Cara Pendaftaran CPNS BUMN.go.id 2017/2018

BUMN.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) 2017/2018 Kementerian BUMN merupakan sebuah kementerian yang memiliki tugas pokok dalam melaksanakan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan milik negara atau badan usaha milik negara. Kementerian ini pada awalnya merupakan salah satu unit kerja dalam lingkungan Departemen Keuangan Republik Indonesia. 

Untuk memaksimalkan fungsi pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan milik negara, maka organisasi pemerintah ini beberapa kali mengalami perubahan dan perkembangan hingga setelah pergantian presiden tahun 2001, organisasi pembina BUMN ini akhirnya menjadi sebuah kementerian kembali yaitu kementerian BUMN. 

Cara Pendaftaran CPNS BUMN.go.id 2017/2018


Dalam upaya memenuhi kebutuhan pegawai dalam beberapa formasi jabatan, kementerian BUMN atau Badan Usaha Milik Negara membuka bagi Calon Pegawai Negeri Sipil untuk mengisi lowongan tersebut. Pembukaan CPNS yang dilakukan oleh kementerian BUMN ini didasari adanya keputusan menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 101 THun 2017 pda tanggal 31 Agustus 2017. 

Keputusan menteri tersebut berisi tentang kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan kementerian BUMN tahun anggaran 2017.Ada enam jabatan yang dibuka dalam penerimaan CPNS tahun ini, yaitu Analis data BUMN, Analis Publikasi, Analis Hukum, Pengelola data, Auditor, dan Analis Pengembangan Kompentensi. Total penerimaan dari keseluruhan formasi yang dibuka adalah 25 orang. 

Dari keseluruhan formasi jabatan yang dibuka tersebut memiliki kualifikasi pendidikan S1, namun cara pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara masing-masing jabatan memiliki latarbelakang jurusan pendidikan yang berbesa-beda. Kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan yaitu bisnis, akuntansi, manajemen, ilmu ekonomi, administrasi bisnis/ administrasi keuangan, manajemen perbankan syariah, teknik elektro, teknik industri, ilmu komunikasi, jurnalistik, hukum, dan statistik.

Meskipun formasi yang dibuka tidak terlalu banyak, namun cara pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara periode 2017 ini masih terbuka lebar bagi Anda. Pemerintah juga telah menetapkan bahwa pelamar CPNS kategori tertentuakan mendapatkan kesempatan yang lebih besar. Kategori tersebut yaitu pelamar CPNS berasal dari Papua yang mana telah sekolah disana dari SD hingga SLTA atau merupakan keturunan asli Papua dan dibuktikan dengan akta kelahiran. 

Selain itu, formasi tertentu juga disediakan untuk penyandang disabilitas yang mampu melakukan tugas analisis, mengetik dan diskusi, altet berprestasi, dan lulusan perguruan tinggi dengan predikat cumlaude atau lulus dengan pujian. Ada pula kriteria pelamar CPNS kategori umum untuk pelamar yang tidak memiliki kriteria cumlaude/ disabilitas/ asli Papua. 

Kesempatan untuk bergabung dengan kementerian BUMN ini juga berlaku bagi pelamar CPNS untuk kementerian Hukum dan HAM periode sebelumnya yang masih belum lolos seleksi administraasi. Dengan banyaknya kesempatan yang dibuka, maka persaingan untuk mengisi formasi tersebut akan semakin besar.

Sebelum melakukan pendaftaran di kementerian BUMN Republik Indonesia dan mengikuti cara pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Anda perlu tahu delapan unit kerja di lingkungan kementerian BUMN, antara lain:
  1. Agro yaitu deputi bisang usaha industri agro dan farmasi
  2. Sek yaitu sekretariat kementerian BUMN
  3. PISM yaitu deputi bidang usaha pertambangan, industri strategis dan media
  4. ELKP yaitu deputi bidang usaha energi, logistik, kawasan dan pariwisata.
  5. JKJSK yaitudeputi bidang usaha jasa keuangan, jasa survei dan konsultan
  6. KSPP yaitu deputi bidang usaha konstruksi dan sarana dan prasarana perhubungan
  7. RPU yaitu deputi bidang restrukturisasidan pengembangan usaha
  8. Infra yaitu deputi infrastruktur bisnis.

Di samping itu, agar cara pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara dilakukan dengan benar, maka sebaiknya pelajari ketentuan persyaratan pendaftaran agar tidak terjadi kesalahan ketika sedang melakukan pendaftaran baik kesalahan dalam pengisian data diri atau kesalahan pemilihan jenis jabatan atau formasi. Persyaratan pendaftaran tersebut antara lain:
  • Merupakan warga negara indonesia
  • Tidak pernah dipidana atau dipenjara selama 2 tahun atau lebih
  • Tidak pernah diberhentikan atau berhenti dari TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD, sebagai anggota PNS, serta tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  • Bukan merupakan calon pegawai negeri sipil maupun pegawai negeri sipil prajurit TNI, anggota POLRI, atau siswa sekolah ikatan dinas pemerintah
  • Bukan merupakan seorang anggota atau pengurus partai politik
  • Memiliki latarbelakang pendidikan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan
  • Tidak bertato dan bertindik serta tidak ada bekas tato dan tindik kecuali karena ketentuan agama atau adat
  • Sehat secara jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah (syarat ini dapat dilengkapi setelah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap NAPZA yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah setempat (syarat ini dapat dilengkapi setelah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)

Bagi pelamar dengan kategori cumlaude harus berasal dari perguruan tinggi dan jurusan yang terakreditasi A yang dibuktikan dengan keterangan cumlaude pada ijazah dan transkip nilai. Bagi pelamar kategori putra/putri Papua, IPK minimal 2,50 untuk PTN dan 2,75 untuk PTS dari perguruan tinggi yang terakreditasi B. Sedangkan bagi pelamar kategori disabilitas, IPK minimal 3,00 dari PTN dan 3,25 dari PTS dengan perguruan tinggi yang terakreditasi B.
  1. Memiliki nilai TOEIC 475/ TEOFL PBT 450/ TOEFL CBT 150/ TOEFL IBT 53/ IELTS 5
  2. Berusia minimal 18 tahun dam maksimal 34 tahun.
  3. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri harus menyertakan ijazah yang sudah dikonversi dengan IPK berskala 4 dari Kemenristek Dikti.

Itulah beberapa informasi mengenai cara pendaftaran CPNS Kementerian Badan Usaha Milik Negara 2017 untuk Anda coba. Untuk info yang lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi situs http://bumn.go.id/halaman/1-SELEKSI-CPNS-Kementerian-BUMN-Tahun-2017. Semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat, jangan lupa untuk terus update semua ketentuan terkait dengan pendaftaran CPNS, informasi pendaftaran CPNS hanya dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id dan bumn.go.id. Terima Kasih selamat mencoba.
Sekolah Pramugari