Cara Pendaftaran CPNS BIN.go.id 2017/2018

BIN.go.id - Ini Dia, Cara Pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara (BIN) 2017/2018 Badan Intelijen Negara atau BIN adalah salah satu badan yang membuka kesempatan bagi mereka yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS di badan tersebut. Adapun penerimaan formasi PNS di BIN adalah sebanyak 199. Dari banyaknya lowongan tersebut, dibagi menjadi beberapa bagian. 

Bagian yang pertama, sebanyak 20 formasi disediakan bagi mereka yang melamar dengan predikat cumlaude di perguruan tinggi. Bagian yang kedua adalah ditujukan untuk mereka yang menyandang disabilitas, BIN menyediakan formasi sebanyak 3 buah. Bagian yang ketiga adalah bagian untuk putra daerah Papua sebanyak 3 formasi, dan bagian yang terakhir, yakni sisanya sekitar 173 formasi ditujukan bagi para pelamar dalam kelompok umum.

Cara Pendaftaran CPNS BIN.go.id 2017/2018

Banyaknya formasi yang dibutuhkan membuat banyak orang ingin masuk menjadi salah satu bagian dari BIN. Oleh karenanya cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara menjadi salah satu hal yang banyak dicari. Sebelum mencari tahu mengenai cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara, mari kita cari tahu terlebih dahulu formasi pada unit kerja apa yang dibutuhkan oleh BIN ini. 

Hal ini sangat penting agar kita tahu apakah ada formasi unit kerja yang dapat kita isi sesuai dengan kualifikasi yang disyaratkan. Dari banyak unit kerja yang ada, ada 12 unit kerja yang membuka peluang. Adapun 12 unit kerja tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Inspektorat utama
  2. Sekretariat utama
  3. Deputi bidang intelijen dalam negeri
  4. Deputi bidang intelijen luar negeri
  5. Deputi bidang intelijen teknologi
  6. Deputi bidang intelijen ekonomi
  7. Deputi bidang kontra intelijen
  8. Deputi bidang komunikasi dan informasi
  9. Deputi bidang analisis dan produksi intelijen
  10. Pusat pendidikan dan pelatihan
  11. Pusat pembinaan profesi intelijen
  12. Badan intelijen di daerah

Setiap unit kerja, membuka beberapa formasi atau jabatan yang dapat Anda daftar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Kualifikasi tersebut terutama adalah kualifikasi pendidikan. Adapun rentang kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan oleh BIN adalah antara D3 sampai dengan S2 dari berbagai bidang tergantung unit kerja dan jabatan yang dituju.

 Nah, setelah mengetahui unit kerja yang membuka pendaftaran CPNS, kini saatnya kita mengetahui bagai mana cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara. Cara yang pertama adalah sebagai pelamar, Anda harus memenuhi kriteria yang disyaratkan. Adapun kriteria yang disyaratkan diantaranya adalah sebagai berikut.


Lulusan Terbaik

Untuk pelamar dengan jalur cumlaude haruslah pelamar yang cumlaude dari universitas yang memiliki akreditasi unggul atau nilai A serta program studi yang diambil juga memiliki akreditasi unggul atau dengan nilai A pada saat pelamar lulus dari program studi di universitas tersebut. Bukti cumlaude adalah transkrip nilai atau ijazah.


Pelamar Berkebutuhan Khusus

Untuk penyandang disabilitas yang dapat mendaftar sebagai CPNS BIN adalah penyandang disabilitas yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas mengetik. Menganalisa, berdiskusi, serta menyampaikan pendapat atau tanggapan.


Putra-Putri Asli Papua

Untuk pelamar dengan jalur putra daerah Papua serta Papua Barat harus lulus dari sekolah di wilayah tersebut sampai dengan SMA dengan dibuktikan dari copy ijazah dengan legalisir sekolah. Selain itu, pelamar juga harus memiliki keturunan orang tua terutama bapak dari penduduk Papua asli dengan menyertakan bukti KTP ayah kandung, akta kelahiran, serta surat yang menerangkan hubungan keluarga yang dikeluarkan oleh kelurahan atau desa.


Pelamar Umum

Sedangkan yang termasuk dalam pendaftar golongan umum adalah pendaftar yang tidak masuk dalam kriteria 1 sampai 3 di atas.


Cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara yang kedua adalah memenuhi persyaratan pelamaran yang biasanya berupa dokumen dan hal-hal yang perlu dipatuhi sebagai pelamar CPNS. Adapun persyaratan yang diberikan biasanya dibagi menjadi persyaratan umum dan persyaratan administrasi. Isi dari persyaratan umum adalah hal-hal yang sifatnya umum dan berlaku bagi semua pelamar serta tidak melibatkan dokumen. 

Persyaratan administrasi adalah persyaratan yang berupa dokumen untuk membuktikan bahwa Anda sesuai dengan apa yang disyaratkan dalam persyaratan umum. Adapun persyaratan tersebut dapat Anda unduh pada laman sscn.bkn.co.id. Anda dapat membuka tautan tersebut secara langsung untuk mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi untuk mendaftar sebagai CPNS BIN. Hal ini untuk menghindari adanya penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Adapun penerimaan CPNS tidak dipungut biaya sehingga semua orang berpeluang untuk menjadi CPNS jika lolos seleksi. Cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara yang selanjutnya adalah mengetahui bagaimana alur pendaftaran yang benar agar Anda dapat lolos seleksi masuk. Adapun alur pendaftaran tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Melakukan pengunggahan dokumen dan pendaftaran dengan metode online ke website resmi sscn.bkn.co.id dengan memasukan nomor induk kependudukan yang sesuai dengan KTP pelamar atau yang ada pada KK serta nomor induk kependudukan milik kepala keluarga dan nomor KK.
  2. Rentang waktu pendaftaran adalah tanggal 11 sampai 25 september 2017.
  3. Pelamar tidak dapat melamar di banyak instansi sekaligus. Hanya 1 instansi pilihan dan 1 formasi untuk setiap pelamar.
  4. Pengumuman lolos seleksi administrasi dilakukan pada tanggal 30 September 2017 pada website resmi BIN.
  5. Setelah dinyatakan lolos, Anda dapat melakukan pencetakan kartu untuk ujian online di web sscn.bkn.go.id pada rentang tanggal 2 sampai dengan 6 Oktober 2017.

Nah, itu tadi cara pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk mendaftar melalui website resmi CPNS agar tidak mengalami penipuan. Pendaftaran CPNS dilakukan secara online dan tidak dipungut biaya sama sekali. Semog bisa bermanfaat sesuai dengan apa yang telah disebutkan diatas Pendaftaran CPNS BIN akan dilaksanakan melalui online.

Situs SSCN.BKN.go.id menjadi salah satu situs untuk melakukan pendaftaran secara online apabila berminat sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengikuti pendaftaran CPNS secara online semoga apa yang telah kami berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua ketentuan terkait dengan Pendaftaran SSCN BKN CPNS BIN. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia penerimaan CPNS BIN.
GET IT ON Google Play