Cara Pendaftaran CPNS Kemenpar.go.id 2017/2018

Kemenpar.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Kementerian Pariwisata (Kemenpar) 2017/2018 Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil menjadi bahan yang sekarang sangat hangat untuk diperbincangkan. Apalagi jika Anda adalah salah satu dari fresh graduate tahun ini. Beberapa instansi pemerintahan sudah secara resmi merilis formasi penerimaan CPNS pada masing-masing laman resmi, salah satunya adalah cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata.

Beberapa unit kerja yang mendapatkan alokasi atau formasi penempatan meliputi badan Pelaksana Otorita Danau Toba, Politeknik Pariwisata Palembang, Politeknik Pariwisata Lombok, Politeknik Pariwisata Makassar, Akademi Pariwisata Medan, Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali, Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata, serta Sekertariat Kementerian.

Cara Pendaftaran CPNS Kemenpar 2017/2018

Beberapa jabatan yang dibuka adalah dosen, auditor, analisis kepegawaian, perencana, analisis kebijakan, statistisi, widyaiswara. Rencana penempatan formasi secara detail bisa diakses di laman resmi www.kemenpar.go.id. Beberapa kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan di kementerian pariwisata meliputi manajemen pariwisata, kajian pariwisata, perencanaan kepariwisataan, perencanaan wilayah dan kota, manajemen pemasaran, sastra inggris, sastra jepang, akuntansi, administrasi negara, planologi, statistik, ilmu matematika, dan kebijakan publik.

Cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata sebenarnya bisa dengan mudah Anda akses melalui portal resmi SSCN. Nah, pada kesempatan kali ini secara langsung kami akan memberikan sedikit informasi mengenai tata cara pendaftaran.
  1. Pendaftar dengan kualifikasi lulusan S1 dan S2 harus menyiapkan beberapa dokumen persyaratan yang terdiri dari
  2. Surat lamaran yang diketik menggunakan komputer dilengkapi materai 6000 ditujukan kepada Menteri Pariwisata di Jakarta yang ditandatangani dengan tinta berwarna hitam. Untuk format surat lamaran dapat diunduh melalui laman resmi https://sscn.bkn.go.id
  3. Surat telah melakukan rekaman kependudukan atau KTP (Kartu Tanpa Penduduk) yang dikeluarkan secara resmi oleh Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Dukcapil). Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk, maka pelamar harus mengajukan surat keterangan dari lurah atau desa setempat sebagai keterangan bahwa pelamar telah berdomisili di tempat tersebut minimal dalam satu tahun.
  4. Kartu tanda bukti pendaftaran selanjutnya dicetak sebagai salah satu bukti pendaftaran CPNS online pada tahun 2017.
  5. Surat pernyataan yang dibuat harus bermaterai 6000 yang sudah ditandatangani oleh pelamar dengan tinta hitam dengan format yang sudah ditetapkan dan dapat diunduh melalui situs resmi.
  6. Ijazah dan transkip nilai ijazah sudah disahkan dan dilegalisir oleh pejabat yang berwenang di perguruan tinggi tersebut yaitu Rektor/ Dekan/Direktur dengan stempel yang sifatnya basah atau bukan hasil dari foto copy.
  7. Pas foto sejumlah dua lembar ukuran 3 x 4 berlatar belakang warna merah.

Dokumen persyaratan yang sudah disiapkan bisa segera didaftarkan secara online melalui situs resmi cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata pada laman https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan nomor induk yang dimiliki oleh pelamar Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Nomor Induk Kependudukan yang dapat dilihat di Kartu Keluarga (KK) pelamar. 

Batas waktu pendaftaran dan pengunggahan dokumen khusus untuk pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata yaitu mulai tanggal 11 September 2017 sampai dengan 25 September 2017. Beberapa lokasi dan alamat yang dituju tersedia di beberapa tempat. Cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata untuk lokasi Jakarta maka lamaran ditujukan kepada Kepala Biro Umum, Kepegawaian, dan Organisasi Kementerian Pariwisata; Lokasi Bandung ditujukan kepada Ketua 

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung; Lokasi Bali ditujukan kepada Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali; Lokasi Medan ditujukan kepada Direktur Akademi Pariwisata Medan; lokasi Makassar ditujukan kepada Direktur Politeknik Pariwisata Makassar; lokasi Palembang ditujukan kepada Direktur Politeknik Pariwisata Palembang; lokasi Lombok ditujukan kepada Direktur Politeknik Pariwisata Lombok; lokasi badan pelaksana otorita danau toba ditujukan kepada Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Danau Toba. Sebelum melanjutkan informasi disini kami akan memberikan beberapa formasi CPNS seperti berikut ini.

Formasi CPNS Kemenpar
  1. Dosen. 
  2. Auditor. 
  3. Analis Kepegawaian. 
  4. Perencanaan. 
  5. Analis Kebijakan. 
  6. Statisti. 
  7. Widyasiswara.

Salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata yaitu dengan mengikuti beberapa tahapan seleksi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Beberapa tahapan yang harus dilalui oleh pelamar yaitu seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40%, seleksi kompetensi bidang atau yang sering disebut dengan SKB dengan bobot 60% menggunakan beberapa metode diantaranya yaitu dengan metode CAT untuk jabatan selain dosen dengan bobot SKB 60% dan seleksi wawancara dengan bobot 40%. Sedangkan untuk jabatan dosen, seleksi yang dilakukan adalah dengan model SKB psikotes dengan bobot 60% penilaian dan bobot 40% untuk seleksi wawancara.

Beberapa sistem kelulusan juga perlu Anda perhatikan sebagai salah satu cara pendaftaran CPNS Kementerian Pariwisata. Kelulusan pada setiap tahap menggunakan sistem gugur, artinya Anda secara otomatis akan melaju ke tahap selanjutnya apabila pada tahap pertama Anda dinyatakan lolos. Seperti Kualifikasi pendidikan S1 dan S2 didasarkan pada verifikasi dokumen yang telah diunggah dan disesuaikan dengan kelulusan seleksi administrasi yang diumumkan melalui lama resmi kemenpar.go.id. 

nama-nama pelamar yang lolos pada tahap seleksi tersebut dapat segera mengakses informasi seleksi melalui laman resmi https://sscn.bkn.go.id.  Untuk seleksi kompetensi dasar atau lebih dikenal dengan sebutan SKD berdasarkan pada passing grade yang sudah diatur dan ditetapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Pelamar yang lolos seleksi SKB adalah pelamar yang sudah dinyatakan lolos seleksi SKD. Kelulusan terakhir berdasarkan atas integrasi kedua seleksi yaitu seleksi SKD dan seleksi SKB yang sudah diatur menggunakan aturan bobot penilaian yang sudah ditetapkan.
Sekolah Pramugari