Cara Pendaftaran CPNS Ropeg.KKP.go.id SMA/SMK/MA 2017/2018

Ropeg.KKP.go.id - Cara Pendaftaran Mencoba Peruntungan dengan CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) SMA/SMK/MA 2017/2018 Sekarang ini banyak sekali masyarakat yang menginginkan pekerjaan dikarenakan situasi kehidupan yang semakin tinggi biaya hidupnya. PNS atau Pegawai Negeri Sipil merupakan salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati sampai saat ini. bagaimana tidak, jika menjadi PNS maka Anda tidak perlu khawatir akan hari tua nanti. 

Kebanyakan pekerjaan akan memberikan gaji hanya sampai pada batas umur pensiun, sedangkan untuk PNS akan terus diberikan meskipun sudah pensiun dan sudah tidak aktif lagi. oleh sebab itu setiap tahunnya masyarakat akan berbondong-bondong mendaftarkan diri ke berbagai instansi yang membuka lowongan CPNS. Salah satu instansinya adalah kementerian kelautan dan perikanan atau sering di sebut dengan KKP.

Cara Pendaftaran CPNS KKP.go.id 2017/2018

Di KKP ini banyak lowongan yang dibutuhkan sebab masih membutuhkan PNS yang aktif dan setiap tahunnya selalu ada saja yang pensiun. Jika Anda berminat untuk menjadi PNS di KKP ini Anda bisa mencoba cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan di websitenya atau di website khusus pendaftaran CPNS.

Kementerian Kelautan dan Perikanan ini membidangi urusan kelautan dan perikanan NKRI, dimana orientasi pembangunan untuk kelautan dan perikanan lebih terkonsentrasikan lagi, karena seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup melimpah. 

Potensi sumber daya tersebut bermacam-macam seperti sumber daya perikanan, tangap maupun budidaya pantai dan laut, dan energi konvensional juga  energi atau sumber daya yang sudah tidak dapa diperbarui lagi. Cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan ini dapat dilakukan dengan mengunggah beberapa dokumen persyaratan ke website dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan yang ada pada KTP. 

Setelah lolos seleksi administrasi maka Anda dapat mencetak kartu ujian dan mengisi biodata di kolom yang sudah disediakan. Adapun beberapa dokumen yang harus dilengkapi saat mendaftar di KKP ini, yaitu:
  1. Pas foto dengan pakaian formal
  2. Ijazah asli terakhir pendidikan
  3. KTP atau KK asli
  4. Surat lamaran yang ditujukan untuk Menteri Kelautan dan Perikanan
  5. Surat pernyataan
  6. Setelah itu Anda bisa langsung mencetak kartu pendaftarannya sebagai syarat untuk verifikasi saat seleksi kompetensi dasar.

Kemudian dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan ini tidak hanya sebatas pendaftaran online saja, tetapi ada juga beberapa tahapan untuk seleksinya. Meskipun dianggap membutuhkan PNS setiap tahunnya namun tetap diadakannya seleksi untuk mengambil peserta yang benar-benar memenuhi syarat di KKP ini, karena seperti yang sudah diketahui KKP ini bekerja dibawah pemerintahan dan hasilnya akan sangat berdampak kepada negara. Untuk tahapan seleksi masuk KKP ini ada beberapa tahapan yakni:
  • Seleksi administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang mempunyai bobot 40%
  • Seleksi Kompetensi Bidang dengan bobot 60% yang terdiri dari Substansi jabatan dengan menggunakan CAT 50%, Psikologi lanjutan 35%, wawancara 15%

Untuk para calon pendaftar tidak hanya harus dalam jurusan tertentu karena di KKP ini menyediakan lulusan umum untuk dapat bekerja sebagai PNS di KKP. Meskipun kebanyakan yang dibutuhkan dalam dibidang kelautan atau perikanan, namun tidak menutup kemungkinan untuk lulusan hukum dan juga akuntansi dibutuhkan. Selain itu untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan ini mempunyai unit kerja yang penempatannya berbeda setiap jabatannya.

yaitu ada sekretariat jenderal, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap, Direktorat Perikanan Budaya, Direktorat jenderal Penggunaan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Laut, Direktorat jenderal Pengawasan Sumber Daya, Inspektorat Jenderal, Badan Karantina, pengendalian mutu, dan keamanan hasil Perikanan, dan yang terakhir adalah badan riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan.

Untuk  jabatan dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dibutuhkan sangat beragam mulai dari analisis data dan informasi, analisis hukum, sampai kepada teknisi mesin. Jumlah total jabatan yang mempunyai lowongan kerja sebanyak 40 jabatan. Tetapi setiap jabatannya hanya memerlukan 1-5 orang saja dalam kategori tertentu. Ada beberapa kategori yang diberikan untuk masing-masing jabatan tersebut dan dari masing-masing jabatan tersebut hanya membutuhkan 1-2 kategori saja. 

Misalnya yang paling banyak dibutuhkan adalah kategori cumlaude. Dimana kategori ini merupakan pelamar yang mempunyai predikat “dengan pujian” saat lulus di perguruan tingginya. Kemudian ada juga kategori disabilitas dimana pelamar yang menyandang disabilitas yang mampu mengerjakan tugas seperti menganalisa, mengetik, dan menyampaikan pikiran. 

Kemudian adanya kategori Papua atau Papua Barat, dimana kategori ini khusus untuk orang papua yang dapat menamatkan pendidikannya baik itu SD, SMP, maupun SMA kemudian adanya garis keturunan asli dari papua. Dan yang terakhir adalah kategori umum, dimana kategori ini merupakan kategori untuk para pelamar yang tidak termasuk kedalam kriteria sebelumnya.

Dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan juga terdapat beberapa syarat umum yang harus dipenuhi sebelum kepada tahapan seleksi CPNS. Dimana persyaratan yang harus dipenuhi tersebut yaitu warga Negara Indonesia, tidak pernah diberhentikan dari PNS, tidak pernah dihukum atau dipenjara, tidak sedang menjadi CPNS/PNS, tidak sedang menjalani pendidikan formal, sehat jasmani rohani, berkelakuan baik, tidak berurusan dengan partai politik, dan mempunyai pendidikan terakhir dengan IPK minimial 3,00 bagi Pasca Sarjana dan 2,75 bagi pendidikan S1, dan D3.

Untuk itu bagi Anda yang berminat mencoba daftar sebagai CPNS di KKP ini sebaiknya Anda urusi beberapa dokumen penting mulai dari persyaratan hingga beberapa dokumen yang harus di unggah dan harus di photocopy. Dengan begitu jika KKP sudah membuka lowongan kerja ini Anda bisa langsung mendaftarkan diri Anda ke alamat website yang sudah diberikan tadi.
Sekolah Pramugari