Cara Pendaftaran CPNS BPKP.go.id 2017/2018

BPKP.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) 2017/2018 Lowongan CPNS sedang dibuka untuk lingkungan kerja di badan pengawas keuangan dan pembangunan atau BPKP. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas keuangan dan pembangunan tersebut dapat dilihat di situs resmi bpkp.go.id. Kuota penerimaan CPNS di lingkungan BPKP kurang lebih sekitar 182 orang yang terbagi dalam beberapa jabatan atau unit kerja. 

Pendaftaran CPNS tersebut dibuka dalam beberapa kategori, seperti untuk pelamar lulusan cumlaude, pelamar yang menyandang disabilitas, dan tentu untuk pelamar umum yang buka termasuk dari dua kategori sebelumnya. Ada beberapa syarat untuk masing-masing pelamar dalam mengikuti tes atau seleksi CPNS di BPKP, dan berikut adalah informasinya untuk Anda.

Cara Pendaftaran CPNS PBKP 2017/2018


Kami disini juga akan memberikan informasi mengenai pendaftaran CPNS, apa saja formasi yang dibutuhkan oleh BPKP, yuk simak beberapa formasi yang akan dibuka secara online ada beberapa formasi yang dibutuhkan dan bisa diikuti secara terbuka untuk melakukan pendaftaran para pelamar cukup memilih dari salah satu formasi yang sedang dibuka untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi mengenai formasi yang sedang dibuka seperti dibawah ini.


Formasi CPNS BPKP
  1. Auditor Pertanam Akutansi. 
  2. Auditor Pertama Kebijakan Publik. 
  3. Auditor Pertama Akutansi. 
  4. Auditor Pertama Ekonomi, Manejemen, Ekonomi Pembagunan, SDM. 
  5. Assesor SDM Aparatur Pertama Psikologi. 
  6. Pengelola Teknologi Informasi Teknik Informasi, Sistem Komputer. 
  7. Pengelola Teknologi Informasi Sistem Informasi, Menejemen Informatika. 
  8. Pengelola Teknologi Informasi Teknik Informasi. 
  9. Pengelola Keuangan Akutansi, Manajemen Keuangan.
Pendaftaran CPNS di Lingkungan Kerja BPKP

Sesuai dengan surat keputusan dari kementerian aparatur negara, pendaftaran CPNS BPKP memiliki syarat untuk pelamarnya meliputi kualifikasi pendidikan dan juga kondisi kesehatan. Untuk lebih lengkapnya, berikut beberapa syarat pendaftaran CPNS BPKP.

1. Jabatan dan kriteria pendidikan

Jabatan auditor pertama dibuka untuk lulusan S2 akuntansi dan S2 kebijakan publik. Untuk lulusan sarjana dapat mendaftar dengan syarat program studi S1 akuntansi atau S1 ekonomi manajemen. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas keuangan dan pembangunan juga terbuka untuk lulusan S1 psikologi untuk jabaran assessor SDM. 

Dibuka lowongan CPNS pula untuk jabatan pengelola teknologi informasi yang dapat diikuti oleh lulusan S1 teknik informatika dan sistem komputer, D III sistem informasi, manajemen informatika, dan untuk lulusan D III teknik informatika. Kuota yang cukup besar dibuka untuk mengisi jabatan pengelola keuangan dengan kualifikasi pendidikan adalah D III akuntansi dan manajemen keuangan. Untuk informasi lebih lengkap dan terbaru, dapat Anda peroleh dari laman bpkp.go.id.

2. Syarat umum pelamar
  • Merupakan WNI yang bertakwa pada Tuhan dan taat pada Pancasila, Undang-undang Dasar 45, dan NKRI.
  • Pendaftar lulusan cumlaude harus dari perguruan tinggi yang memiliki akreditasi kampus dan program studi yaitu A. Bagi pelamar umum dan disabilias bisa dari perguruan tinggi dan program studi yang mempunyai akreditasi minimal B. Semua akreditasi harus dari BAN PT
  • Khusus lulusan luar negeri, ijazahnya harus disetarakan terlebih dahulu oleh kemenristekdikti.
  • Bebas dari catatan buruk kepolisian atau tidak pernah melakukan kejahatan atau pelanggaran pidana yang menyebabkan vonis penjara 2 tahun atau lebih.
  • Bukan mantan pegawai negeri sipil, tentara, anggota polisi, atau mantan pegawai BUMN/ BUMD, baik yang keluar sendiri dengan mengundurkan diri atau yang diberhentikan dengan tidak hormat dari jabatan tersebut.
  • Bukan PNS, pegawai BUMN dan BUMD, prajurit TNI, serta bukan anggota polisi.
  • Sehat jasmani untuk pelamar umum, dan sehat rohani, tidak memiliki gangguan pendengaran, serta tidak buta warna.
  • Bukan pecandu atau memiliki ketergantungan obat terlarang atau narkoba dan NAPZA.
  • Untuk pelamar wanita tidak sedang dalam kondisi hamil.
  • Tidak mempunyai tato atau pun bekas tato di seluruh tubuhnya.
  • Bukan seorang anggota atau pengurus pada partai politik
  • Bersedia untuk menandatangani pada surat perjanjian kerja dan juga bersedia untuk ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

