Cara Pendaftaran CPNS.BATAN.go.id 2017/2018

CPNS.BATAN.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Pada Periode II 2017/2018 Badan Tenaga Nuklir Indonesia (BATAN) merupakan salah satu lembaga pemerinta non kementerian Indonesia. Dalam hal ini, BATAN memiliki tugas pemerintahan dalam bidang pengembangan, pemanfaatan, dan penelitian terhadap tenaga nuklir. Hingga saat ini, fasilitas nuklir bearad di kawasan Serpong, Pasar Jumat, Yogyakarta, dan juga Bandung.

Tertarik untuk menjadi bagian dari BATAN? Tepat pada tanggal 5 September 2017 lalu telah diumumkan bahwa akan dibuka pendaftaran CPNS besar-besaran gelombang kedua. Pada gelombang kedua ini, Anda diberikan kesempatan untuk mencoba menjadi bagian dari BATAN. Dari keenam puluh kementerian dan lembaga, BATAN termasuk di dalamnya. Lalu, bagaimanakah cara pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional? Berikut sedikit ulasan tentang pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Indonesia.

Cara Pendaftaran CPNS.BATAN.go.id 2017/2018


Jika sebelumnya telah dibuka pendaftaran CPNS gelombang satu yakni pada Kementerian Hukum dan HAM dan Mahkamah Agung, kini pada gelombang kedua ini telah dibuka pendaftaran CPNS besar-besaran secara serentak pada enam puluh kementerian dan lembaga. Tentunya Badan Tenaga Nuklir Indonesia juga turut berpartisipasi untuk merekrut putra dan putri terbaik Indonesia. Secara serentak pengumuman telah tersebar terhitung sejak awal September lalu.

Untuk cara pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional sendiri sudah dapat diakses dan diunduh langsung bersama keenam puluh kementerian dan lembaga lainnya tepat pada hari pertama pengumuman dikeluarkan. Untuk tahun ini, BATAN membuka kesempatan dengan menawarkan 52 jabatan dengan total formasi sebesar 98 orang. Untuk informasi lebih lanjut tentang detail jurusan dan persyaratan khusus, Anda bisa mengaksesnya sendiri dalam situs resmi BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Sebelum beranjak ke bagaimana cara pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional, ada baiknya Anda mengetahui beberapa persyaratan dan kriteria pelamar. Sama halnya dengan kriteria CPNS lainnya, ada dua jenis kriteria. Putra/putri lulusan terbaik (lulus dengan predikat cumlaude) dan umum merupakan dua jenis kriteria yang bisa dipenuhi oleh calon pelamar CPNS untuk Badan Tenaga Nuklir Nasional. Untuk pelamar formasi cumlaude memiliki persyaratan khusus, yakni harus berasal dari Perguruan Tinggi dengan akreditasi A.

Untuk pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional 2017 kurang lebih sama dengan cara pendaftaran CPNS dalam kementerian dan lembaga lainnya. Yang harus Anda lakukan adalah

  1. Mendaftarkan diri secara online melalui laman http://sscn.bkn.go.id. 
  2. Pendaftaran akan dibuka terhitung dari tanggal 11 September 2017 hingga 25 September 2017. 
  3. Apa yang dibutuhkan untuk mendaftarkan diri secara online? Pertama, Anda harus menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP (Kartu Tanda Penduduk) Anda dan Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK pada KK. 
  4. Jika NIK Anda tidak terdaftar, maka Anda bisa menghubungi Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil). Setelah teregistrasi, Anda bisa mencetak Kartu Regitrasi.
  5. Setelah itu, Anda masih harus mengis biodata diri dan mencetak kembali Tanda Bukti Pendaftaran CPNS. 
  6. Kedua jenis kartu ini akan ditunjukan saat Anda melakukan pengiriman berkas pada tahap selanjutnya. Selain itu, dengan dua kartu ini menandakan bahwa Anda sudah melakukan registrasi online sebagai tahap awal seleksi CPNS BATAN. 
  7. Untuk penyertaan dokumen, pelamar diminta untuk mengirimkan langsung berkas-berkas dokumen ke Biro Sumber Data Manusia dan Organisasi BATAN. Adapun beberapa berkas-berkas dokumen yang harus Anda sertai dan harus dipersiapkan.

Adapun beberapa berkas pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional.
  • Pertama, Anda harus menulis surat lamaran dengan tulisan tangan yang ditujukan kepada Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional di Jakarta. 
  • Dalam surat lamaran tersebut, Anda harus menyertakan tanda tangan diri dengan materai Rp 6000,-. Kedua, sertakan Kartu Registrasi beserta Tanda Bukti Pendaftaran yang sebelumnya telah dicetak dan ditanda tangani. 
  • Ketiga, sertakan daftar riwayat hidup Anda. Keempat, Fotokopi KTP atau Surat Keterangan dari Disdukcapil. 
  • Untuk KTP asli atau Surat Keterangan asli dari Disdukcapil harus disertakan pada tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) nanti. Kelima, sertakan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir. 
  • Untuk SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Ijazah sementara tidak akan diterima. Keenam, membuat Surat Pernyataan di atas material Rp 6.000,-.
  • Anda juga harus menyertakan Fotokopi dan Surat Asli Keterangan Berbadan Sehat dari pihak Rumah Sakit Pemerintah. 
  • Ketujuh, Anda juga harus menyertakan Surat Keterangan Akreditasi Program Studi Anda pada tahun kelulusan Anda serta fotokopi halaman judul dan abstrak dari Tugas Akhir atau Tesis atau Disertasi Anda. 
  • Terakhir, Anda harus menyertakan pas foto dengan latar belakang berwarna biru atau merah dengan ukuran 4x6cm dan 3x4cm dengan masing-masing sebanyak 2 lembar. 
  • Seluruh berkas dokumen harus dikirmkan ke Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi BATAN yang berada di Jl. Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta (12710), Kotak Pos 4390 Jakarta 12043.

Jadwal Pendaftaran CPNS

Untuk tenggang waktu pendaftaran akan dibuka pada tanggal 11 September 2017 hingga 25 September 2017 untuk pendaftaran online. Sedangkan berkas dokumen maksimal diterima pada tanggal 27 September 2017 dengan keterangan cap BATAN pada pukul 16.00 WIB. Jika berkas dokumen lamaran masuk melebih tenggang waktu, maka pelamar dinyatakan gugur.

Untuk itu, Anda harus nenar-benar memperhatikan dan mengingat tanggal-tanggal pada cara pendaftaran CPNS Badan Tenaga Nuklir Nasional. Untuk tahapan seleksi terdiri dari tiga tahap, yakni tahap seleksi administrasi; tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar); dan tahap SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Untuk sistem kelulusan pada tahap adminitrasi akan diumumkan pada tanggal 30 September 2017 dan pelamar yang lulus seleksi diwajibakan untuk mengikuti tahap berikutnya.
GET IT ON Google Play