Cara Pendaftaran CPNS Rekrutmen.Kemenperin.go.id 2017/2018

Rekrutmen.Kemenperin.go.id - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Perindustrian (Kemenperin) 2017/2018 Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini instansi pemerintah juga membuka lowongan kerja secara besar-besaran. Sebanyak 17.928 lowongan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka untuk 61 instansi pemerintahan dengan rincian 17.428 lowongan di 60 kementerian/lembaga dan 500 lainnya di pemerintahan provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. 

Hal ini tak terkecuali Kementerian Perindustrian. Rekrutmen Kementerian Perindustrian 2017 dibuka untuk setiap Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenperin dari mulai lulusan D-III, D-IV, S1, S2, hingga S3. Sebelum mencari tahu cara pendaftaran CPNS Kementerian Peindustrian, para pelamar baiknya memahami terlebih dahulu tentang seluk beluk Kementerian Perindustrian. 

Cara Pendaftaran CPNS Kemenperin.go.id 2017/2018


Kementerian Perindustrian Republik Indonesia juga dikenal dengan nama lain, yakni Kemenperin RI merupakan sebuah lembaga pemerintahan di Indonesia yang membidangi segala urusan perindustrian. Kementerian dipimpin oleh seorang menteri, yaitu Airlangga Hartanto yang menjabat sudah sejak 27 Juli 2016.

Sebagai pelamar CPNS Kemenperin 2017, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tugas dan fungsi dari Kemenperin RI, yaitu bertindak sebagai penyelenggara urusan yang menaungi bidang perindustrian dalam pemerintahan RI guna membantu presiden RI dalam menyelenggarakan pemerintahan. Sementara itu, fungsi dari Kemenperin RI, adalah sebagai berikut:
  1. Melaksanakan perumusan dan penetapan kebijakan dalam bidang perindustrian, serta mengimplementasikan kebijakan tersebut
  2. Mengelola barang milik negara atau bisa disebut kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kemenperin RI
  3. Melakukan pengawasan atas pelaksanaan berbagai tugas di dalam lingkungan Kemenperin RI
  4. Melakukan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan segala urusan dalam Kemenperin di berbagai daerah; serta
  5. Melaksanakan kegiatan teknis berskala nasional

Para pelamar lowongan kerja Kementerian Perindustrian 2017 wajib mengetahui kriteria pelamar CPNS Kementerian Perindustrian Tahun Anggaran 2017, sebab hanay yang memenuhi kualifikasilah yang naninya akan diproses lebih lanjut, yaitu sebagai berikut:

Cumlaude

Pelamar dengan predikat cumlaude haru berasal dari Universitas dan Jurusan yang memiliki Akreditasi A. Hal ini juga harus disertai dengan bukti nyata yang dilegalisir oleh Dekan, dapat berupa transkrip nilai dan ijazah kelulusan.
Disabilitas 
Disabilitas adalah pelamar yang memiliki kebutuhan khusus dan mampu melakukan berbagai tugas di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan, seperti melakukan analisa, mengoperasikan komputer, mengetik, menyampaikan buah pikirannya, dan mudah untuk diajak diskusi
Putra Putri Asli Papua

Putra/i Papua dan Papua Barat, yaitu para pelamar yang menamatkan pendidikannya di wilayah Papua dan Papua Barat yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah yang dilegalisasi atau berdasarkan keturunan ayah kandung yang asli Papua. Hal ini hanya dapat dibuktikan dengan surat lahir dari sang pelamar, dilengkapi dengan surat lain berupa kartu keluarga.
Umum

Pelamar umum yang mana kriterianya tidan masuk pada angka 1, 2, dan 3 Kriteria dalam pengumuman sifatnya mutlak dan ditentukan oleh panitia khusus seleksi. Jika tidak memenuhi kriteria tersebut, maka pelamar akan dinyatakan gugur dan tidka boleh ikut tahap selanjunya

Setelah memahami dan mengetahui kriteria pelamar yang wajib disesuaikan dengan kualifikasi Anda masing-maisng pelamar, Anda perlu juga mengetahui cara pendaftaran CPNS Kementerian Perindustrian Tahun Anggaran 2017:
  1. Segera lakukan registrasi online pada laman http://sscn.bkn.go.id pada Senin, 11 September 2017 s.d. Senin, 25 September 2017 pukul 23.59 WIB dengan mengisi form yang tersedia menggunakan NIK dan Nomor KK yang valid. Harap diingat! Pelamar wajib mencatat dan menyimpan dengan baik user name dan password pendaftaran.
  2. Setelah melakukan aktivasi melalui email, para pelamar dapat mendaftar di http://rekrutmen.kemenperin.go.id yang akan dibuka dan ditutup pada tanggal dan waktu yang sama dengan jadwal registrasi.
  3. Apabila yang bersangkutan sudah melakukan pendaftaran pada instansi pemerintahan lainnya, maka ia tidak diperkenankan untuk melamar dan/atau mendaftar di Kemenperin RI
  4. Setiap pelamar wajib membaca petunjuk pendaftaran CPNS Kemenperin RI 2017 yang lengkap dan wajib mengunggah berkas-berkas pendaftaran dalam format .pdf, serta menyiapkan pas foto ukuran 3x4 format JPEG dengan latar merah untuk nantinya diunggah pada saat melakukan pendaftaran
  5. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran online, mengunduh dan mencetak Tanda Bukti
  6. Pelamar yang telah dinyatakan lolos administrasi, harus segera cetak kartu ujian

Terdapat tahap demi tahap seleksi yang harus dilalui para pelamar CPNS Kemenperin RI, yaitu sebagai berikut:
  • Ikut dalam ujian online, yaitu Tes Potensi Khusus (TPK) dengan membuka situs rekrutmen kemenperin di http://rekrutmen.kemenperin.go.id 
  • Pelamar yang berhasil lolos TKP, wajib melakukan validasi dokumen yang sebelumnya diunggah
  • Pelamar yang berhasil lulus validasi dokumen administrasi harus 

Mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem 
  • Computer Assisted Test (CAT)

Kemudian melakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), yaitu:
  • Psikotest dengan jumlah bobot 60%
  • Tes Wawancara dengan jumlah bobot 40%

Khusus pelamar dengan jabatan sebagai dosen, guru, dan instruktur, SKB terdiri dari:
  • Psikotest dengan jumlah bobot 50%
  • Tes wawancara dengan jumlah bobot 20%
  • Tes kemampuan mengajar 30%

Nah, demikianlah cara pendaftaran CPNS Kementerian Perindustrian Tahun Anggaran 2017 yang harus Anda lakukan tahap demi tahap dan harus Anda penuhi kriterianya. Penerimaan CPNS ini tidak dipungut biaya sepeser pun dari pelamar, karenanya pelamar harap selalu memantau informasi melalui website resmi Kemenperin RI. Segala macam persyaratan pelamar, sistem kelulusan, dan ketentuan lengkap lainnya bisa diunggah pada laman http://rekrutmen.kemenperin.go.id. Akses website tersebut di malam hari agar bisa dibuka dengan cepat.
GET IT ON Google Play