dipenuhi di antaranya adalah fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, 
  5. fotokopi KTP, 
  6. pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar, s
  7. urat keterangan sehat serta kartu tanda pencari kerja yang berasal dari Dinas Tenaga Kerja.

Setiap pelamar nantinya harus mematuhi cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan. Pelamar harus mendaftar secara online di situs yang telah dibuat secara khusus. Alamat website pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan akan diumumkan jika pengumuman pendaftaran telah dibuka. Pelamar yang sudah melakukan pendaftaran online nantinya akan mendapat nomor pendaftaran. Jika pendaftaran online telah dilakukan, pelamar wajib untuk mengirim berkas pendukung. 

Kelengkapan berkas antara lain adalah surat lamaran yang ditulis tangan menggunakan tinta hitam, fotokopi KTP yang telah dilegalisir, fotokopi ijazah serta transkrip yang telah dilegalisir, surat keterangan sehata asli yang berasal dari dokter pemerintah, pas foto ukuran 4 x 6 berwarna sebanyak tiga lembar serta surat keterangan pencari kerja yang didapat dari Dinas Tenaga Kerja atau kartu kuning asli.

Langkah selanjutnya dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan ini adalah dilakukan seleksi berkas. Berikutnya akan diumumkan nama-nama pelamar yang lolos dalam seleksi berkas ini. Pelamar yang lolos seleksi berkas nantinya akan diberi nomor ujian tes CPNS serta siap mengikuti tes CPNS. Tahapan tes CPNS sendiri antara lain ialah Tes Kompetensi Dasar atau TKD dan Tes Kompetensi Bidang atau TKB. Penerimaan CPNS di tahun ini adalah sistem rekruitmen baru yang lebih mengutamakan transparansi serta kejujuran dalam keseluruhan proses seleksinya.

Nantinya, para pelamar yang dapat lolos dalam seleksi CPNS adalah mereka yang benar-benar bisa menyelesaikan soal-soal dalam CPNS dengan nilai paling tinggi. Itulah cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan yang dilakukan secara online tahun ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah kelengkapan berkas, waktu pendaftaran hingga ketelitian dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS. 

Kelengkapan berkas harus benar-benar diperhatikan agar kita dapat lolos dalam tahap seleksi berkas. Cek kembali berkas-berkas apa saja yang dibutuhkan serta apakah kita sudah memenuhinya atau belum. Cek juga lowongan yang tersedia untuk kualifikasi pendidikan kita, karena kualifikasi pendidikan satu dengan lainnya akan dibedakan dengan kode tertentu. Yang tak kalah penting adalah memperhatikan waktu kita melakukan upload berkas di website atau situs pendaftaran. 

Telat semenit saja dari batas waktu yang ditentukan, kita tidak akan dapat mendaftar lagi. Luangkan waktu khusus untuk menyiapkan berkas serta mengunggahnya online. Ada baiknya kita mempelajari soal-soal yang akan keluar dalam tes CPNS nantinya. Hal ini diperlukan agar kita bisa bersiap-siap menghadapi soal-soal yang ada serta memperbesar peluang lolos. 

Telitilah dalam mengerjakan serta pahami instruksi dari tiap soal yang dikerjakan. Terakhir, jangan lupa berdoa sebelum mendaftar dan mengikuti rangkaian tes yang dijalankan. Demikian adalah uraian seputar cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertahanan. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat. Selamat mencoba. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs Sscn.Bkn.go.id.
GET IT ON Google Play