Dikdin.bkn.go.id 2021-2022 : 6 Tahap Daftar Online Sekolah Kedinasan

Dikdin.bkn.go.id 2021-2022 - 6 Tahap Daftar Online Sekolah Kedinasan  - Sekolah Kedinasan akhirnya membuka pendaftaran tahun ini setelah melewati beberapa kali pengunduran jadwal pendaftaran, karena situasi yang kurang kondusif, akhirnya dibuka, bagi lulusan tahun ini yang sudah menunggu sejak lama, dapat mengikuti pendaftaran secara online dengan ketentuan memenuhi semua persyaratan.

Pendaftaran sekolah kedinasan dibuka pada bulan ini dan berlangsung hingga akhir beberapa minggu kedepan, dan akan menyesuaikan jika memang belum memungkinkan, pelaksanaan akan dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu proses pendaftaran peserta, ujian SKD, hingga seleksi lanjutan yang sudah ditentukan hingga dua bulan kedepan.



Untuk pelaksaan tes dan jadwal lainnya dapat dilihat secara lengkap melalui https://dikdin.bkn.go.id/, calon pelamar wajib membaca dan memahami tata cara pendaftaran dan persyaratan sekolah kedinasan dimana setiap sekolah memiliki perbedaan tergantung dari sekolah kedinasan yang dipilih. Proses daftar tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya seperti setiap siswa hanya diizinkan memilih satu sekolah kedinasan saja, tidak boleh ada data dobel.

Bagi yang sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari silahkan mendaftar, untuk yang belum paham dengan prosedur pendaftaran Sekolah Kedinasan kami akan memberikan rincian mengenai tata cara pendaftaran mulai dari mengakses portal SSCASN sampai dengan cek hasil seleksi untuk lebih jelas seperti berikut ini :


1. Akses Portal

1.1. Portal SSCASN dan Dikdin BKN.

Proses pendaftaran dilaksanakan melalui portal https://sscasn.bkn.go.id nantinya akan diarahkan ke link https://dikdin.bkn.go.id, setelah melalui penundaan beberapa waktu lalu akhirnya pelaksanaan sekolah kedinasan akan dibuka secara online, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan registasi pembuatan akun dan login untuk mengisi pendaftaran untuk lebih jelas seperti dibawah ini.


2. Pendaftaran

2.1. Pembuatan Akun SSCN
  1. Langkah pertama adalah pembuatan akun SSCN Sekolah Kedinasan, klik menu "Registasi" pada link dikdin.bkn.go.id.
  2. Isi form pembuatan akun SSCN hingga selesai seperti NIk, No KK, dan Password, email aktiv dan lainnya, jika proses pendaftaran sudah silahkan kirim dan simpan data.
  3. Kompirmasi pendaftaran SSCN melalui email yang sudah di daftarkan.
  4. Setelah proses pendaftaran selesai jangan lupa untuk mencetak kartu bukti pendaftaran akun SSCN sekolah kedinasan.
2.2. Login
  1. Login melalui situs https://dikdin.bkn.go.id menggunakan NIk dan Password yang sudah dibuat.
  2. Setelah berhasil login silahkan upload swafoto.
  3. Jangan lupa untuk melengkapi biodata, seperti data diri, data pendidikan, dan data orang tua/wali hingga semuanya selesai.
  4. Selanjutnya memilih sekolah kedinasan, setiap peserta hanya di perbolehkan memilih satu jenis sekolah kedinasan.
  5. Melengkapi nilai yang ada.
  6. Upload file/dokumen persyaratan pastikan format file, ukuran sesuai dengan yang tertera pada situs resmi.
  7. Pelamar mencetak resume pendaftan.
  8. Cetak kartu pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan.
2.3. Login Situs Sekolah Kedinasan
  1. Setelah menyelesaikan proses pendaftaran melalui situs SSCN Dikdin tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh peserta adalah mengunjungi masing-masing situs resmi sekolah kedinasan dan login untuk melengkapi data yang ada di website sekolah kedinasan.
  2. Kunjungi situs resmi sekolah kedinasan sesuai dengan pengumuman masing-masing sekolah kedinasan.
  3. Pastikan kalian menyelesaikan proses pendaftaran melalui website sekolah kedinasan yang dipilih.

