Cara Pendaftaran CPNS.Kemdikbud.go.id 2017/2018

CPNS.Kemdikbud.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kemdikbud 2017/2018 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bakti Negeri Dengan Daftar Di Kemendikbud Sebagai warga negara yang baik tentunya akan lebih baik jika mengabdikan dirinya kepada negara. Tidak hanya sebagai tentara atau aparat lain yang membela dengan cara fisiknya saja tetapi juga dengan cara menyalurkan ilmu dan kreatifitas sepertipendidikan dan kebudayaan. Sekarang ini banyak sekali orang yang menginnginkan posisi sebagai PNS, disamping mendapat jam kerja yang tidak begitu banyak juga mendapatkan tunjangan hidup sampai hari tua nanti. 

Oleh sebab itu setiap adanya pembukaan CPNS maka banyak orang yang mendaftarkan diri, meskipun sekarang ini sudah dapat terlihat bahwa CPNS sudah sangat banyak sekali. Setiap tahunnya para instansi akan membuka pendaftaran CPNS karena setiap tahunnya juga selalu ada orang yang pensiun. Seperti misalnya CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kemendikbud ini membuka pendaftaran CPNS untuk tahun ini.

Cara Pendaftaran CPNS.Kemdikbud.go.id 2017/2018

Seperti yang diketahui bahwa kemendikbud sendiri bekerja dengan menyelenggrakan pendidikan di negara ini mulai dari pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini, pendidikan menengah, sampai pendidikan umum, dan juga tidak lupa dengan pengelolaan kebudayaannya. Untuk mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini Anda dapat melihat langsung ke website kemendikbud atau ke website SCCN.

Kemendikbud sendiri didirikan karena mempunyai tugas dan fungsi yang tentunya sangat penting dalam penyelnggaraan pendidikan dalam pemerintahan. Oleh sebab itu ada beberapa fungsi dari kemendikbud sendiri, yaitu:
  1. Dapat merusmuskan dan menetapkan suatu kebijakan dalam bidang pendidikan dan pengelolaan kebudayaan
  2. Dapat melaksanakan dan memfasilitasi penyelenggaraan tersebut
  3. Dalam pelaksanaan kebijakan tersebut dibutuhkannya peningkatan mutu seperti kesejahteraan guru dan tenaga pendidikan lainnya
  4. Adanya koordinasi dalam melaksanakan tugas, pemberian dukungan, dan juga pembinaan dalam organisasi dalam lingkungan kemendikbud
  5. Adanya pengelolaan barang negara
  6. Melaksanakan bimbingan teknis atas pelaksanaan urusan kemendikbud setiap daerah
  7. Melaksanakan penelitian juga pengembangan pada bidanga pendidikan dan pengelolaan kebudayaan
  8. Melaksanakan pengembangan, pembinaan, juga perlindungan terhadap bahasa dan sastra
  9. Melaksanakan dukungan yang substantif terhadap seluruh organisasi dalam lingkungan kemendikbud

Dari beberapa fungsi didirikannya kemendikbud tersebut, jika Anda berminat untuk menjadi anggota CPNS dari kemendikbud tersebut Anda harus mulai dengan mencari tahu bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan kebudayaan tersebut. Sebelum melakukan pendaftaran online, Anda lebih baik melakukan pendaftaran awal pada website Panselnas. Kemudian Anda baru melakukan pendaftaran online.

Untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan kebudayaan yang pertama adalah Andamasuk padasccn.bkn.go.id dengan NIK dan password akun SSCN. Kemudian cetak kartu informasi akun SSCN. Setelah itu login ke SSCN dengan NIK dan pasword tadi, dan daftarkan diri Anda sdengan mengisi biodata lengkap, instansi yang dipilih, dan jenis formasi. Kemudian lakukan proses pendaftaran melalui cpns.kemendikbud.go.id dan lakukan login aplikasi cpns online.  

Jangan lupa untuk mencetak kartu tanda peserta seleksi dan formulir pendaftaran yang sudah Anda isi tadi. Lalu untuk tahap selanjutnya adalah pengiriman berkas  atau dokumen yang telah di persyaratkan yang dikirim langsung ke kemendikbud. Berkas atau dokumen tersebut dikirim harus sesuai dengan urutan berikut:
  1. Print out formulir pendaftaran
  2. Surat lamaran
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi KK
  5. Fotokopi Ijazah
  6. Fotokopi sertifikat pendidik
  7. Pasfoto
  8. Riwayat hidup yang ditulis tangan
  9. SKCK atau Surat keterangan catatan kepolisian
  10. Surat keterangan sehat dari dokter
  11. Surat keterangan narkoba (tidak mengkonsumsi atau menggunakan narkoba, prekursor, psikotropika, atau zat lain)
  12. Surat pernyataan ( yang bermaterai dan ditulis tangan sendiri dengan isian tidak pernah dihukum atau dipenjara, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat, tidak sebagai CPNS, bersedia ditempatkan dimanapun, dan tidak berhubungan dengan partai politik).

Tidak lupa berkas-berkas tersebut dimasukan kedalam map sebelum dikirim. Map yang digunakan tentunya dengan menggunakan map yang berbeda setiap lulusannya. Map hijau untuk lulusan PPG SM-3T, map biru untuk lulusan PPG Basic Science, map merah untuk lulusan PPG S1 PGSD, map cokelat untuk lulusan PPGT, map kuning untuk lulusan PPG SMK Kolaboratif. Kemudian map tersebut dimasukan kedalam amplop cokelat dan tuliskan kabupaten yang akan dilamar di pojok jiri atas. 

Setelah para pelamar lolos untuk tahap administrasi, selanjutnya ke tahap kompetensi dasar. Disini pelamar akan melakukan seleksi kompetensi dasar atau SKD yang dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau CAT dengan materi Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, Tes Inteligensia Umum atau TIU, dan Tes Karakteristik Pribadai TKP. Kemudian dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB bagi pelamar yang lolos tahapan SKD.

Ketika Anda sudah mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Anda juga tidak boleh lupa untuk mengetahuiinformasi umum terkait dengan mendikbud. Seperti alokasi penempatan unit kerja ketika Anda sudah diterima dan lolos seleksi CPNS, dan juga jabatan apasaja yang ada untuk CPNS di kemendikbud. 

Untuk alokasi penempatan di kemnedikbud ini ada 8 tempat yaitu direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan, direktorat jenderal PAUD dan pendidikan masyarakat, direktorat jenderal pendidikan dasar dan menengah, direktorat jenderal kebudayaan, sekretaiat jenderal, inspektorat jenderal, badan pembinaan bahasa dan pengembangan, badan penelitian dan pengembangan. Sedangkan untuk jabatan dan kualifikasi pendidikan untuk SPNS kemendikbud sendiri cukup banyak yakni terdiri dari 116 jabatan mulai dari analisis perencanaan SDM aparatur sampai dengan teknisi laboratorium. Kemudian untuk kriteria atau kualitas pendidikan terdapat cumlaude, disabilitas, pelamar dari papua, dan umum.

Begitulah beberapa cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, jika Anda sudah berminat untuk menjadi CPNS dari kemendikbud ini, maka segerlah mendaftarkan diri dan persiapkan segala berkas yang dibutuhkan nanti. Biasanya untuk pendaftaran CPNS dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dari mulai pendaftaran sampai kepada pemberkasan.Pendaftaran dilaksanakan melalui situs http://cpns.kemdikbud.go.id.
GET IT ON Google Play