Cara Pendaftaran CPNS Kemenag.go.id 2017/2018

Kemenag.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Agama (Kemenag) 2017/2018 Pada Tahap Seleksi Administrasi Kemenetrian Agama (Kemenag) yang dulunya lebih dikenal sebagai Departemen Agama (Depag) merupakan salah satu kementerian Pemerintahan Indonesia yang memiliki tugas dan wewenang yang bersangkutan dengan agama. 

Adapun tugas dan fungsi dari Kementerian Agama RI, yakni pelaksanaan, penetapan, dan perumumusan kebijakan dalam bidang keagamaan; pelaksanaan kegiatan teknis dari pusat ke daerah dan berskalan nasional; pengawasan dalam pelaksanaan tugas di likungan Kemenag; pelaksanaan supervise dan bimbingan teknis terhadap pelaksanaan segala urusan Kemenag di daerah; dan pengelolaan kekayaan Negara yang telah menjadi taggung jawab Kemenag.


Cara Pendaftaran CPNS Kemenag.go.id 2017/2018

Anda tertarik untuk bergabung dengan Kemeang? Berikut adalah ulasan tentang cara pendaftaran CPNS Kementerian Agama. Tepat pada minggu pertama di bulan September telah diumumkan bahwa dibukanya pendaftaran CPNS periode II tahun 2017 yang memiliki sejumlah formasi di 61 Kementerian dan Lembaga. Kementerian Agama masuk ke dalam deretan Kementerian yang membuka peluang bagi Anda Putra/Putri Indonesia yang berprestasi.

Sebelum lebih jauh membahas tentang pendaftaran CPNS Kemenag 2017, Anda harus mengetahui susunan organisasi dari Kemenag. Unit kerja dari Kementrian Agama umumnya menangani soal penyelenggaraan Haji dan juga Umroh untuk umat muslim Indonesia. Ada pula bagian keagamaan yang membidangi Agama lain yang secara sah diakui oleh pemerintah. Selain itu, Kementrian Agama juga mengurusi soal produk makanan dan minuman yang beredar di Indonesia agar mendapatkan sertifikat halal dari pemerintah.

Dari sekian susuan organisasi dalam Kemenag, terdapat beberapa unit kerja. Jabatan ini biasanya menjadi lowongan kerja Kementerian Agama 2017. Untuk staf ahli dibagi menjadi 3, yakni Staf Ahli Hubungan Kelembagaan Agama, Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Komunikasi dan Informasi. Sedangkan untuk unit kerja pusat dibagi menjadi dua, yakni Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat dan Pusat Kerukunan Umat Beragama. Sudah siap untuk menjadi bagian dari Kemenag? Anda bisa mengikuti seleksi CPNS Kemenag thaun 2017 pada periode kedua ini.

Dalam periode kedua pada tahun 2017 ini, Kemenag membuka kesempatan kerja dengan membagi 3 jenis kriteria. Dari empat jenis kriteria tersebut di antaranya, lulusan terbaik (cumlaude) dari Perguruang Tinggi dan Program Studi yang memiliki akreditasi A, penyandang disabilitas, Putra/Putri terbaik Papua dan Papua Barat, dan umum. Unit kerja yang ditawarkan meliputi :

  1. Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN), 
  2. Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN), 
  3. Sekolah Tinggi Agama Katolik (STAKatN), 
  4. Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN), 
  5. Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN), 
  6. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), 
  7. Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN), 
  8. Institut Agama Islam Negeri (IAIN),
  9. Universitas Islam Negeri (UIN).

Alur Seleksi Pendaftaran CPNS Kemenag 2017

Untuk alur seleksi CPNS Kemenag 2017, ada beberapa alur yang harus diikuti dengan sistem gugur pada setiap tahapan seleksi. Seleksi akan dimulai dengan tahaoan Seleksi Administrasi. Anda bisa mendaftarkan diri secara online terhitung pada tanggal 11 September 2017. Adapun beberapa dokumen persyaratan yang harus Anda miliki. 

  1. Pertama, Anda harus membuat Surat Lamaran yang ditulis dengan tangan menggunakan tinta hitam disertai tanda tangan diri di atas material sebesar Rp 6000,-. Surat lamaran ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia. 
  2. Kedua, Anda harus menyertakan fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku dan KK (Kartu Keluarga). 
  3. Ketiga, Anda juga harus menyertakan fotokopi ijazah dan transkrip nilai akademik yang telah dilehgalisir. 
  4. Keempat, sertakan Surat Pernyataan Bebas Narkoba dan Surat Pernyataan bahwa dokumen yang Anda ajukan adalah benar dengan masing-masing diberi materi Rp 6000,-.

Namun, sebelum mengirim seluruh berkas dokumen Anda harus mendaftarkan diri secara online melalui situs http://sscn.bkkn.go.id. Lakukan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Penduduk (NIK) pada KTP dan KK. Setelah itu, Anda kan mendapatkan username dan password untuk mendaftarkan diri secara online. 

Setelah mencetak Kartu Pendaftaran, maka Anda harus mengirimkannya beserta berkas-berkas persyaratan yang telah dipersiapkan selambat-lambatnya 2 hari dari Anda mendaftarkan diri secara online. Untuk batas tanggal ditentukan pada tanggal 27 September 2017. Jika alamat yang disampaikan tidak sesuai dengan alamat satuan kerja, maka berkas dinyatakan didiskualifikasi.


Tahap Seleksi Administrasi

Adapun tahapan selanjutnya setelah Seleksi Administrasi. Bagi pelamar yang dinyatakan lulus melalui pengumuman CPNS Kemenag, maka diwajibkan untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Tahapan seleksi berikutnya setelah Seleksi Administrasi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). 

Untuk SKD akan dilaksanakan dengan Computer Assisted Test (CAT), Sedangkan SKB memiliki bobot penilaian sebesar 60% terdiri dari wawancara dan micro teaching. Selain persyaratan berkas, ada beberapa pesyaratan umumd an persyaratan khusus yang diajukan oleh Kemenag. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mengakes lama resmi Menpan yang menyediakan dokumen lengkap pengumuman pendaftaran CPNS.

Sekian cara pendaftaran CPNS Kementerian Agama pada periode kedua tahun 2017, semoga bermanfaat dan sukses selalu. Jangan lupa untuk menyiapkan segala jenis persyaratan yang diminta dari jauh-jauh hari sehingga tidak ada yang tertinggal. Untuk keterangan lebih lengkap dan terbaru, Anda bisa mengakses langsung situs resmi Kementerian Agama RI atau laman http://sscn.bkkn.go.id

Jangan sia-siakan kesempatan Anda, karena di periode ini Pemerintah membuka pendaftaran CPNS secara besar-besaran. Persiapkan seluruh berkas dan persiapkan diri Anda. Pendaftaran Online akan segera dibuka pada tanggal 11 September 2017 nantinya. Tandai kalender Anda dan siapkan seluruh kebutuhan yang dibutuhkan. Selamat mecobda dan sukses selalu! Demkikianlah informasi yang bisa kami berikan terima kasih.
Sekolah Pramugari