Cara Pendaftaran CPNS Kemendesa.go.id 2017/2018

Kemendesa.go.id - Cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) 2017/2018 Pada tahun 2017 ini, kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi atau Kemendesa membuka kesempatan bagi putra dan putri Indonesia untuk bergabung menjadi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kemendesa. 

Kementerian ini membidangi urusan pembangunan desa atau kewasan pedesaan melalui pemberdayaan masyarakat desa, memastikan bahwa pembangunan di daerah tertinggal berjalan cepat dan juga mengatur urusan transmigrasi. Penerimaan pegawai negeri sipil periode 2017 ini telah diatur berdasarkan ketetapan dari menteri pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi Nomor 68 Tahun 2017 tanggal 31 Agustus. 

Cara Pendaftaran CPNS Kemendesa.go.id 2017/2018


Ketetapan tersebut berisi kebutuhan pegawai aparatur sipil negara di lingkungan kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi mulai tahun 2017. Hasil seleksi penerimaan CPNS yang lolos nantinyaakan ditempatkan di lingkungan kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi.

Meskipun pengumuman penerimaan CPNS kemendes ini sudah dilakukan sejak tanggal 5 September 2017 ini, namun cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasibaru dimulai pada tanggal 11 september hingga 25 september 2017. Setelah itu pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 30 september 2017. 

Untuk penerimaan CPNS sendiri, Kemendesa membuka total 91 lowongan untuk 11 formasi jabatan, yaitu penggerak swadaya masyarakat (PSM), auditor, analis pemerintahan, analis pembangunan, peneliti, statistisi, pengelola sistem informasi dan jaringan, assessor SDM aparatur, analis kepegawaian, analis keuangan, dan analis hukum. Masing-masing formasi jabatan tersebut memiliki unit kerja atau alokasi yang berbeda-beda. Unit kerja atau alokasi formasi tersebut yaitu:
  • Sekretariat jenderal
  • Direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa
  • Direktorat jenderal pembangunan kawasan pedesaan
  • Direktorat jenderal penyiapan kawasan dan pembangunan permukiman transmiggrasi
  • Direktorat jenderal pembangunan daerah tertentu
  • Direktorat jenderal pengembangan kawasan transmigrasi
  • Direktorat jenderal pembangunan daerah tertinggal
  • Badan penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan. Dan informasi
  • Inspektorat I, II, III, IV, V
  • Balai: Pekanbaru, Yogyakarta, Bengkulu, Denpasar, Papua, Banjarmasin, Makasar, dan ambon.

Meskipun jika dilihat dari jumlah penerimaan CPNS tersebut jumlahnya belum sebanding dengan jumlah formasi jabatan yang dibuka, namun masih banyak kesempatan bagi Anda yang memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan. Latar belakang pendidikan yang diperlukan untuk mengisi formasi jabatan yang dibuka adalah S1. 

Sementara itu, latar belakang jurusan yang dubutuhkan yaitu perikanan, pertanian, peternakan, teknik industri, ekonomi manajemen, ilmu agama, sosiologi, kesehatan masyarakat, akuntansi, ekonomi strudi pembangunan, hukum, ilmu pemerintahan, administrasi negara, ekonomi syariah, teknik sipil, teknik geodesi, teknik geologi, teknik arsitektur, teknik planologi, perencanaan wilayah, teknik industri, teknik lingkungan, statistika, matematika, teknik informatika, teknik komputer, dan psikologi. Melihat banyaknya kualifikasi latarbelakang jurusanyang diterima, ini artinya kesempatan cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasilebih besar.

Sebelum memutuskan untuk melamar, Anda dapat memilih kriteria pelamar sesuai dengan keadaan sebenarnya. Misalnya cumlaude, disabilitas, putra/putri dari papua barat dan umum. Untuk kriteria cumlaude atau lulus dengan pujian, peserta harus dari perguruan tinggi dan jurusan yang terakreditasi A dan dibuktikan dengan keterangan cumlaude pada ijazah dan transkrip nilai. Untuk kriteria peserta CPNS penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus harus tetap mampu melakukan tugas seperti menganalisa, mengetik.

Menyampaikan gagasan dan berdiskusi. Sementara itu, untuk kriteria putra/putri Papua adalah harus telah menempuh pendidikan minimal SD hingga SLTA di Papua dan dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang telah dilegalisisr. Kriteria putra/putri Papua ini juga bisa berdasarkan garis keturunan asli Papua yang dibuktikan dengan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan atau desa asalnya. Sedangkan bagi peserta CPNS yang tidak memiliki tiga kriteria di atas bisa mengikuti cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasisebagai kriteria umum.

Masing-masing kriteria untuk kriteria cumlaude, penyandang disabilitas, putra/putri Papua dan umum harus memenuhi persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum memulai cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasiseperti yang dijelaskan berikut ini:
  1. Merupakan warga negara indonesia dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Tidak pernah terpidana atau dipenjara selama dua tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat atau mengundurkan diri sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD, atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS atau PNS, prajurit TNI/POLRI, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus Parpol.
  6. Sehat jasmani dan rohani.
  7. Tidak memiliki ketergantungan dengan NAPZA.
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kesatuan negara republik indonesia.
  9. Berasal dari perguruan tinggi dan jurusan yang terakreditasi A untuk kategori cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi dan jurusan terakreditasi B untuk kategori umum, disabilitas dan putra/puri Papua.
  10. Merupakan lulusan sarjana dengan IPK minimal 2,75 untuk formasi umum dan disabilitas, IPK minimal 3,50 untuk formasi cumlaude, IPK minimal 2,50 untuk formasi khusus Papua dari skala 4,00. Masing-masing IPK tersebut dibuktikan sesuai pernyataan yang tercantum pada ijazah dan transkrip nilai.
  11. Telah berusia minimal genap 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Apabila semua persyaratan pendaftaran telah terpenuhi, selanjutnya dapat melakukan langkah-langkah cara pendaftaran CPNS Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi secara online melalui https://sscn.bkn.go.id dan mengisi formulir yang telah disediakan dengan data yang sebenar-benarnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan. 

Peserta juga harus melengkapi dokumen yang dibutuhkan seperti surat lamaran dan surat pernyataan bermaterai, fotokopi KTP, legalisir fotokopi ijazah dan transkrip nilai,  dan pasfoto 4x6. Untuk masalah mengaduan terkait rekrutmen dapat disampaikan melalui Kemendesa.go.id. Semoga informasi yang telah diberikan bisa bermanfaat terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play