3. Tahapan pendaftaran dan seleksi administrasi

Pendaftaran online dibuka mulai tanggal 11 September hingga 25 September pada laman sccn.bkn.go.id. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas keuangan dan pembangunan dengan mengisi formulir registrasi online dan mengunggah lampiran berupa berkas syarat pendaftaran. 
  1. Format lampiran harus dalam ekstensi jpg dengan ukuran 200 KB atau kurang. 
  2. Berkas lamaran yang diunggah meliputi surat lamaran, foto 4 X 6 yang diambil dengan latar belakang merah dan merupakan foto terbaru maksimal 6 bulan sebelumnya. 
  3. Kartu tanda penduduk, 
  4. ijazah, 
  5. transkip nilai, s
  6. urat pernyataan bermaterai 6000, dan hasil penyetaraan ijazah untuk pelamar yang lulus dari perguruan tinggi luar negeri. 
Semua berkas lamaran di scan dan kemudian diberi nama dengan nomor registrasi online dan keterangan berkas. Aturan tersebut dapat dilihat di situs resmi BPKP. Berkas diunggah sebelum tanggal 25 September 2017 pada pukul 18.00 waktu Indonesia barat. Setiap pendaftar hanya diperbolehkan melamar satu kategori, baik formasi atau jabatan.

4. Seleksi kompetensi dasar

Untuk pengumuman seleksi administrasi akan diumumkan di laman BPKP sekitar tanggal 30 September 2017. Bagi yang lolos seleksi berkas akan melanjutkan dengan seleksi kompetensi dasar. SKD tersebut dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 6 Oktober 2017. Untuk ketentuan waktu dan tempat pelaksanaan SKD pada masing-masing peserta akan diinformasikan lebih lengkap di situs resmi bpkp.go.id. Termasuk jika ada perubahan tahapan seleksi atau informasi terbaru bisa selalu dicek pada laman tersebut.

5. Seleksi kompetensi bidang

Tahapan setelah SKD adalah seleksi komptensi bidang. Untuk peserta yang lolos SKD, selanjutnya adalah mengikuti SKB tertulis berbasis komputer. Pengumuman hasil SKD sekitar tanggal 23 Oktober 2017, sedangkan jadwal tes tulis SKB akan dilaksanakan mulai 25 Oktober hingga 10 November 2017. Cara pendaftaran CPNS badan pengawas keuangan dan pembangunan dilanjutkan dengan SKB wawancara. 

Pada tahapan tersebut peserta harus membawa berkas untuk diverifikasi oleh panitia seleksi. Berkas yang harus dibawa adalah surat lamaran yang diketik, pas foto, KTP, Ijazah, transkip nilai, surat pernyataan diketik dan diberi materai 6000, dan hasil penyetaraan ijazah. Lokasi ujian ada di 3 tempat yaitu Jakarta, Makassar, dan Medan.

6. Ketentuan dan pengumuman akhir

Untuk ketentuan penilaian adalah 40% dari SKD dan 60% dari SKB. Pengumuman hasil akhir akan diberitahukan melalui situs resmi BPKP sekitar tanggal 20 November 2017. Untuk peserta yang diterima atau dinyatakan lulus seleksi harus melakukan daftar ulang dan  juga pemberkasan CPNS.

Itulah beberapa informasi penting seputar tata cara pendaftaran CPNS badan pengawas keuangan dan pembangunan. Untuk lebih jelas Anda dapat mengecek di situs resmi BPKP. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update segala ketentuan terkait dengan Pendaftaran CPNS Badan Pengawas Keuangan dan pembangunan.

Apabila terdapat kenjanggalan informasi silahkan langsung hubungi situs resmi, hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia, perlu diketahui bahwa pendaftaran CPNS ini tidak dipungut biaya apapun, semua proses pendaftaran CPNS ini gratis demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat selamat mencoba.
Sekolah Pramugari