Cara Pendaftaran CPNS Menpan.go.id 2017/2018

Menpan.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) 2017/2018 Informasi Pendaftaran CPNS merupakan salah satu yang ditunggu para masyarakat, karena seperti yang kita tahu bahwa Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan pekerjaan yang megabdi pada negara dengan tunjangan hidup sampai tua. Sehingga meskipun Anda sudah tidak aktif lagi bekerja dan sudah pensiun tetapi Anda masih mempunyai tunjungan hidup.

Hal inilah yang menjadi sangat menarik di mata hampir seluruh masyarakat. Ketika pekerjaan lain hanya memberi tunjungan ketika saat bekerja saja, PNS memberikan sampai hari tua nanti, meskipun ada beberapa orang yang beranggapan bahwa pekerjaan sebagai seorang PNS ini mempunyai gaji yang sedang, tidak terlalu tinggi namun cukup untuk menghidupi keluarga.

Cara Pendaftaran CPNS Menpan.go.id 2017/2018


Oleh sebab itu, PNS banyak sekali dicari, sekarang ini masih saja banyak masyarakat yang memburu untuk menjadi PNS dengan mendaftarkan diri ketika adanya pembukaan CPNS. Meskipun seperti yang sudah diketahui PNS sekarang ini sudah sangat banyak, mulai dari guru, sampai dengan di Kementerian. Salah satunya adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini awalnya hampir sama dengan cara pendaftaran untuk CPNS lainnya yaitu dengan cara online dan juga berbagai tahapan seleksi.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau yang sering disebut dengan Kemenpan-RB ini bekerja untuk membantu tim kepresidenan dalam menyelenggarakan tugas dipemerintahan dalam bidan pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi pemerintahan. Kemenpan-RB ini mempunyai beberapa nilai dasar yang dijunjung tinggi oleh setiap anggotanya diantaranya adalah integritas, akuntabel, dan profesional. Dengan nilai dasar tersebut anggota Kemenpan-RB ini mempunyai beberapa tugas yang harus dilaksanakan, yaitu:
  • Menetapkan dan merumuskan beberapa kebijakan
  • Mengsinkronisasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan tersebut
  • Mengelola barang negara yang di memiliki tanggung jawab oleh Kemenpan-RB
  • Mengawasi pelaksanaan tugas tersebut di lingkungan Kemenpan-RB

Tugas-tugas tersebut dilakukan untuk memenuhi tujuan dari kemepan-RB sendiri. Dimana Kemenpan-RB mempunyai beberapa tujuan strategis dalam menjalankan setiap tugasnya untuk negara, diantaranya:
  • Mewujudkan pemerintahan efisien dan efektif
  • Mewujudkan pemerintahan bersih, mempunyai kinerja yang tinggi, dan akuntabel
  • Mewujudkan pelayanan kepada publik yang berkualitas dan baik
  • Mewujudkan SDM aparatur yang sangat kompetitif dan kompeten
  • Mewujudkan aparatur Kemenpan-RB yang sangat profesional serta mempunyai kinerja yang tinggi

Untuk itu, banyak sekali masyarakat yang mencoba mendaftarkan diri ke kemenpan-RB ini, baik itu yang fresh graduate maupun yang sudah mencoba beberapa kali. Pemilihan anggota CPNS di kemenpan-RB ini tentunya harus sangat adil, kompetitif, transparan, bersih, dan jauh dari KKN agar mengahsilkan anggota dan lulusan yang terbaik. oleh sebab itu, bagi Anda yang berminat Anda bisa langsung mengunjungi website kemenpan-RB untuk mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Untuk cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dilakukan dengan mengikuti alur pendaftaran di website sccn.go.id. Dengan melihat informasi CPNS terlebih dahulu, kemudian melakukan pendaftaran dengan mengisikan BIK, KK, atau NIK kepala keluarga pada format yang ada, lalu mengisi alamat email, dan password akun SSCN, yang kemudian mencetak kartu informasi dari akun SCCN tersebut.

Setelah itu Anda dapat memulai login ke SCCN dengan mengguanakan NIK dan password yang telah di daftarkan tadi. Setelah itu Snda mulai dapat mengisi biodata, memilih instansi, dan memilih jenis formasi. Lalu dokumen yang sudah dipersyaratkan sejak awal oleh instansi di unggah ke website dan tidak lupa untuk mencetak kartu pendaftaran SCCN.

Kemudian tin verifikator akan melakukan verifikasi terhadap berkas yang sudah diunggah berdasarkan atas persyaratan saat pendaftaran. Untuk pelamar yang lulus dalam seleksi administrasi ini maka dihawruskan untuk mencetak kartu peserta ujian CPNS karena harus melanjutkan tahap seleksi berikutnya menggunakan Computer Assisted Test atau CAT BKN. Hanya perlu diingat saja bahwa pelamar hanya dapat memilih satu formasi pendidikan pada satu instansi dalam satu periode ini.

Berikut merupakan beberapa unit kerja alokasi formasi yang dapat ditempati oleh para pelamar ketika sudah lolos pada tahap-tahap berikutnya, yaitu deputi bidang reformasi birokrasi, pengawasan, dan akuntabel aparatur, deputi bidang tata laksana dan kelembagaan, deputi bidang SDM aparatur, deputi bidang pelayanan publik, sekretariat kemenpan-RB, staf ahli, dan inspektorat kemenpan-RB. Sedangkan untuk jabatan alokasi formasi sendiri sangat banyak mulai dari perencanaan ahli pertama sampai dengan analisis kebijakan ahli pertama.

Ada sekitar 76 jabatan yang dapat dipilih untuk aformasi tersebut, dan dari 76 jabatan tersebut memerlukan berbagai macam lulusan seperti hukum, akuntasi, amajaemen, dan administrasi publik, dan yang lainnya.  dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga sama seperti CPNS lainnya yaitu adanya kriteria untuk mendaftar, diantaranya:


Kriteria Pelamar :
  1. Cumlaude, yang mempunyai nilai yang sangat besar atau mendapat gelar “dengan pujian” saat yudisium sarjana
  2. Disabilitas, bagi pelamar yang mempunyai kebutuhan khusus yang dapat mengubah penampilannya
  3. Pelamar dari papua/papua barat, yang mempunyai keturunan dari papua/papua barat, atau yang lulusaa SD, SMP. Maupun SMA dari papua yang sederatajat dengan standar sekolah papua
  4. Umum, untuk kategori ini dimaksudkan untuk orang-orang yang tidak termasuk kedalam ketiga kategori sebelumnya.

Dengan bigini, bagi Anda yang sudah mengetahui bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Anda tinggal mengikuti langkah dalam website tersebut, kemudian Anda juga diharuskan untuk memberikan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti surat lamaran, fotokopi KTP, ijazah, TOEFL, dan surat pernyataan yang dikirimkan langsung ke SSCN.

Dari beberapa informasi mengenai Pendaftaran CPNS Menpan maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran CPNS Menpan dilaksanakan sama seperti CPNS kebanyakan CPNS lainnya, proses pendaftaran dilakukan online melalui situs sscn.bkn.go.id kemudian setelah melengkapi berkas peserta harus mulai mengisi formulir secara online sampai dengan selesai. Informasi dapat dilihat melalui Menpan.go.id CPNS periode 2.
GET IT ON Google Play