Cara Pendaftaran CPNS BEKRAF.go.id 2017/2018

Bekraf.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Ekonomi Kreatif atau BEKRAF 2017/2018 Pemerintah kembali membuka lowongan CPNS alias Calon Pegawai Negeri Sipil di tahun ini. Termasuk di antaranya adalah Badan Ekonomi Kreatif Indonesia atau BEKRAF. Cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif bisa kita simak di bawah ini, terutama apabila kita ingin menjadi PNS di instansi tersebut. Pendaftarannya sendiri akan dilakukan secara online melalui situs sscn.bkn.go.id yang dimulai pada 11 September 2017 hingga 26 September 2017. 

Pelamar nantinya harus mengisi formulir yang sudah disediakan dan sesuai data kependudukan di Kartu Tanda Penduduk atau KTP masing-masing. Pelamar juga harus mencatat serta menyimpan username dan juga password yang didapatkan saat registrasi. Ujian akan digunakan dengan sistem CAT atau Computer Assited Test. Ujian dilangsungkan di 30 lokasi. Pelamar juga dapat memilih lokasi terdekat. 

Cara Pendaftaran Online CPNS BEKRAF.go.id 2017/2018

Setelah melalui tahap registrasi, cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif berikutnya adalah peserta akan mendapat kartu registrasi. Pelamar juga harus menyediakan surat lamaran tertulis yang disertai lampiran, dokumen kartu pendaftaran online serta ditandatangi tinta hitam lalu diberi materai Rp6.000. Dokumen lain yang diperlukan ialah fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku serta fotokopi ijazah dan juga transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang. 

Khusus untuk pelamar umum serta formasi pelamar yang berasal dari Papua dan juga Papua Barat, sertakan pula surat keterangan ataupun bukti lain bahwa program studi pelamar memiliki akreditasi B dari BAN PT. Khusus untuk pelamar yang lulus dengan pujian atau cum laude, lampirkan surat keterangan yang menunjukkan Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta pelamar memiliki akreditasi A. 

Surat lamaran juga dilampiri pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak empat lembar yang latar belakangnya merah. Tuliskan nomor registrasi serta nama pelamar di balik foto. Semua berkas dimasukkand alam amplop warna cokelat lalu pada sudut kanan atas ditempel potongan dari nomor pendaftaran online. Tahapan seleksi dimulai dari seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD serta Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB.

Akan diadakan pula tes materi menggunakan CAT BKN serta psikotes, wawancara dan lain-lain. Cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif ini tidak jauh beda dengan seleksi CPNS lainnya, misalkan CPNS Kementerian Hukum dan HAM. Tahapan seleksi untuk dokter spesialis serta dokter umum sarjana atau S1 ialah seleksi administrasi, SKD menggunakan sistem CAT serta seleksi SKB. Untuk lebih jelas berikut kami berikan formasi pendaftaran CPNS BEKRAF seperti dibawah ini :

  1. Analis Hukum. 
  2. Analis Jabatan. 
  3. Analis Kebijakan Ekonomi Makro. 
  4. Analis Kepegawaian Ahli Pertama. 
  5. Analis Kepegawaian Ahli Terampil. 
  6. Analis Kerjasama Bilateral dan Regional. 
  7. Analis Kerjasama dan Permodalan. 
  8. Analis Kerjasama Luar Negeri. 
  9. Analis Keuangan. 
  10. Analis Komersialisasi HKI. 
  11. Analis Pasar. 
  12. Analis Pemasaran dan Kerjasama. 
  13. Analis Perberdayaan Masyarakat. 
  14. Analis Pembangunan Pasar. 
  15. Analis Perbankan. 
  16. Analis Perencanaan. 
  17. Analis Program Pembangunan. 
  18. Analis Renacana Naskah Perjanjian. 
  19. Analis Sarana Riset. 
  20. Analis Sosial Budaya. 
  21. Analis Tata Pameran. 
  22. Assesor SDM Aparatur Ahli Pertama. 
  23. Pemeriksa Teknologi Informasi. 
  24. Pengelola Database. 
  25. Pengelola Instalasi Teknologi Informasi. 
  26. Pengendali Teknologi Informasi. 
  27. Penyusun Bahan Bimbingan Teknis. 
  28. Penyusun Rencana Analisis Pasar Dalam Negeri. 
  29. Penyusun Rencana Analisis Pasar Luar Negri. 
  30. Penyusun Rencana Promosi. 
  31. Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama. 
  32. Pranata Barang dan Jasa
  33. Pranata Humas Ahli Pertama. 
  34. Auditor Ahli Pertama.

