Cara Pendaftaran CPNS.Ristekdikti.go.id 2017/2018

CPNS.Ristekdikti.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.Ristekdikti.go.id 2017/2018 Rekrutmen Besar-besaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Pada hari Rabu 6 September 2017 pemerintah secara resmi mengeluarkan pengumuman mengenai rekruitmen CPNS besar-besaran 58 instasi pemerintahan. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi para pencari pekerja dikarenakan selama bertahun-tahun belakangan pemerintah hampir tidak pernah membuka rekruitmen CPNS besar-besaran. 

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi juga merupakan salah satu dari 58 instasi pemerintah yang membuka rekruitmen CPNS besar-besaran. Pada tahun 2017 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membuka lowongan bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi. Tidak tanggung-tanggung, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi membuka kesempatan lowongan CPNS sebanyak 1500 formasi yang rencananya akan ditempatkan di berbagai wilayah di Indonesia.

Cara Pendaftaran Online CPNS.Ristekdikti.go.id 2017/2018


Lowongan-lowongan tersebut terdiri dari 1345 lowongan untuk formasi umum yang sebagian besar untuk jabatan sebagai Dosen baik untuk Dosen Lektor ataupun Dosen Asisten Ahli. Untuk mendaftar dalam formasi umum, pelamar wajib memiliki gelar S2, spesialis, S1 ataupun D-III. Sedangkan sebanyak 150 lowongan dibuka untuk lulusan terbaik dengan kualifikasi pendidikan S3 dan S2 dan yang terakhir adalah sebanyak 5 lowongan untuk pelamar yang berasal dari Papua dan Papua Barat dengan kualifikasi pendidikan S2.

Secara umum, syarat bagi pelamar yang ingin melamar di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi merupakan Warga Negara Indonesia yang tidak berkedudukan sebagai PNS atau anggota TNI serta tidak memiliki ketergantungan pada NAPZA dan berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada 1 Desember 2017. Sedangkan persyaratan khusus yang wajib dimiliki bagi pelamar adalah sebagai berikut:

Lulusan Terbaik 

Bagi formasi putra/putri terbaik atau lulusan dengan gelar Cumlaude harus dapat membuktikan gelar Cumlaude melalui ijazah ataupun transkrip nilai serta merupakan lulusan dari universitas yang terakreditasi A atau merupakan lulusan dari program studi yang unggul dan terakreditasi A.


Putra-Putri Papua dan Papua Barat

Bagi formasi putra/putri yang berasal dari Papua atau Papua Barat merupakan lulusan dari universitas yang paling tidak terakreditasi B dan memenuhi kualifikasi pendidikan yang diminta tiap formasi. Pelamar juga wajib memiliki IPK minimal 2,75 serta tamat SD, SMP, SMA atau sederajat di Papua atau Papua Barat dan yang terakhir memiliki garis keturunan yang berasal dari Papua atau Papua Barat, dibuktikan dengan akte kelahiran pelamar dan KTP orang tua (khususnya Bapak)


Pelamar Umum

Sedangkan bagi pelamar yang ingin mendaftar ke dalam formasi umum, harus memenuhi kualifikasi pendidikan yang ditentukan pada setiap formasi dan merupakan lulusan dari universitas yang memiliki akreditas minimal B. Untuk IPK bagi formasi Dosen dan WIdyaiswara, pelamar wajib memiliki IPK minimal 3,00. Sedangkan untuk formasi Auditor dan Instruktur Ahli Petama pelamar wajib memiliki IPK setidaknya 2,75 dari 4,0.

Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi hampir sama dengan cara pendaftaran CPNS pada instasi pemerintahan lain. Yang membedakan adalah pelamar diharuskan untuk mengirim berkas mereka melalui pos. Sebelum membahas mengenai pengiriman berkas, mari kita bahas cara pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pedidikan Tinggi secara online
  1. Anda dapat mulai mendaftar mulai tanggal 11 September hingga tanggal 25 September 2017, pertama-tama Anda masuk ke dalam situs https ://sscn.bkn.go.id 
  2. Sesudah berhasil masuk ke dalam situs, Anda perlu melakukan registrasi apabila belum memiliki account atau pilih option log in apabila Anda sudah mempunyai account.
  3. Untuk membuat account, Anda diharuskan mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdapat di KTP. Anda harus mengingat username dan password Anda karena akan digunakan dalam rangkaian tes penerimaan CPNS.
  4. Sesudah berhasil log in, Anda diharuskan untuk mengisi biodata diri Anda.
  5. Apabila Anda sudah melengkapi biodata diri, silakan Anda buka http://cpns.ristekdikti.go.id untuk melanjutkan pendaftaran dan mendapatkan formulir CPNS yang dibutuhkan dan melengkapi data yang dibutuhkan.

Sesudah Anda berhasil mengisi formulir, Anda diwajibkan untuk mengirimkan berkas lamaran Anda. Cara pendaftaran CPNS Kementrerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui pos akan dijelaskan sebagai berikut:
  1. Anda diwajibkan untuk melampirkan surat lamaran yang ditulis tangan menggunakan tinta berwarna hitam dan diberi materai Rp. 6.000,-. Surat lamaran ini ditujukkan kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
  2. Menyertakan pas foto yang berukuran 4X6 menggukan latar belakang berwarna merah sebanyak 4 lembar dan di belakang foto ditulis formasi yang diinginkan.
  3. Print out bukti registrasi pendaftaran yang sebelumnya sudah ditanda tangani.
  4. Foto copy KTP yang masih berlaku.
  5. Foto copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir oleh universitas.
  6. Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib melampirkan Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dikeluarkan oleh Kemrisekdikti.
  7. Foto copy akte lahir dan KTP orang tua (bapak) bagi pelamar putra/putri Papua atau Papua Barat.

Berkas-berkas lamaran di atas wajib dimasukkan ke dalam amplop dengan warna yang berbeda, yakni:
  • Untuk pelamar D3 warna kuning.
  • Untuk pelamar S1 dan D-IV warna hijau.
  • Untuk pelamar S2 warna merah.
  • Untuk pelamar S3 warna biru.

Pengiriman berkas ditujukan kepada:
  • Bagi lowongan Dosen dan Instruktur Ahli Pertama dikirimkan ke Perguruan Tinggi yang dituju.
  • Bagi lowongan Widyaswara dikirimkan ke Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
  • Bagi lowongan Auditor dikirimkan ke Inspektur Jendral.

Demikian penjelasan mengenai cara pendaftaran CPNS Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, perlu diingat berkas wajib dikirim paling lambat tanggal 25 September 2017 dan diterima paling lambat tangga 28 September 2017. Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat terutama bagi yang ingin mengikuti seleksi CPNS Kemenristek Dikti.

Harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia pendaftaran CPNS jika terdapat beberapa kejanggalan informasi silahkan hubungi panitia melalui situs http://cpns.ristekdikti.go.id/, semua informasi hanya dimuat melalui situs sscn.bkn.go.id dan ristek dikti terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play