Cara Pendaftaran CPNS MahkamahKonstitusi.go.id 2017/2018

MahkamahKonstitusi.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi 2017/2018 Penerimaan CPNS menjadi salah satu event yang sering sekali ditunggu para pelamar kerja di Indonesia. Banyaknya peminat terhadap penerimaan CPNS ini membuat jumlah pelamar melonjak berkali lipat dari jumlah kuota PNS. Pada tahun 2017 ini, untuk pemerintah membuka kembali penerimaan CPNS gelombang kedua untuk 17.928 penerima.

Para penerima tersebut akan disebar di 60 Kementrian/Lembaga, dan 1 Pemerintahan Darah di Kalimantan. Berdasarkan Keputusan Menteri Nomor 95 Tahun 2017, Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi memberi kesempatan kepada para WNI dengan keahlian, integritas, dan komitmen tinggi untuk menjadi CPNS.

Cara Pendaftaran CPNS Mahkamah


Mahkamah Konstitusi merupakan lembaga atau instansi yang memiliki kekuasaan kehamikan dan juga memiliki kewenangan terhadap Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Adanya Mahkamah Konstitusi adalah untuk mengurangi terjadinya tidakan yang menyalahgunakan wewenang. Tugas Mahkaham Konstitusi antara lain:
  • Menguji Undang-undang yang berlaku terjadap UUD 1945
  • Mengadili dengan keputusan final
  • Memutuskan wewenang lembaga negara yang diberikan oleh UUD 1945
  • Memutuskan perselisihan pada pemilu
  • Memutuskan atas pendapat DPR tentang dugaan pelanggaran oleh Presiden/Wakil Presiden berdasarkan UUD 1945.

Sebelum membahas mengenai Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi, ada baiknya Anda mengetahui jumlah dan alokasi formasi jabatan di Mahkamah Konstitusi. Tahun ini, Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi membuka sekitar 70 formasi untuk berbagai jabatan. Tentunya setiap jabatan memiliki kualifikasi pendidikan masing-masing. Berikut ulasan singkat mengenai formasi jabatan di Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi.

Untuk jenis formasi dan kualifikasi pendidikan lengkapnya dapat diakses pada laman resmi Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi www.mahkamahkonstitusi.go.id. Untuk formasi jabatan di Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi rencananya akan ditempatkan untuk inspektorat, Biro Umum; Biro Perencanaan Dan Keuangan; Biro Sumber Daya Manusia Dan Organisasi; Biro Administrasi Kepaniteraan; Biro Hubungan Masyarakat Dan Protokol; Pusat Penelitian, Pengkajian Perkara Dan Pengelolaan Perpustakaan; Pusat Pendidikan Pancasila Dan Konstitusi; dan Pusat Tekonologi Informasi Dan Komunikasi.


Tata Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi

Dalam tata dan Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi pada dasarnya sama seperti pendaftaran CPNS untuk instansi lainnya. Pendaftaran dilakukan online melalui laman resmi pemerintah https://sscn.bkn.go.id. Setiap pelamar tentuna harus memenuhi dokumen persyaratan dan kualifikasi. Berikut syarat yang dibutuhukan dalam tata Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi 2017.


Kriteria Pelamar

Masing-masing formasi jabatan diperuntukan bagi pelamar yang memiliki kriteria:
  1. Cumlade atau lulus dengan pujian bagi peserta degan nilai terbaik dari Perguruan Tinggi dan Program Studi dengan akreditasi A dan dibuktikan dengan ijasah resmi atau transkrip nilai.
  2. Disabilitas untuk peserta yang memiliki disabilitas/berkebutuhan khusus. Peserta disabilitas memiliki kriteria sanggup melakukan tugas mengetik, berdiskui, menganalisis.
  3. Umum untuk semua peserta yang tidak termasuk kriteria a dan b.

Persyaratan Pelamaran

Umum
  1. WNI yang setia kepada Tuhan YME, Pancasila, NKRI, dan UUD 1945
  2. Tidak pernah terpidana penjara sesuai dengan keputusan pengadilan dengan pidana 2 tahun penjara.
  3. Tidak pernah mengundurkan diri atau diberhentikan secara hormat sebagai Pegawai BUMN/BUMD, PNS, anggota Polri/TNI, sekalipun pegawai swasta.
  4. Tidak sedang menjabat sebagai PNS, CPNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau siswa ikatan dinas.
  5. Tidak sedang menjadi anggota dan pengurus parati politik.
  6. Sehat jasmasi dan rohani.
  7. Memilki kualifikasi pendidikan sesuai dengan jabatan yang dilamar.
  8. Tidak menggunakan atau memiliki kecanduan terhadap narkoba dan obat terlarang. Dibuktikan dengan surat bebas NAPZA dari rumah sakit.
  9. Siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Khusus
  • Pelamar dengan ijasah dari luar negeri wajib menyertakan surat persamaan ijasah dari instansi yang resmi.
  • Pelamar dengan kualifikasi S-2 Hukum wajib linier dengan ijasah/bidang S-1 yaitu S-1 Hukum.
  • Memiliki IPK minimal 2.75 untuk D-III, 3.00 untuk S-1, dan 3.25 untuk S-2.
  • Berasal dari perguruan dengan akreditasi A dan program studi terkakreditasi B, atau perguruan tinggi akreditasi B dan program studi terkakreditasi A.
  • Berusia 18-35 tahun per tanggal 1 September 2017.

 Langkah dan Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi

Untuk Cara Pendaftaran CPNS Sekretariat Mahkamah Konstitusi 2017 ini, pelamar harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan dan melakukan pendaftaran online.


1. Dokumen persyaratan meliputi:
  1. Surat lamaran yang diperuntukan Sekretaris Jenderal Mahkaham Konstitusi RI di Jakarta, bermaterai Rp. 6000, diketik, dan ditandatangai dengan pulpen hitam pada materai.
  2. KTP asli
  3. Ijasah dan transkrip nilai
  4. Surat pernyataan dilengkapi materai Rp. 6000 ditandatangani dengan pulpen hitam
  5. Pas foto 3x4 dengan latar belakang merah 1 lembar

2. Melakukan pendaftaran dan unggah dokumen di laman resmi https://sscn.bkn.go.id menggunkan NIK pada KTP/KK.

3. Batas pendaftaran dan penggunggahan dokumen dimulai dari tanggal 11 September 2017 s.d 25 September 2017.

4. Pelamar yang lulus wajib mencetak kartu ujian melalui laman resmi https://sscn.bkn.go.id.

 Setelah melakukan pendaftaran dan lolos ke tahap seleksi, pelamar akan melakukan seleksi administrasi langsung, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Sistem kelulusan akan di lihat dari bobot nilai SKD dan SKB. Untuk SKD bobot nilainya adalah 40%, sedangkan SKB 60%. Pada SKB, bobot nilainya pun terbagi lagi menjadi beberapa bagian. Untuk D-III, nilai dibagi menjadi 35% untuk Computer Assisted Test, dan 25% wawancara.

Sedangkan, untuk S1 nilai diambil dari 25% TOEFL test dan 25% wawancara. Setiap hasil kelulusan nantinya akan diumumkan melalui laman resmi Sekretariat Mahkamah Konstitusi yaitu www.mahkamahkonstitusi.go.id. Kelulusan dari SKD akan berdasar pada nilai yang nantinya diatur dalam peraturan resmi. Untuk kelulusan akhir CPNS nantinya akan ditentukan dari hasil SKB dan SKD.
GET IT ON Google Play