3.Verifikasi

3.1. Panitia oleh Panitia
  1. Setelah semua data sudah terisi 100% peserta yang sudah mendaftar tinggal menunggu hasil verifikasi dari panitia sekolah kedinasan, verifikasi ini akan dilakukan melalui sistem SSCASN.
  2. Peserta yang sudah melengkapi semua data pendaftaran sesuai dengan format yang ada akan dinyatakan lulus verifikasi.
  3. Sementara data yang salah akan membuat kalian tidak lulus verifikasi, oleh sebab itu pada saat proses pendafaran jangan sampai ada data salah isi karena tidak bisa diperbaiki, hanya memiliki kesempatan satu kali pengisian data.
  4. Bagi yang merasa tidak lulus verifikasi namun merasa bahwa data yang diisi sudah sesuai dengan yang diintruksikan oleh panitia peserta dapat melakukan pengajuan sanggahan atas hal tersebut sampai batas waktu yang sudah ditentukan.
3.2. Cek Pengumuman Verifikasi.
  1. Untuk mengecek hasil verifikasi apakah peserta sekolah kedinasan yang bersangkutan lulus atau tidak caranya cukup mudah tinggal login kembali ke situs https://sscasn.bkn.go.id.
  2. kemudian login dengan menggukana akun yang sama pada saat mendaftar.
  3. Setelah dinyatakan lulus silahkan lanjut untuk melakukan pembayaran.


4.Pembayaran

4.1. Mekanisme Pembayaran
  1. Pelamar yang sudah dinyatakan lulus akan mendapatkan kode bayar untuk mendapatkan silahkan login ke sscasn atau ke website resmi sekolah kedinasan.
  2. Cara yang paling mudah untuk melakukan pembayaran bawa kode pembayaran langsung ke bank BUMN yang telah ditunjuk kemudian berikan pada teller agar dapat segera di proses.
  3. Setelah selesai setiap dapat kembali login untuk mengecek apakah pembayaran sudah terkompirmasi oleh panitia.
4.2. Verifikasi Pembayaran
  1. Pada umumnya verifikasi setelah melakukan pembayaran akan dilakukan oleh sistem secara otomatis kita sebagai peserta tinggal tunggu proses ini sampai selesai.
  2. Namun terkadang sistem tidak berjalan seperti yang diharapkan mengharuskan kita untuk mengirim bukti pembayaran secara manual kepada panitia, entah itu secara otomatis atau manual akan di sampaikan melalui pengumuman sekolah kedinasan masing-masing. 
4.3. Cetak Kartu Ujian
  1. Peserta wajib mencetak kartu ujian setelah pembayaran berhasil diverifikasi oleh sistem, dengan cara mendowload melalui situs resmi pendaftaran sscasn atau melalui website resmi sekolah kedinasan.

5. Ujian Seleksi
  1. Pelamar mengikuti ujian seleksi untuk jadwal dan lokasi tes serta peraturan pada saat tes dapat diakses melalui situs resmi sekolah kedinasan yang sudah dipilih.
  2. Ketentuan mengenai tes dapat dilihat melalui pengumuman masing-masing sekolah kedinasan dimana setiap sekolah kedinasan kemungkinan memiliki kebijakan masing-masing.
  3. Prosedur ujian akan mengikuti format yang sudah ditentukan biasanya menggunakan sistem gugur.
  4. Wajib mengikuti semua rangkaian semua ujian seleksi yang sudah buat oleh panita sekolah kedinasan.

6. Hasil Seleksi
  1. Hasil seleksi akan disampaikan melalui beberapa tahapan sesuai dengan seleksi yang diikuti terdiri dari 2 bagian yaitu tes tahap awal dan tes pantuhir atau tahap akhir.
  2. Untuk mengecek pengumuman setiap tes dapat dilihat melalui situs sekolah kedinasan yang kalian ikuti.
  3. Bagi yang sudah dinyatakna lulus seleksi sampai tahap akhir dipastikan lulus sekolah kedinasan.
  4. Website resmi pengumuman yaitu https://sscasn.bkn.go.id - https://dikdin.bkn.go.id dan website sekolah kedinasan.

Semoga informasi mengenai prosedur Pendaftaran Sekolah Kedinasan diatas bisa membantu calon peserta dalam memberikan informasi terkait dengan pendaftaran sekolah kedinasan, semua informasi yang kami muat dikuti dari situs resmi sekolah kedinasan dikdin.bkn.go.id. Jika ada pertanyaan seputar pendaftaran tinggal di komentar.