Cara Pendaftaran CPNS.BPK.go.id 2017/2018

CPNS.BPK.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK) 2017/2018 Anda ingin berkarir menjadi pegawai negeri sipil atau PNS? Menjadi seorang PNS memang mendatangkan banyak kelebihan, khususnya pada jenjang karir dan jaminan di hari tua. Tetapi karena kelebihan tersebut, peluang untuk mendapatkan tempat menjadi PNS tidak mudah. 

Daya saing begitu tinggi, apa lagi bersaing satu Indonesia. Cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan yang dibuka setiap tahunnya selalu penuh dengan peminat. Institusi atau lembaga pemerintah menaungi kepegawaian negeri sipil beragam. Salah satunya ialah Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Sesuai dengan namanya, institusi ini fokus bertanggung jawab mengurus keuangan Negara Republik Indonesia. Berikut ulasan lebih lengkapnya, termasuk lowongan kepegawaian dari BPK RI.

Cara Pendaftaran CPNS.BPK.go.id 2017/2018



Mengenai Badan Pemeriksa Keuangan RI

Menjadi institusi dengan tanggung jawab besar, BPK memiliki sederet tugas utama yang didukung Undang Undang. Pada dasarnya tiga tugas utama institusi ini ialah pertama, mengurus keuangan negara. Ini menjadi tigas paling inti. Seperti kita ketahui bersama bahwa keuangan negara meliputi banyak aspek. 

Tugas kedua ialah mengatur pembendaharaan negara. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tugas pertama, BPK RI bertanggung jawab mengatur pembedaharaan seperti uang kas negara. Sementara ketiga, tugasnya berupa melakukan pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara. Meski tanggung jawabnya besar, banyak pelamar mengikuti cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan terbuka setiap tahunnya. Bahkan persaingannya sangat kuat.


Jadwal Penerimaan Pendaftaran CPNS BPK RI

Institusi BPK berhubungan langsung dengan Pemerintah Daerah, BUMN, Pemerintah Pusat, BUMD, BI, Layanan Umum, dan lembaga keuangan negara lainnya. Para pegawai negara pada institusi ini wajib melakukan perjanjian agama, karena tentu besar sekali kemungkinan melakukan hal-hal kejahatan selama bertugas. Jadwal penerimaan atau pendaftaran CPNS BPK biasanya dibuka di pertengahan tahun. 

Anda dapat melihat jadwal terbarunya di situs resmi https://sscn.bkn.go.id atau http://www.bpk.go.id. Hindari melakukan pendaftaran melalui cara yang ‘membelok’ karena resikonya sangat besar. Ikuti langkah pendaftaran resminya melalui situs resmi. Caranya juga sangat mudah karena mengandalkan jaringan internet, mulai dari aplikasi pendaftaran, pengumpulan berkas, hingga tahap seleksi lanjut berupa tes.


Syarat, Ketentuan, dan Cara Mendaftar CPNS BPK


Ada pun syarat dan ketentuan mendasar dari cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan sebagai berikut. Para pelamar wajib memenuhi syarat dasar.Syarat dasar pelamar CPNS di antaranya:
  • Pelamar WNI yang bertakwa pada Tuhan YME, serta setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, juga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).
  • Tidak memiliki riwayat buruk dalam catatan kepolisian, atau tidak pernah dipidana atas kasus-kasus dengan kekuatan hukum yang kuat.
  • Memiliki prestasi akademik dengan dua kategori yaitu lulus cumlaude (IPK di atas 3.00) dan lulusan baik (IPK di atas 2.80).
  • Pelamar berusia 19 hingga 30 tahun, terhitung sampai akhir tahun (tahun penerimaan CPNS).
  • Tidak sedang memiliki kedudukan atau bekerja di institusi negeri lain.
  • Tidak ikut serta dalam politik.
  • Sehat jasmani, rohani, serta terbebas dari obat-obatan terlarang.
  • Bersedia bekerja di wilayah atau daerah di seluruh bagian Indonesia.
  • Memenuhi berkas yang dibutuhkan atau diminta oleh masing-masing institusi.

Selain deretan syarat dan ketentuan mendasar di atas, cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan berikutnya berupa mekanisme pendaftaran CPNS yang dapat juga dilihat melalui situs resmi atau ulasan singkatnya di bawah ini.

1. Mendaftar lewat situs resmi.

Langkah awal dalam mekanisme pendaftaran CPNS adalah dengan melakukan pendaftaran secara online lewat situs resminya. Dalam tahap pendaftaran tersebut Anda akan diminta mengisi sejumlah data untuk mendapatkan akun pribadi dengan isi informasi seputar NIK, Nomer Kartu Keluarga (atau bisa NIK Kepala Keluarga), alamat email aktif, membuat password, juga pertanyaan keamanan akun.

2. Proses pendaftaran CPNS.

Setelah mendaftar melalui situs resmi, selanjutnya, lakukan log in dengan akun yang sudah dibuat ke dalam situs resmi BKN. Sebagian lembaga memiliki situs tersendiri seperti BPK RI. Nantinya dapat disambungkan secara otomatis. Kemudian langkah berikutnya, pelamar wajib melengkapi biodata diri dengan lengkap, pilih instansi dan formasi instansi. Mekanisme tentang cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan tercantum dalam dokumen pendaftaran sebagai petunjuk melamar sebagai calon pegawai negeri sipil pada segala instansi.

3. Penuhi berkas.

Wajib memenuhi permintaan berkas yang dapat diunggah pada media sudah disediakan di antaranya kartu keluarga, kartu tanda penduduk, ijazah terakhir, transkip nilai, pas foto, dan berbagai dokumen atas permintaan pihak instansi terkait. Disesuaikan dengan bidang dan tingkat prestasi atau pendidikan.

4. Menunggu proses seleksi awal.


Setelah sukses melakukan cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan sesuai petunjuk, Anda tinggal menunggu pengumuman penerimaan dengan mengikuti terus informasi atau berita di situs resmi dan media-media. Beberapa institusi bekerja sama dengan media dalam memberi pengumuman hasil seleksi.

5. Seleksi Tahap Lanjut

Bagi para pelamar berhasil masuk ke tahap seleksi lanjut, akan diminta melakukan tes memakai Computer Assisted Test atau CAS. Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia bukan hanya mengurus keuangan, mengatur pembendaharaan, dan pengelolaan keuangan negara saja, tetapi juga menjadi instansi yang melayani secara publik seperti memiliki fasilitas khusus layanan publik. Selain itu juga sering mengadakan berbagai acara khusus berkaitan dengan bisnis dan pembangunan.

Semoga ulasan seputar cara pendaftaran CPNS Badan Pemeriksa Keuangan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk persiapkan diri semaksimal mungkin ketika mengikuti seleksi CPNS. Siapkan dan lengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa membantu anda dalam proses pendaftaran CPNS BPK.
GET IT ON Google Play