Ketentuannya tentu akan berbeda-beda untuk masing-masing jenjang pendidikan. Namun rata-rata tahapan seleksinya sama saja, yaitu dimulai dari seleksi administrasi, seleksi akademik, kesehatan lalu wawancara. Cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif atau BEKRAF termasuk menyiapkan sejumlah berkas yang menjadi persyaratan umumnya. Berkas-berkas tersebut antara lain ialah 
  1. Scan ijazah serta transkrip nlai asli, 
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir, 
  3. Scan pas foto terbaru ukuran 4 x 6, 
  4. Scan serta fotokopi KTP serta alamat email yang akan digunakan untuk konfirmasi. 
  5. Pendaftaran akan dibuka secara online menggunakan NIK atau Nomor Induk Kepegawaian. 
  6. NIK ini bisa ditemukan di Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). 
  7. Kriteria pelamar mulai dari cumlaude atau lulusan terbaik yang berasal dari perguruan negeri terakreditasi, mampu melaksanakan tugas seperti menganalisis, menyampaikan pikiran dan mengetik. 
  8. Khusus bagi pelamar yang datang dari Papua serta Papua Barat, disyaratkan untuk menyelesaikan pendidikan hingga SLTA atau sederajat yang ada di Papua. 
  9. Memeiliki ayah kandung dari Papua asli atau Papua Barat asli yang harus dibuktikan dengan akta kelahiran pelamar, fotokopi KTP dari ayah kandung serta surat keterangan hubungan keluarga yang berasal dari kelurahan serta kepala desa. 
Cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif ini memang sedikit berbeda untuk pelamar yang berasal dari Papua serta Papua Barat. Tujuannya adalah agar putra putri Papua bisa turut merasakan kesempatan yang sama dalam mendaftar menjadi PNS.Yang perlu diperhatikan adalah bahwa serangkaian tata cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Pelamar tidak perlu membayarkan biaya pendaftaran atau biaya apapun pada panitia. 

Pelamar juga harus berhati-hati terhadap oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang hendak mengambil keuntungan dari pengadaan CPNS ini. Pihak BEKRAF tidak akan bertanggung jawab apabila pelamar dirugikan atas tindakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab ini. Semua berkas yang telah dikirim berarti telah menjadi hak milik panitia serta tidak dapat diambil lagi oleh pelamar. Jika lokasi tes berada di luar kota, maka seluruh biaya yang dikeluarkan pelamar untuk transportasi dan akomodasi menuju tempat tes akan ditanggung seluruhnya oleh pelamar. 

Mendaftar secara online berarti kita berurusan dengan sistem. Artinya, apabila kita memasukkan berkas lamaran melewati batas waktu yang ditentukan, walau hanya satu menit, maka lamaran kita akan dianggap batal atau hangus. Perhatikan benar-benar tanggal deadline penyerahan berkas agar kita tidak terlambat dalam mendaftar. Perhatikan juga tanggal dan jam waktu dilaksanakannya tes agar kita bisa mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. 

Pastikan juga semua berkas yang dikirim telah sesuai dengan persyaratan yang diminta. Kelengkapan berkas yang sesuai akan membantu kita agar lolos dari seleksi administrasi sebagai tahap awal penerimaan CPNS ini. Demikian adalah tata cara pendaftaran CPNS Badan Ekonomi Kreatif serta hal-hal yang harus diperhatikan terkait penerimaan CPNS 2017. Semoga ulasan di atas dapat membantu.
Sekolah Pramugari